Penikmat kopi dan obat maag.

Cara Download dan Upload SPTJM Verval Ponsel

Halo pembaca setia Rafsablog, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara download dan upload SPTJM pada verval ponsel terbaru 2021. Verval Ponsel adalah sebuah situs yang masih satu domain atau lebih tepatnya subdomain kemdikbud yang beralamat vervalponsel.data.kemdikbud.go.id.

Adanya situs verval ponsel sendiri bertujuan untuk melakukan pendataan nomor ponsel atau telepon siswa untuk bantuan kuota internet untuk kebutuhan belajar melalui daring di rumah. Menyebarnya virus Covid-19 ini membuat kita semua harus dengan terpaksa melakukan belajar daring di rumah.

Mengerjakan di rumah tentu saja harus membutuhkan koneksi internet yang memadai dan harus tersedia kuota internet atau paket data untuk mengakses situs tertentu atau aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Hal itu membuat Kemdikbud merilis subdomain baru untuk melakukan validasi nomor ponsel peserta didik agar mendapatkan bantuan kuota internet.

Pendataan nomor ponsel dilakukan oleh operator sekolah, mulai dari memasukkan nomor telepon, download SPTJM (Surat Pertanggung Jawabanan Mutlak), hingga upload SPTJM ke situs Verval Ponsel. Bagi Anda yang sebagai operator baru, semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Apa itu SPTJM Sekolah?

SPTJM adalah singkatan dari Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, dimana merupakan pernyataan yang diterbitkan atau dibuat oleh Kepala Sekolah yang telah memuat jaminan atau pernyataan bahwa seluruh data nomor ponsel peserta didik dalam satuan pendidikan yang dipimpinnya sudah dilakukan verifikasi dan validasi kebenarannya.

Sedangkan SPTJM peserta didik adalah data dari kumpulan nomor ponsel peserta didik yang sudah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Pusat dan dikirimkan ke provider ponsel.

Cara Mudah Download SPTJM Verval Ponsel

Sebelum mulai download SPTJM pastikan terlebih dahulu pada pengajuan nomor ponsel sudah lengkap dan berwarna hijau yang artikelnya sudah siap untuk diajukan SPTJM. Jika ada yang maish berwarna selain hijau, misalnya warna kuning, merah, atau biru, maka perbaiki terlebih dahulu atau bisa ikut pada tahap berikutnya.

Jika sudah siap, maka bisa lanjut download SPTJM, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama login terlebih dahulu pada situs verval ponsel SPTJM atau bisa klik link berikut untuk memulai login: vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/sptjm/index.php/Csptjm.
  2. Setelah berhasil login, kemudian klik Menu SPTJM dan pilih Belum SPTJM.
    Cara Mudah Download SPTJM Verval Ponsel
  3. Selanjutnya klik Formulir Pembuatan SPTJM.
    Cara Mudah Download SPTJM Verval Ponsel
  4. Lalu klik Buat SPTJM Baru.
    Cara Mudah Download SPTJM Verval Ponsel
  5. Jika sudah ada alert atau peringatan singkat “SPTJM berhasil dibuat,” maka SPTJM sudah berhasil dibuat.
    Cara Mudah Download SPTJM Verval Ponsel
  6. Selanjutnya untuk download SPTJM, pertama klik Menu SPTJM dan Pilih Daftar SPTJM.
    Cara Mudah DownloadSPTJM Verval Ponsel
  7. Kemudian klik ikon panah ke bawah untuk download SPTJM. Ketika Anda mengarahkan cursor ke ikon tersebut, maka akan muncul title “Unduh SPTJM.”
    Cara Mudah Download SPTJM Verval Ponsel

Kemudian bisa dilanjutkan dengan download SPTJM, lalu jangan lupa print untuk dipasang materai, tanda tangan kepala sekolah, dan stempel. Setelah itu Anda bisa melanjutkan langkah berikutnya yakni upload atau mengunggah SPTJM ke verval ponsel.

Cara Mudah Upload SPTJM Verval Ponsel

Jika sudah unduh SPTJM dan sudah lengkap seperti materai, tanda tangan kepala sekolah, dan stempel, maka Anda bisa mengunggahnya di situs Verval Ponsel. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama buka situs Verval Ponsel SPTJM atau bisa langsung klik link berikut: vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/sptjm/index.php/Csptjm.
  2. Selanjutnya klik Menu SPTJM dan pilih Daftar SPTJM.
    Cara Mudah Upload SPTJM Verval Ponsel
  3. Untuk mengunggah SPTJM, maka klik tombol dengan ikon upload atau panah ke atas. Jika Anda mengarahkan cursor ke tombol tersebut akan muncul title “Unggah SPTJM.”
    Cara Mudah Upload SPTJM Verval Ponsel
  4. Kemudian akan muncul popup yang berisikan jumlah siswa dan guru yang nomor ponselnya sudah siap SPTJM. Lalu klik tombol Browse dan pilih file SPTJM yang sebelumnya sudah di download dan sudah lengkap dengan materai Rp10000, tanda tangan kepala sekolah, dan stempel.
    Cara Mudah Upload SPTJM Verval Ponsel
  5. Selanjutnya jika semua memilih file SPTJM pdf, maka bisa langsung klik tombol Unggah SPTJM.

Mudah bukan tutorial tentang cara melakukan download dan upload SPTJM Verval Ponsel terbaru 2021. Dengan mengikuti cara di atas semoga Anda berhasil melakukan unduh dan unggah SPTJM dengan lancar.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang bagaimana cara download dan upload SPTJM Verval Ponsel lengkap dengan gambar. Jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, maka silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar