Penikmat kopi dan obat maag.

Cara Mengajukan Pembuatan Akun Belajar.id Terbaru 2022

Rafsablog.id – Di artikel kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara mengajukan pembuatan akun belajar.id terbaru 2022 melalui google formulir pemeriksaan akun pembelajaran. Masih ada banyak guru atau pendidik yang belum mendapatkan akun belajar.id.

Masih terdapat lebih dari 20.000 guru yang akun belajar.id tidak ditemukan dan ada sekitar 10.000 akun belajar.id yang belum tertaut dengan SIMPKB. Data tersebut berdasarkan Sosialisasi Penautan Akun Pembelajaran (Belajar.id) dengan Akun SIMPKB sebagai SSO di channel Youtube PPG GTK Kemendikbud.

Untuk akun pembelajaran belajar.id sendiri bisa didapatkan melalui unduhan file PTK yang ada di PD Datadik yang beralamat pd.data.kemdikbud.go.id. Untuk mengecek akun Anda bisa mengunjungi situs resmi belajar.id, lalu isi kolom yang ada seperti Nama Lengkap sesuai dapodik, Nama ibu kandung, Tipe pengguna, tanggal lahir, dan NPSN. Kemudian klik Periksa Akun Pembelajaran.

Jika ternyata akun Anda tidak ditemukan saat dicek di situs belajar.id dan PD Datadik, Anda bisa menggunakan cara ini, yakni dengan mengirimkan informasi sesuai dengan data di Dapodik. Jika Anda tidak pernah mendapatkan akun, Anda akan dibuatkan akun pembelajaran baru.

Cara mengajukan pembuatan akun belajar.id baru ini yakni melalui Google Form. Formulir diperuntukan untuk pemeriksaan ketersediaan akun pembelajaran (akun tidak ditemukan) untuk Pendidik, Peserta didik, Operator Sekolah dan Kepala Sekolah.

Untuk kendala akun dinas pendidikan dan kendala lainnya silakan hubungi tombol butuh bantuan di website belajar.id

Catatan: formulir ini hanya bisa melakukan pemeriksaan akun secara individual, Anda tidak bisa melakukan pemeriksaan akun secara sekaligus (dengan lampiran), jika ada lebih dari 1 akun yang ingin diperiksa, silakan lakukan pengisian data formulir kembali.

Cara Mengajukan Pembuatan Akun Belajar.id Terbaru 2022

Cara Mengajukan Pembuatan Akun Belajar.id Melalui Google Form Terbaru 2022

  1. Pertama silahkan buka terlebih dahulu link berikut Formulir Pemeriksaan Akun Pembelajaran.
  2. Kemudian silahkan Anda baca terlebih dahulu keterangannya agar Anda memahaminya.
  3. Jika sudah membaca keterangannya sampai selesai, selanjutnya klik Next.
  4. Setelah itu pilih Kategori Masalah yang sesuai dengan yang Anda alami. Lalu klik Next.
  5. Langkah berikutnya isi dan lengkapi kolom yang ada seperti Email Pribadi yang aktif, Email belajar.id jika Anda mengetahuinya, Nama lengkap sesuai Dapodik, dan lainnya. Jika sudah, lalu klik Next.
  6. Kemudian isi Nama sekolah, Jenjang, dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Lalu klik Next.
  7. Isian terakhir adalah mengirimkan Bukti pendukung. Anda harus login terlebih dahulu di PTK Datadik, klik Biodata dan pilih Identitas. Lalu silahkan Anda screenshot dan masukan file screenshot tersebut pada Bukti pendukung di google form.
  8. Langkah terakhir klik Submit.

Yang perlu diperhatikan yakni:

  • Jika akun Anda ditemukan, akan dikirimkan email yang berisikan akun belajar.id dan password.
  • Jika akun tidak ditemukan, tapi Anda terbukti terdaftar di Dapodik, akan dikirimkan email konfirmasi yang menyatakan bahwa akun Anda akan dibuatkan.
  • Jika akun tidak ditemukan, dan Anda juga tidak terdaftar di Dapodik, akan dikirimkan email penolakan pengajuan pembuatan akun Anda.
  • Hasil pemeriksaan akan dikirimkan melalui email noreply@belajar.id ke email pribadi Anda. Mohon pastikan untuk secara rutin memeriksa pesan masuk di folder inbox/spam/junk/promotion pada email Anda.
  • Waktu pemeriksaan adalah 3 -10 hari kerja, mohon kesediannya untuk menunggu

Mungkin itu dulu tutorial cara mengajukan permohonan pembuatan akun belajar.id terbaru 2022 dengan melalui google form pemeriksaan akun pembelajaran. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan. Jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar