Penikmat kopi dan obat maag.

Cara Mendeteksi Kata Kunci Tertentu di Grup Facebook

Halo pembaca setia Rafsablog, jika di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang cara senyapkan dan blokir anggota grup fb, maka di postingan kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara mendeteksi kata kunci tertentu di grup Facebook.

Kata kunci tertentu ini maksudnya adalah sebuah kata yang mengandung unsur negatif seperti tentang p*rno, j*di, k3k*rasan, ajakan untuk bergabung ke dalam sebuah aplikasi menggunakan kode refferal, dan masih banyak lagi. Di dalam sebuah grup pasti ada saja orang yang seperti itu.

Facebook sendiri saat ini sudah cukup baik dalam fitur pengelolaan grup, karena selalu diperbarui fiturnya untuk mendukung kebutuhan Administrator dan Moderator Grup Facebook. Dengan adanya fitur ini, kita sebagai Admod (Admin Mod) bisa dengan cepat mendeteksi atau mengetahui postingan atau komentar yang menggunakan kata kunci negatif.

Namun, apakah fitur ini ada di semua grup, mulai Grup baru yang baru saja dibuat atau grup lama yang memiliki jumlah anggota tertentu, saat ini saya masih belum tahu ketentuan fitur tersebut, yang pasti jika grup yang sedang Anda kelola muncul fitur ini, maka segera gunakan saja karena sangat mantap sekali.

Kita tidak perlu lagi scroll-scroll ke bawah untuk menseleksi atau mencari postingan dan komentar yang melanggar dan menggunakan kata kunci yang buruk, bahaya jika grup yang Anda kelola ternyata adalah grup yang rata-rata anggotanya masih di bawah umur.

Cara Mendeteksi Otomatis Kata Kunci Buruk di Postingan dan Komentar Grup Facebook

Jika Anda adalah Administrasi atau Moderator grup, maka Anda harus mencoba fitur ini karena Anda dapat mengetahui postingan atau komentar yang buruk. Jadi Anda bisa langsung menghapus postingan atau komentar tersebut dengan mudah.

Cara kerja fitur ini, Anda memasukkan kata kunci tertentu yang memiliki unsur negatif untuk dideteksi Facebook secara otomatis, lalu postingan dan komentar yang mengandung kata kunci buruk tersebut akan terlihat semuanya, kemudian Anda bisa menghapus semuanya sekaligus atau satu-persatu.

Fitur ini masuk dalam fitur “Peringatan Moderasi” Berikut adalah tutorial cara menggunakan fitur Peringatan Moderasi Kata Kunci di grup Facebook.

  1. Pertama Anda harus download aplikasi Facebook terlebih dahulu di Play Store atau App Store.
  2. Jika sudah selesai download, selanjutnya buka aplikasi Facebook tersebut di perangkat kesayangan Anda.
  3. Kemudian langsung saja buka Grup yang sedang Anda kelola.
  4. Lalu klik menu Moderasi (ikon lencana) yang ada di pejok kanan atas.
    Cara Mendeteksi Kata Kunci Tertentu di Grup facebook
  5. Selanjutnya pilih menu Pengaturan Moderasi.
    Cara Mendeteksi Kata Kunci Tertentu di Grup facebook
  6. Setelah itu Anda akan diarahkan ke bagian pengaturan moderasi, jika Anda baru mencoba fitur ini, maka belum ada postingan atau komentar yang terdeteksi. Untuk itu Anda harus memasukkan kata kunci terlebih dahulu yang ingin dideteksi secara otomatis oleh Facebook.
  7. Untuk memasukkan kata kunci tertentu, silahkan klik Pengaturan (ikon gear) yang berada di pejok kanan atas.
    Cara Mengetahui Kata Kunci Tidak Sopan di Grup facebook
  8. Kemudian ada 3 (tiga) pilihan, karena kita akan memasukkan kata yang buruk atau negatif, maka kita pilih Kata Kunci.
    Cara Mengetahui Kata Kunci Tidak Sopan di Grup facebook
  9. Lalu pada kolom “Tambahkan kata kunci” tersebut, silahkan masukkan kata kunci tertentu sesuai keinginan Anda, kata kunci apapun bisa Anda masukkan. Kalau saya kata-kata yang tidak sopan. Jika dirasa sudah cukup, maka klik Tambahkan.
    Cara Menggunakan Fitur Peringatan Moderasi Grup Facebook

Jika sudah selesai memasukkan kata kunci tidak sopan sesuai keinginan Anda, maka silahkan tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa ada postingan atau komentar yang mengandung kata-kata yang sudah Anda masukkan ke dalam list moderari peringatan.

Setelah itu Anda bisa klik notifikasi tersebut dan Anda akan diarahkan ke peringatan moderasi kata kunci. Anda bisa menghapus postingan atau komentar tersebut satu-persatu.

Jika ingin menghapus semuanya sekaligus, Anda bisa menggunakan aplikasi Fb Lite, karena di aplikasi Facebook original tidak ada fitur Hapus semua. Berikut adalah Screenshot atau tampilan di Fb Lite.

Cara Menggunakan Fitur Peringatan Moderasi Grup Facebook

Mudah bukan cara mendeteksi kata kunci tertentu yang mengandung kata negatif atau tidak sopan. Dengan mengikuti tutorial ini Anda bisa dengan mudah mengetahui postingan atau komentar yang tidak pantas, sehingga bisa langsung Anda hapus.

Itulah tadi tutorial kali ini tentang cara mudah mengetahui kata kunci tertentu yang tidak sopan di postingan dan komentar grup Facebook. Mungkin itu dulu, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau ingin bertanya silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar