Penikmat kopi dan obat maag.

10 Simbol Simbol Bahan Kimia Lengkap dan Artinya

Pada kesempatan kali ini penulis akan memposting artikel dengan judul 10 simbol simbol bahan kimia lengkap dan artinya. Setiap bahan kimia mempunyai simbol yang berbeda-beda, maka dari itu agar tidak keliru kalian bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Simbol simbol bahan kimia adalah sebuah identitas bahan kimia yang mempunyai sifat tertentu untuk membedakan satu dengan lainnya.

Simbol bahan kimia sangat penting untuk diketahui karena yang namanya bahan kimia itu tidak sembarangan dan berbahaya. Bahan kimia tertentu juga diperlukan perlakuan khusus ketika ingin menggunakannya.

Dengan mengetahui setiap simbol bahan kimia membuat kita tahu setiap bahan kimia mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan membuat kita lebih berhati-hati.

10 Simbol Bahan Kimi Beserta Artinya

Setiap bahan kimi memilii sifat yang berbeda dan dan mempunyai karakteristik tersendiri. Biasanya bahan kimia dilengkapi dengan simbol yang setiap simbolnya mempunyai arti.

Simbol tersebut dapat menunjukkan sifat atau bahayanya bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. berikut kumpulan simbol bahan kimia beserta artinya.

1. Toxic (Beracun)

10 Simbol Simbol Bahan Kimia Lengkap dan Artinya

Yang pertama adalah simbol Toxic, simbol ini digunakan untuk bahan kimia yang beracun. Disebut beracun karena bahan kimia ini sangat berbahaya jika terhirup atau tertelan.

Jika kalian menemukan simbol bahan kimia berbahaya ini segera hindari dan jangan sampai terhirup apalagi tertelan. Hindari juga karena dapat terjadi paparan pada kulit. Salah satu contoh yang menggunakan simbol berbahaya ini adalah metanol.

2. Irritant (Iritasi)

Irritant (Iritasi)

Kemudian ada Irritant. Sesuai dengan namanya, simbol Irritant terdapat pada bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi pada tubuh. Efek yang dapat terjadi akan timbul rasa gatal hingga luka bakar pada kulit.

Untuk pencegahan, silahkan jauhi bahan kimia yang menggunakan simbol iritasi ini. Jauhi agar tidak terjadi kontak dengan kulit. Contoh bahan kimia yang menggunakan simbol Irritant adalah Natrium Hidroksida.

3. Flammable (Mudah Terbakar)

Flammable (Mudah Terbakar)

Simbol Flammable digunakan untuk bahan kimi yang mudah terbakar. Bahan kimia yang memiliki simbol Flammable mempunyai titik nyala api yang sangat rendah yang memungkinkan untuk mudah terbakar pada sumber api yang sangat kecil dan suhu panas.

Bahan kimia yang menggunakan simbol Flammable sebaiknya disimpan pada ruangan yang jauh dari panas dan sumber api seperti pada chat pengoksidasi. Contoh bahan kimia untuk simbol Flammable adalah Aseton.

4. Corrosive (Korosif)

Corrosive (Korosif)

Bahan kimia dengan simbol korosif dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada makhluk hidup, memar, iritasi bahkan kulit dapat mengelupas. Bahan korosif berbahaya sekali jika kontak langsung dengan kulit, maka dari itu segera hindari jika ada simbol Corrosive. Contoh bahan kimia korosif adalah asam sulfat pekat.

5. Biohazard (Merusak)

Biohazard (Merusak)

Bahan kimia dengan simbol biohazard dapat menyebabkan kerusakan atau terbunuhnya organisme hidup lainnya. Tanda Biohazard dapat ditemukan pada laboratorium biokimia di rumah sakit yang digunakan oleh para ahli biokimia ketika menganalisis sample dari pasien rumah sakit yang mungkin mengandung bakteri menular dan membahayakan kesehatan.

Biohazard dapat berupa bakteri berbahaya, virus, atau mikroorgainse beracun dan menular.

6. Oxidizing (Pengoksidasi)

Oxidizing (Pengoksidasi)

Simbol bahan kimia selanjutnya adalah simbol Oxidizing, simbol ini untuk bahan kimia yang mudah terbakar jika terjadi kenaikan suhu saat kontak dengan bahan yang mudah terbakar (bersifat oksidator atau pengoksidasi).

Untuk pencegahan sebaiknya bahan disimpan pada wadah tertutup dan terhindar dari suhu tinggi. Contoh penggunaan bahan kimia ini adalah hidrogen peroksida.

7. Environmental Hazard (Bahaya untuk Lingkungan)

10 Simbol Simbol Bahan Kimia Lengkap dan Artinya

Environmental Hazard merupakan simbol bahan kimia yang dapat menyebabkan kematian pada makhluk hidup ketika lingkungan tercemar.

Sebaiknya bahan yang menggunakan simbol ini tidak dibuang sembarangan digabung bersama limbah. Jika itu tersejadi, maka lingkungan akan terkena dampaknya. Penggunaan bahan kimia berbahaya ini terdapat pada petroleum eter.

8. Explosive (Mudah Meledak)

Explosive (Mudah Meledak)

Bahan kimia yang menggunakan simbol explosive adalah bahan kimia yang dapat dengan mudah meledak akibat panas atau dekat dengan sumber api kecil. Gesekan juga dapat menyebabkan ledakan. Trinitro adalah contoh bahan kimia yang mudah meledak.

9. Poison (Racun)

Simbol Bahan Kimia Poison

Simbol poison dipakai untuk bahan kimia yang beracun. Jika kalian ingin menggunakan bahan kimia dengan simbol ini, maka berhati-hatilah dan jangan lupa menggunakan masker. Penggunaan bahan kimia poison yakni karbon tetraklorida.

10. Radioactive (Radioaktif)

Simbol Bahan Kimia Radioactive

Simbol bahan kimia Radioactive merupakan simbol yang menandakan adanya bahan kimia yang dapat memancarkan radiasi. Bahan kimi yang memakai simbol ini dapat menyebabkan pancaran radiasi secara spontan yang dapat menyebabkan radiasi di sekitarnya. Contoh penggunaan simbol radioactive untuk bahan kimia uranium.

Itulah tadi artikel tentang 10 simbol bahan kimia dan artinya. Dengan membaca artikel ini semoga dapat menambah wawasan pembaca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar