Excel Ranges

Ranges

Ranges adalah bagian penting dari Excel karena memungkinkan Anda untuk bekerja dengan pilihan Cell.

Ada empat operasi berbeda untuk pemilihan;

  • Memilih sebuah Cell
  • Memilih beberapa Cells
  • Memilih sebuah kolom
  • Memilih sebuah baris

Sebelum melihat operasi pemilihan yang berbeda, kita akan memperkenalkan Kotak Nama.


Name Box

Name Box menunjukkan Anda referensi Cell atau Range mana yang telah Anda pilih. Ini juga dapat digunakan untuk memilih Cell atau Ranges dengan mengetik nilai mereka.

Name Box Excel

Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang Name Box nanti dalam bab ini.


Memilih Sebuah Cell

Cell dipilih dengan mengkliknya dengan tombol kiri mouse atau dengan menavigasinya dengan tombol panah keyboard.

Paling mudah menggunakan mouse untuk memilih Cell.

Untuk memilih Cell A1, klik di atasnya:

Memilih Sebuah Cell

Memilih Beberapa Cell

Lebih dari satu Cell dapat dipilih dengan menekan dan menahan CTRL atau Command dan mengklik kiri Cell. Setelah Cellesai memilih, Anda bisa melepaskan CTRL atau Command.

Mari coba contoh: Pilih Cell A1, A7, C1, C7, dan B4.

Apakah terlihat seperti gambar di bawah ini?

Memilih Beberapa Cell

Memilih Sebuah Kolom

Kolom dipilih dengan mengklik kiri. Ini akan memilih semua Cell dalam lembar yang terkait dengan kolom tersebut.

Untuk memilih kolom A, klik pada huruf A di bilah kolom:

Memilih Sebuah Kolom

Memilih Sebuah Baris

Baris dipilih dengan mengklik kiri. Ini akan memilih semua sel di lembar yang terkait dengan baris tersebut.

Untuk memilih baris 1, klik nomornya di bilah baris:

Memilih Sebuah Baris

Memilih Seluruh Lembar Kerja / Sheet

Seluruh lembar kerja dapat dipilih dengan mengklik segitiga di sudut kiri atas lembar kerja:

Memilih Seluruh Lembar Kerja / Sheet

Sekarang, seluruh lembar kerja telah dipilih:

Memilih Seluruh Lembar Kerja / Sheet

Catatan: Anda juga dapat memilih Celluruh lembar kerja dengan menekan Ctrl+A untuk Windows, atau Cmd+A untuk MacOS.

Pemilihan Ranges

Pemilihan Ranges Cell memiliki banyak area penggunaan dan merupakan salah satu konsep paling penting dalam Excel. Jangan terlalu memikirkan bagaimana itu digunakan dengan nilai. Anda akan mempelajari ini dalam bab berikutnya. Untuk saat ini mari fokus pada cara memilih Ranges.

Ada dua cara memilih Ranges Cell

  1. Name Box
  2. Seret untuk menandai Ranges.

Cara termudah adalah dengan menarik dan menandai. Mari kita pertahankan yang sederhana dan mulai dari sana.

Cara menarik dan menandai Ranges, langkah demi langkah:

  1. Pilih sebuah Cell
  2. Klik kiri dan tahan tombol mouse
  3. Geser penunjuk mouse Anda ke Ranges yang ingin Anda pilih. Ranges yang ditandai akan berubah menjadi abu-abu.
  4. Lepaskan tombol mouse ketika Anda telah menandai Ranges

Mari kita lihat contoh bagaimana menandai Ranges A1:E10.

Catatan: Anda akan mempelajari mengapa Ranges disebut A1:E10 setelah contoh ini.

Pilih Cell A1:

Pemilihan Ranges

Tekan dan tahan A1 dengan tombol kiri mouse. Geser ke penunjuk mouse untuk menandai Range pilihan. Area abu-abu membantu kita melihat Range yang tercakup.

Lepaskan tombol kiri mouse ketika Anda telah menandai Range A1:E10:

Pemilihan Ranges

Anda telah berhasil memilih Ranges A1:E10. Bagus sekali!

Cara kedua untuk memilih Ranges adalah dengan memasukkan nilai Ranges di Kotak Nama. Ranges diatur dengan memasukkan referensi Cell untuk sudut kiri atas, kemudian sudut kanan bawah. Ranges dibuat dengan menggunakan keduanya sebagai koordinat. Itulah mengapa Ranges Cell memiliki referensi dua Cell dan titik dua di antaranya.

Referensi sudut kiri atas : Referensi sudut kanan bawah

Range yang ditunjukkan dalam gambar memiliki nilai A1:E10:

Pemilihan Ranges

Cara terbaik untuk saat ini adalah menggunakan metode seret dan tandai karena lebih mudah dan lebih visual.

Pada bab berikutnya, Anda akan mempelajari tentang pengisian dan bagaimana ini berlaku untuk Ranges yang baru saja Anda pelajari.

Ingin request artikel atau cerita dongeng? Silahkan klik link berikut request Artikel / Dongeng

Tinggalkan komentar