Penikmat kopi dan obat maag.

Cara Mengisi Ukuran Panjang Lebar Sarpras Dapodik

Rafsablog.id – Halo pembaca setia, di kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara mudah mengatasi invalid Data bangunan dengan nama … agar mengisikan luas dengan benar dan Data bangunan dengan nama … antara (panjang x lebar) tidak sama dengan luas tapak bangunan yang diinputkan.

Di artikel sebelumnya saya sudah membahas terkait perbaruan aplikasi Dapodik terbaru versi 2022 D. Setelah melakukan update Dapodik ada beberapa invalid seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Mungkin sebagian ada yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasinya, maka dari itu saya membuat artikel ini.

Pada aplikasi Dapodik versi terbaru patch 2022 D ini mewajibkan kita untuk mengisi panjang dan lebar bangunan yang sesuai, jadi tidak asal-asalan untuk mengisinya. Jika tidak cocok, maka tidak akan dapat disimpan.

Luas Lahan Tersedia (m2) harus tidak melebihi Luas (m2) (readonly) yakni luas keseluruhan lahan. Perbedaannya cukup simple, luas lahan tersedia adalah luas lahan yang hanyabdapat ditempati dan Luas (m2) adalah luas lahan keseluruhan.

Cara Mengukur Panjang dan Lebar Luas Bangunan Melalui Google Maps

Setelah adanya invalid yang terjadi pada aplikasi Dapodik versi 2022 D ini banyak yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara mengetahui Panjang dan Lebar luas lahan sekolah? Di sini saya akan berbagi tutorial cara menghitung luas bangunan secara otomatis lewat Google Maps. Baik langsung saja berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama tentu saja buka browser kesayangan Anda.
  2. Kemudian akses Google Maps.
  3. Setelah itu pada kolom pencarian silahkan ketik nama sekolah masing-masing dan tekan enter atau klik ikon search.
  4. Jika bangungan sekolah sudah ketemu, selanjutnya ubah tampilan Lapisan menjadi versi earth dengan cara klik tombol Satelit (kotak) yang berada di bawah sebelah kiri.
    Cara Mengukur Panjang dan Lebar Luas Bangunan Melalui Google Maps
  5. Jika sudah klik Satelit akan berubah tampilan menjadi mode earth.
    Cara Mengukur Panjang dan Lebar Luas Bangunan Melalui Google Maps
  6. kemudian pilih salah satu bangunan yang ingin diukur luasnya, lalu klik kanan dan pilih Ukur jarak.
    Cara Mengukur Panjang dan Lebar Luas Bangunan Melalui Google Maps
  7. Jika titik ukur sudah muncul, kalian tinggal klik bagian-bagian untuk membentuk gambar kotak atau sesuai dengan luas bangunan pada sekolah masing-masing.
    Cara Mengukur Panjang dan Lebar Luas Bangunan Melalui Google Maps
  8. Jika sudah selesai, kalian akan melihat luas total bangunan yang bisa kalian terapkan di aplikasi Dapodik versi 2022 D.
  9. Misal jika hasil luas total 3.224 m2, maka kalian harus mengisi Panjang (m) dan Lebar (m) di Sarpras Dapodik agar hasil Luas (m2) mendekati 3.224 m2, lebih pas lebih bagus.

Jika kalian ada yang masih bingung, kalian bisa melihat video dari channel youtube Ngapakpedia di bawah ini tentang cara mengukur luas ukuran tanah bangunan Dapodik.

Itulah tadi tentang cara mudah mengisi ukuran tanah panjan dan lebar luas bangunan sekolah di aplikasi Dapodik terbaru versi 2022 D. Mungkin itu dulu artikel kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar