Penikmat kopi dan obat maag.

Kenapa Lightroom Tidak Bisa Mengimpor Foto

Rafsablog.id – Halo pembaca setia, pada kesempatan kali ini kami akan membahas permasalahan yakni kenapa lightroom tidak bisa mengimpor foto? Kerap kali pertanyaan seperti itu muncul di grup Lightroom di Facebook, Whatsapp, Telegram, dan di grup lainnya.

Akhir-akhir ini juga banyak yang mengalami hal tersebut ketika hendak mengimpor foto foto di Lightroom Android terkadang gagal dan error, lalu muncul tulisan seperti ini “one photo failed to import lightroom.” Ketika tulisan itu muncuk kita tidak bisa mengedit foto dan import foto.

Banyak sekali orang yang menyukai aplikasi Lightroom versi android ini karena memiliki fitur yang melimpah dan mudah untuk digunakan. Selain LR juga dapat dimodif atau versi mod yang tentunya memiliki fitur preset yang keren. Namun, hal tersebut menjadi sia-sia jika kita tidak bisa melakukan import foto di Lightroom dan akhir bertanya di grup tentang kenapa Lightroom tidak bisa mengimpor foto.

Bagi Anda pengguna Lightroom versi mobile seperti android bertanya-tanya tentang kenapa dan bagaimana cara mengatasi Lightroom yang tidak bisa mengimpor foto. Jangan khawatir karena di artikel ini Rafsablog akan membahas lengkap cara mengatasinya untuk Anda.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa penyebab Lightroom tidak bisa mengimpor foto.

Penyebab Kenapa Lightroom Tidak Bisa Mengimpor Foto

Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi dan menyebabkan failed pada saat import foto di Lightroom yang mungkin Anda belum mengetahuinya. Baik, berikut adalah adalah beberapa peneybab kenapa Lightroom tidak bisa mengimpor foto.

Format Gambar Tidak Cocok

Sebelum Anda melakukan editing di LR, sebaiknya cek terlebih dahulu format foto yang akan diedit karena format foto juga berpengaruh. Jika format tidak didukung, maka foto tidak akan bisa ditambahkan di Lightroom. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Lightroom hanya mendukung format file gambar saja seperti Jpg, Jpeg, Png, Raw, dan sejenisnya.

Penyimpanan Sudah Terlalu Penuh

Penyebab yang kedua dan sering dialami adalah di karenakan penyimpanan yang sudah penuh. Biasanya jika sudah tidak ada ruang di penyimpanan, ketika menambahkan foto di LR muncul tulisan seperi ini “Import stopped low device storage lightroom.” Hal tersebut berarti proses import foto berhenti karena rendahnya ruang pada memori penyimpanan.

Terjadi Kesalahan Pada Gambar

Terkadang bisa saja terjadi kesalahan pada gambar, sehingga gambar atau foto tidak bisa ditambahkan di Lightroom. Hal ini bisa saja terjadi dan ketika ini terjadi cara mengatasinya akan di bahas di bawah.

Cara Mengatasi Lightroom Tidak Bisa Mengimpor Foto

Kenapa Lightroom Tidak Bisa Mengimpor Foto

Di atas tadi sudah dijelaskan beberapa hal atau faktor yang menyebabkan Lightroom tidak dapat melakukan import foto. Jika sudah tahu penyebabnya, sekarang kita akan bahas cara mengatasinya. Ok, langsung saja simak di bawah ini.

#1. Gunakan Format yang Didukung

Pertama, cara mengatasi kenapa tidak bisa mengimpor foto, pastikan terlebih dahulu yang akan ditambahkan yakni format gambar yang sudah umum digunakan agar Lightroom mendukung format tersebut seperti Jpg, Jpeg, Png, Raw, dan sejenisnya.

#2. Pastikan Penyimpanan Tidak Penuh

Kedua, juga pastikan ada cukup ruang pada memori penyimpanan agar dapat menyiman foto lebih leluasa.

#3. Gunakan Aplikasi Tambahan

Jika langkah 1 dan 2 sudah, tetapi masih tidak bisa impor foto, berarti ada kesalahan pada gambar. Cara mengatasinya kita pelu downoad terlebih dahulu aplikasi tambahan yakni Picsay yang bisa di download di Playstore.

#4. Jalankan Aplikasi Picsay

Jika proses download aplikasi Picsay sudah selesai, Anda bisa menjalankan aplikasi tersebut dan digunakan untuk mengedit foto yang bermasalah.

#5. Masukkan Foto

Masukan foto yang bermasalah yang tidak bisa ditambahkan di Lightroom ke dalam aplikasi Picsay. Meskipun dibuka di aplikasi editor foto Picsay, tetapi jangan mengedit foto tersebut. Cukup mengcrop atau atau memotong sedikit bagian saja.

Mudah bukan cara mengatasi kenapa kita tidak bisa mengimpor foto di Lightroom.

#6. Export Foto

Jika sudah memasukkan foto dan sedikit melakukan cropping pada foto, selanjutnya Anda tinggal export foto tersebut dan siap untuk di import di Lightroom. Cara ekspornya juga cukup mudah, Anda tinggal klik menu Export dan pilih Save Picture to Album.

Setelah selesai ekspor foto menggunakan aplikasi Picsay, foto yang sudah diekspor tersebut sekarang bisa Anda coba buka dengan menggunakan Lightroom. Selamat mencoba.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat video di bawah ini.

Itulah tadi pembahasan pada aritkel kali ini tentang Kenapa Lightroom Tidak Bisa Mengimpor Foto. Setelah membaca artikel ini semoga Anda mengatasi cara gagal impor foto di Lightroom. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan, mungkin itu dulu, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tinggalkan komentar