Cara Mudah Daftar Akun Mendeley Terbaru 2023

Rafsablog.id – Halo pembaca setia, kali ini kami akan berbagi tutorial tentang cara mudah daftar akun Mendeley terbaru 2023. Sebelumnya apa itu Mendeley? Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Elsevier yang mempunyai tujuan untuk mengelola dan berbagi penelitian.

Saat ini semakin banyak bermunculan software atau perangkat lunak yang mempunyai fitur untuk melacak keaslian referensi, contohnya seperti Mendeley ini. Perangkat lunak seperti Mendeley ini sangat berguna sekali karena seringkali penulis awam dari berbagai kalangan seperti pelajar ataupun mahasiswa terjebak pada tindakan plagiat.

Dengan adanya perangkat lunak Mendeley yang mempuyai fungsi sebagai Citation & Reference ini membuat penulis dapat mengidentifikasi keaslian dari setiap referensi yang telah digunakan. Selain itu dengan Mendeley membuat referensi yang dimiliki dapat diolah oleh penulis.

Mungkin sebagian orang masih asing dengan jejaring sosial ini, namun di luar negeri jejaring sosial mendeley sudah banyak dikenal sebagai jejaring sosial Citation & Reference. Sebelum dapat menggunakan Mendeley kita harus mempunyai akun terlebih dahulu, lalu bagaimana cara membuat akun Mendeley?

Cara Mudah Daftar Akun Mendeley Terbaru 2023

Mendeley mempunyai 2 (dua) versi yaitu aplikasi web dan aplikasi desktop. Untuk versi desktop sendiri kompatibel dengan sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS. Lalu bagaimana cara daftar akun Mendeley? Ok, langsung saja berikut langkah-langkahnya.

  1. Yang pertama buka terlebih dahulu situs mendeley.com di browser kesayangan Anda.
  2. Lalu langkah yang kedua klik Create a free account untuk membuat akun baru.
    Cara Daftar Akun Mendeley Terbaru 2023
  3. Setelah itu masukkan email Anda yang digunakan untuk daftar akun Mendeley, lalu klik Continue.
    Cara Daftar Akun Mendeley Terbaru 2023
  4. Kemudian Anda akan disuruh untuk mengisi form identitas seperti nama depan dan nama beakang, beserta kata sandi untuk masuk di situs Mendeley. Setelah semuanya diisi lalu klik Register.
    Cara Daftar Akun Mendeley Terbaru 2023
  5. Setelah selesai klik Register, kemudian buka email Anda dan cek pesan masuk untuk tahap verifikasi email, klik tombol Connfirm Email.
    Cara Daftar Akun Mendeley Terbaru 2023
  6. Setelah klik tombol Confirm Email maka secara otomatis Anda akan diarahkan ke situs Elsevier, lalu klik Continue to Mendeley untuk melanjutkan ke situs Mendeley.
    Cara Daftar Akun Mendeley Terbaru 2023
  7. Selesai, sampai tahap ini Anda sudah berhasil membuat atau daftar akun di Mendeley.

Di atas tadi tentang cara membuat akun di Mendeley, lalu bagaimana cara upload foto profil setelah pendaftaran akun? Caranya mudah sekali, berikut tutorialnya.

Cara Upload Foto Profil Mendeley

  1. Masih dalam keadaan masuk Mendeley, klik nama profil yang berada di pejok kanan atas.
    Cara Upload Foto Profil Mendeley
  2. Setelah masuk di halaman profil, lalu klik Add photo pada bagian photo profil.
    Cara Upload Foto Profil Mendeley
  3. Setelah itu upload foto Anda, kemudian sesuaikan dengan ukuran foto yang diinginkan, lalu klik Set as profil picture.
    Cara Upload Foto Profil Mendeley

Daftar akun Mendeley sudah, mengubah foto profil Mendeley juga sudah, lalu bagaimana cara bergabung ke dalam grup? Untuk bergabung grup sangat mudah sekali, simak berikut ini.

Cara Bergabung di Grup Mendeley

  1. Masih masuk di situs Mendeley, pertama klik Search dengan logo kaca pembesar.
    Cara Bergabung di Grup Mendeley
  2. Kemudian pilih tab Groups dan tulis nama grup yang ingin Anda cari, lalu klik Search atau tekan enter pada keyboard.
    Cara Bergabung di Grup Mendeley
  3. Setelah grup yang Anda cari muncul, selanjutnya klik grup tersebut lalu klik tombol Join yang terdapat di grup.

Itulah tadi tutorial tentang cara mudah daftar akun Mendeley terbaru 2020, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau sebuah pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Bagi Anda yang belum mempunyai Mendeley Desktop dan ingin mencobanya, Anda bisa klik link berikut: Download Mendeley.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika terdapat kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan karena manusia tidak bisa luput dari kesalahan, semoga bermanfaat.

Ingin request artikel atau cerita dongeng? Silahkan klik link berikut request Artikel / Dongeng

Tinggalkan komentar