Penikmat kopi dan obat maag.

Office Button Adalah Lengkap Pengertian dan Fungsinya

Halo sahabat Rafsablog. Di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan fungi tombol Office Buton. Office Button adalah sebuah tombol yang memiliki aksi atau fitur bawaan dari Microsoft Office.

Microsoft Word merupakan salah satu dari bagian Microsoft Office yang digunakan untuk proses pengolah kata atau dokumen. Dengan aplikasi ini kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan mudah yang ada kaitan erat dengan dokumen.

Microsoft Word, Excel, dan lainnya sudah mempunyai fitur yang lengkap sehingga dapat memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan tugas dan lebih efisien. Salah satu fitur yang akan kita bahas kali ini ialah tombol Office Button.

Tombol ini biasanya terletak di pejok kiri atas dan mempunyai logo khas Microsoft yakni seperti jendela. Office button ini terdapat di semua produk Microsoft Office seperti Ms Word, Ms Excel, Powerpoint, dan sebagainya.

Pengertian Office Button Adalah

Sebenarnya sudah saya tulis di atas tadi pengertian Office Button adalah sebuah fitur yang mempunyai logo Jendela kash Microsoft dimana yang terdapat dalam sebuah aplikasi Microsot Office seperti Word, Excel, Ppt, dan lain-lain yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam menyelesaikan tugasnya.

Fungsi Menu di Office Button

Ketika kita membuat lembar kerja baru dan melakukan klik pada tombol Office Button kita akan menemukan beberapa menu. Beberapa menu tersebut akan saya jelaskan satu persatu di bawah, maka silahkan simak berikut ini.

1. New (CTRL+N)

Tombol New ini digunakan ketika ingin membuat sebuah lembar kerja baru pada Microsoft Office seperti Word, Ppt, Excel, dan sebagainya. Agar lebih mudah dan cepat bisa menggunakan alternatif dengan menekan tombol CTRL+N pada keyboard untuk membuat lembar kerja baru tanpa harus menutup lembar kerja lainnya.

2. Open (CTRL+O)

Open digunakan ketika ingin membuka sebuah dokumen atau lembar kerja yang sebelumnya sudah pernah dibuat dan disimpan di sebuah drive. Agar lebih cepat dan efisien bisa menggunakan kombinasi keyboard dengan menekan tombol CTRL+O.

3. Save (CTRL+S)

Fitur Save ini berfungsi untuk menyimpan file yang sebelumnya pernah disimpan pada perangkat Komputer/PC atau flashdisk dan perangkat penyimpan lainnya. Ketika dokumen yang sudah pernah disimpan dan ingin menyimpannya kembali saat setelah diedit, maka menggunakan fitur ini.

Selain dengan klik Office Button > Save, kita bisa menggunakan kombinasi dengan menekan tombol CTRL+S pada keyboard.

4. Save As Office Button

Sedikit berbeda dengan Save, tombol ini digunakan untuk menyimpan lembar kerja baru yang sebelumnya belum pernah disimpan di perangkat penyimpanan. Ketika hendak menyimpan dokumen baru akan ada beberapa pilihan type file.

  • Microsoft Word Document untuk menyimpan file dalam bentuk ekstensi docx. Format ini lebih modern jika dibandikan dengan doc.
  • Microsoft Word 97-2003 Document digunakan untuk menyimpan file dengan ekstensi doc. Format ini bisa dipakai agar file bisa dibuka dan tidak berantakan di MS Office yang lebih lama.
  • Microsoft Word Template bisa digunakan sebagai acuan file atau dokumen sebagai template untuk dokumen yang akan datang.
  • Find add-ins for other file formats untuk mempelajari bagaimana untuk menyimpan file untuk format lain seperti PDF dan XPS.
  • Other Formats bisa digunakan untuk membuka dialog box Save As untuk memilih type file lain yang mungkin sudah tersimpan.

5. Print (CTRL+P)

Fitur Print ini untuk mencetak lembar kerja atau dokumen yang telah selesai dikerjakan. Ada 3 pilihan tools sebagai berikut:

  • Print digunakan untuk melakukan percetakan dokumen yang sudah selesai dibuat dan untuk mengatur jumlah salinan atau opsi lainnya sebelum dicetak.
  • Quick Print untuk mencetak lembar kerja dokumen secara langsung pada printer tanpa membuat perubahan terlebih dahulu.
  • Print Preview digunakan untuk melihat atau meninjau dokumen terlebih dahulu sebelum dicetak.

6. Prepare

Fiur Prepare digunakan untuk melakukan pengeditan atau pengaturan lebih lanjut terkait tentang detail dokumen seperti menambahkan nama Author, Password, dan lain-lain. Ada beberapa tools pada Prepare yakni sebagai berikut:

  • Properties untuk melihat dan mengedit properti dokumen misalnya untuk mengedit nama judul, kata kunci, dan penulis.
  • Inspect Document untuk mengecek informasi pribadi atau metadata tersembunyi pada dokumen.
  • Enscrypt Document untuk memberikan sebuah password atau kata sandi pada dokumen agar lebih terjaga dan terlindungi.
  • Restrict Permission digunakan untuk menambahkan batasan akses seperti kemampuan dalam mengedit, menyalin, atau mencetak dokumen.
  • Add a Digital Signature digunakan untuk menambahkan sebuah tanda tangan digital agar dokumen dapat dipastikan keasliannya.
  • Mark as Final untuk memberikan sebuah tanda agar pembaca atau pengguna lain yang membuka dokumen mengetahui bahwa dokumen tersebut telah siap untuk dibaca.
  • Run Compatibility Checker digunakan untuk memeriksa dokumen apakah didukung oleh versi Microsoft Office (Word, Excel, Ppt, dll) sebelumnya.

7. Send

Fitur Send digunakan untuk mengirimkan sebuah dokumen yang telah selesai dibuat kepada pengguna lain. Ada dua tools yang terdapat pada Send yakni:

  • Email digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan alamat email.
  • Internet Fax untuk mengirimkan sebuah dokumen melalui Fax Internet.

8. Publish

Publish digunakan untuk akses publikasi atau mempublikasikan dokumen ke dalam media. Ada beberapa fitur yang didukung oleh MS Office untuk publikasi dokumen seperti:

  • Blog yang dapat digunakan untuk mempublikasikan sebuah arsip dokumen ke dalam blog/website.
  • Document Management Server digunakan untuk membagikan sebuah dokumen agar dapat disimpan di Document Management Server Ms Office Word, Excel, dan kawan-kawannya.
  • Create Document Workspace bisa digunakan untuk membuat sebuah situs baru untuk menyimpan dokumen dan mensinkrokannya dengan dokumen yang ada di perangkatn lokal.

9. Close

Terkahir adalah Close, tombol ini digunakan untuk menutup sebuah lembar kerja dokumen Microsoft Office Word, Excel, Powerpoint, dan kawan-kawannya ketika telah selesai dikerjakan.

Fitur Lainnya di Office Button

Selain beberapa fitur yang sudah saya jelaskan di atas, masih terdapat fitur lainnya yang terletak di bagian sudut bawah menu box. Beberapa fitur tersebut yakni:

  • Recent Document adalah sebuah daftar dokumen yang bisa digunakan untuk mengetahui sebuah dokumen yang baru saja dikerjakan. Dengan fitur ini kita bisa langsung membuka dokumen sebelumnya tanpa harus mencari dengan menggunakan fitur Open atau tombol CTRL+O.
  • Word Options digunakan untuk membuka dan melakukan pengaturan tentang aplikasi Microsoft yang sedang digunakan saat itu.
  • Exit Word digunakan untuk menutup sebuah aplikasi yang saat itu sedang digunakan.

Itulah tadi tentang fitur Office Button yang terdapat pada aplikasi Microsoft Office Word. Sebenarnya maish ada banyak fitur lainnya yang belum sempat dibahas di artikel ini, karena di sini hanya membahas tentang fitur yang terdapat pada Office Button saja.

Jika kalian ingin request artikel lainnya seputar Microsft Word, Excel, Powerpoint atau lainnya silahkan tulis di kolom komentar ya. Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang Office Button Adalah pengertian dan fungsi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar