Berusaha menjadi lebih baik.

Surat Edaran 1205/D1/TI.01.00/2022 Informasi Insiden Kebocoran Data

Rafsablog.id – Halo pembaca setia, di artikel kali ini saya akan membagikan informasi yang sangat penting sekali yakni tentang surat edaran dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan nomor surat 1205/D1/TI.01.00/2022. Isi suratnya kurang lebih seperti berikut.


Menindaklanjuti surat Kepala Pusat data dan Teknologi Informasi nomor 0970/JI/TI.01.00/2022 tanggal 4 Maret 2022 perihal pemberitahuan informasi insiden kebocoran data milik Kemendikbudristek dengan sumber https://twitter.com/darktracer_int/status/1498957779813679105?s=21 (terlampir), perlu kami informasikan bahwa sebagian data yang bocor adalah milik Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang tersebar di semua satker. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami menghimbau seluruh satker di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi agar melakukan langkah-langkah strategis untuk memastikan layanan tetap berjalan aman terkendali.

Adapun beberapa langkah strategis yang bisa segera dilakukan antara lain:

  1. Menginformasikan kepada seluruh pengguna dan pengelola laman dan sistem informasi manajemen lainnya untuk segera mengganti password;
  2. Memindai aktifitas seluruh laman dan sistem informasi manajemen lainnya untuk mengetahui ada tidaknya aktifitas diluar kontrol;
  3. Memasang anti virus, melakukan update anti virus dan melakukan pemindaian pada perangkat akses atau server yang digunakan;
  4. Melakukan deteksi dini keamanan laman terkait dengan mengikuti langkah-langkah pengamanan pada laman https://educsirt.kemdikbud.go.id pada menu Panduan Pedoman Teknis terkait Malware.

Surat tersebut resmi, Anda bisa cek nomor suratnya di situs Cek Surat Keluar (kemdikbud.go.id) Berikut adalah Screenshot surat pemberitahuan di atas tersebut.

Surat Edaran 1205/D1/TI.01.00/2022 Informasi Insiden Kebocoran Data

Untuk meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan, bagi guru dan operator diharapkan untuk segera mengganti kata sandi atau password dari masing-masing akun seperti akun PTK, Akun Verval, dan Dapodik.

Tinggalkan komentar