Cara Mudah Cek Status dan Mencetak Kartu NUPTK

Di artikel kali ini Rafsa akan membahas tentang bagaimana cara cek status NUPTK dan cara mencetak NUPTK. Sebelumnya, NUPTK atau kepanjangan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ini dimiliki oleh setiap tenaga pendidik dan kependidikan. Cara mendapatkan NUPTK dengan cara mengajukan melalui vervalptk yang dilakukan oleh operator dapodik sekolah.

Kemudian setelah itu akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan (LPMP) terkait kelayakannya. Jika sudah layak, maka NUPTK akan segera terbit dan bisa diperika pada vervalptk dengan login di dapodik. Namun, pada situs vervalptk tidak ada fitur untuk mencetak kartu NUPTK, padahal kita tahu bahwa NUPTK dijadikan sebagai syarat untuk pemberkasan.

Salah satu syarat di dalam pemberkasan adalah dengan menunjukkan kartu NUPTK. Kartu NUPTK pun bisa kita cek secara manual, kemudian dilegalisasi oleh pihak sekolah, akan tetapi lebih baik kita cek terlebih dahulu status keaktivan NUPTK di situs GTK. Bagi yang belum tahu bagaimana cara memeriksa status NUPTK, jangan khawatir karena akan kami bahas di artikel ini.

Cara mengecek status NUPTK Tenaga Kependidikan untuk guru maupun GTK yang masih bingung bagaimana cara memeriksa apakah sudah aktif dan sudah terdaftar di kemdikbud atau belum, bisa di cek melalui perangkat smartphone Android, iOS, atau bisa menggunakan perangkat laptop atau kompuer dengan syarat yakni dapat terhubung dengan internet.

Mungkin Anda juga berminat membaca tutorial tentang cara download dan upload SPTJM Verval Ponsel.

Cara Cek Status NUPTK

  1. Jika Anda masih belum tahu nomor NUPTK Anda, Anda bisa mengeceknya melalui link berikut: vervalptk.data.kemdikbud.go.id. Silahkan login dan cek NUPTK masing-masing.
  2. Bagi Anda yang sudah mengetahui NUPTK Anda, sekarang Anda tinggal menuju link berikut: gtk.data.kemdikbud.go.id. Lalu masukkan NUPTK Anda pada kolom pencarian yang sudah disediakan. Setelah itu tekan Enter atau klik tombol cari (gambar kaca pembesar).
  3. Selanjutnys form akan muncul secara otomatis dan beberapa field akan muncul seperti NUPTK, Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, NIK, dan Status.
Cara Mudah Cek Status dan Mencetak Kartu NUPTK

Cara Mencetak (Print) Kartu NUPTK yang Sudah Terbit

  1. Saya anggap Anda masih berada di halaman cek status NUPTK tadi. Jika tidak, maka Anda harus mengikuti langkah cara cek status NUPTK di atas.
  2. Jika sudah, maka selanjutnya Anda tekan tombol CTRL+P pada keyboard. Lalu klik Print. Anda juga bisa mendownloadnya dengan mengganti printer menjadi Save as PDF.
Cara Mencetak (Print) Kartu NUPTK yang Sudah Terbit

Itulah tadi tentang cara mudah cek status dan mencetak NUPTK. Jika Anda mempunyai pertanyaan, saran, masukkan, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Dengan mengikuti artikel ini diharapkan Anda dapat mengecek status NUPTK dan mencetak atau print kartu NUPTK. Semoga bermanfaat.

Ingin request artikel atau cerita dongeng? Silahkan klik link berikut request Artikel / Dongeng

Tinggalkan komentar