Cara Mudah Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di PC

Rafsablog.id – Kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di PC, komputer atau laptop. Youtube merupakan sebuah situs untuk tempat berbagi video, banyak yang mengatakan bahwa Youtube lebih dari TV karena video yang diunggah di Youtube menarik untuk ditonton, maka dari itu banyak sekali yang menggunakan Youtube untuk menonton video.

Ketika Anda ingin membuka Youtube di smartphone terdapat pilihan yang bisa memudahkan penggunanya, yaitu pengguna bisa nonton video Youtube dengan aplikasi yang bisa diunduh dengan mudah di Playstore, dan jika Anda ingin membuka Youtube di PC, Anda bisa menggunakan aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, UC Browser, dan browser lainnya.

Youtube menyuguhkan berbagai macam video yang diunggah oleh banyak creator Youtube, mulai dari video viral, berita, bola, tutorial, game, memasak, dan masih banyak lagi. Namun, apakah Anda pernah mengalami tidak bisa membuka atau memutar video Youtube di Komputer atau PC? Jika pernah, maka Anda berada di artikel yang tepat.

Saya beberapa hari lalu menemukan masalah saat ingin menonton video langganan saya di Youtube, video tersebut tidak dapat diputar, tampilan kosong hanya berwarna putih saja, dan tidak bisa mengklik apapun.

Saya bertanya-tanya kenapa youtube tidak bisa dibuka? Setelah melakukan beberapa pengecekan, akhirnya saya bisa menyimpulkan beberapa faktor atau penyebab youtube tidak bisa dibuka di Komputer, maka saya membuat artikel ini tentang cara mengatasi youtube yang tidak bisa di buka di chrome pc.

Rekomendasi

Beberapa penyebab tersebut pertama adalah kecepatan internet kita sangat lambat, yang kedua cache pada aplikasi browser telah menumpuk atau terlalu banyak (harus dihapus cachenya), tidak terdapat aplikasi flash player untuk memutar video (harus diinstall), aplikasi flash player pada browser telah usang (minta diperbarui), aplikasi browser telah usang (minta diperbarui). Berikut cara mengatasi tidak bisa membuka Youtube di PC berdasarkan masalah yang saya sebutkan tadi.

Youtube Tidak Bisa Dibuka Karena Internet Lambat

Kecepatan internet yang lambat memang bisa membuat orang yang menggunakannya menjadi emosi, karena setiap ingin melakukan aktivitas menjelajah internet atau menonton video Youtube pasti video tidak bisa dibuka. Biasanya koneksi yang lambat bisa ditandai dengan saat membuka Youtube proses load videonya sangat lama, dan tidak jarang Youtube hanya menampilkan latar kosong saja.

Untuk membuka Youtube diharuskan memiliki kecepatan internet yang stabil, jika tidak maka akan mengalami masalah video Youtube tidak bisa dibuka. Anda bisa mengecek kecepatan internet menggunakan situs speedtest.net, atau bisa dengan CMD (Command Prompt) pada Windows dan terminal pada linux, kemudian ketik perintah ping 8.8.8.8 (DNS Google).

Jika ping menampilkan tulisan RTO (Request Time Out), maka bisa dipastikan koneksi internet Anda sedang tidak stabil, dan pastikan angka ttl ramping, jika angka ttl semakin banyak atau lebih dari tiga digit maka koneksi internet akan semakin lambat.

Pada dasarnya koneksi internet lambat ini dari pusat dan bisa disebabkan oleh faktor cuaca yang kurang mendukung atau jangkauan lokasi Anda yang kurang strategis yang mengakibatkan susah untuk menangkap sinyal jika menggunakan koneksi data atau modem USB, akan tetapi jika menggunakan modem DSL biasanya jarang mengalami koneksi lambat karena telah berlangganan data menggunakan installasi kabel yang jauh lebih stabil.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka dengan Menghapus Cache Browser

Jika Anda merasa koneksi internet Anda sudah stabil tetapi tetap saja Youtube tidak bisa dibuka dikomputer, maka Anda bisa mencoba hapus history cache di aplikasi web browser kesayangan Anda. Di sini saya menggunakan Google Chrome dan Firefox sebagai aplikasi untuk penjelajah, untuk membersihkannya sebagai berikut:

Menghapus Cache Google Chrome

  1. Langkah pertama buka Google Chrome lalu klik Menu (titik tiga vertikal).
  2. Selanjutnya klik History, lalu pilih History.
  3. Kemudian klik Clear browsing data, yang berada pada sidebar kiri.
  4. Pada “Time range” pilih “All time,” dan pastikan tercentang semua pada semua pilihan.
  5. Lalu klik Clear data.
Cara Mudah Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di PC

Menghapus Cache di Firefox

  1. Pertama buka Mozilla Firefox di PC Anda.
  2. Kemudian setelah browser terbuka, selanjutnya klik Open Menu.
  3. Setelah itu klik Library.
  4. Lalu pilih History.
  5. Kemudian klik Clear Recent History.
  6. Pada “Time range to clear” pilih “Everything,” dan klik Clear Now.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka dengan Memperbarui Aplikasi Web Browser

Selanjutnya cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di komputer atau pc yaitu dengan cara melakukan perbaruan aplikasi Browser yang kita pakai. Dengan memperbarui Browser, maka atau bug yang terdapat di aplikasi sebelumnya akan ditutup dengan update aplikasi yang baru. Berikut cara untuk memperbarui aplikasi Browser:

Google Chrome

  1. Pertama buka Google Chrome, lalu klik Menu (titik tiga vertikal).
  2. Kemudian klik Help, lalu klik About Google Chrome.
  3. Setelah itu Google Chrome akan melakukan update otomatis jika PC Anda sudah terhubung dengan internet, jika belum tehubung internet maka tidak akan update.

Mozilla Firefox

  1. Langkah pertama buka Mozilla Firefox, lalu klik Open Menu pada pejok kanan atas.
  2. Setelah itu klik Help.
  3. Lalu pilih About Firefox.
  4. Usahakan PC Anda sudah terhubung dengan internet, Firefox secara otomatis akan melakukan update, jika PC tidak terhubung internet maka Firefox tidak akan update.

Itulah tadi artikel tentang cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di Komputer. Setelah Anda membaca artikel ini sampai selesai, maka diharapkan agar Youtube pada perangkat PC Anda dapat dibuka kembali. Dengan begitu maka Anda dapat menonton video Youtube kembali dengan senang hati.

Youtube yang tidak bisa dibuka memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, Anda harus mengeceknya satu persatu agar mengetahui apa yang menyebabkan Youtube tidak dapat dibuka pada PC Anda. Setelah Anda menemukan masalahnya maka Anda dapat dengan mudah mengatasinya.

Mungkin itu dulu artikel kali ini yang menjawab pertanyaan kalian tentang mengapa Youtube tidak bisa dibuka. Jika ada saran, masukkan, atau sebuah pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan Anda bookmark artikel ini agar suatu saat bisa Anda buka kembali, dan jangan lupa untuk membagikannya agar orang lain juga tahu terkait masalah yang sama. Semoga Bermanfaat.

Ingin request artikel atau cerita dongeng? Silahkan klik link berikut request Artikel / Dongeng

Tinggalkan komentar