Berusaha menjadi lebih baik.

Cara Mengubah Waktu Sinkron Terbaru di SIMPKB

Rafsablog.id – Halo pembaca setia, di artikel kali ini saya akan berbagi tutorial cara mengubah waktu sinkron terbaru di SIMPKB lewat aplikasi Dapodik. Secara resmi pendaftaran Pendidikan Profesi Guru atau disingkat PPG dibuka di tahun 2022 ini setelah sebelumnya tertunda.

Pendaftaran PPG tahun 2022 dapat dilakukan melalui situs ppg.kemdikbud.go.id. Sedikit informasi bahwa PPG ini dibuka kembali tanggal 12 Februari hingga 25 Februari kemarin. PPG sendiri ialah pendidikan tinggai setelah program pendidikan sarjana dengan persyaratan khusus untuk menjadi guru.

Guru yang belum berkesempatan menjadi PNS berpeluang lolos seleksi CPNS dengan mengikuti PPG. Sedangkan bagi yang sudah menjadi PNS, PPG ini menjadikan gelar baru dan dapat mengurus sertifikasi. Jika sudah mendapatkan sertifikasi, maka akan mendapatkan penghasilan bulanan.

Baik di atas tadi saya sudah sedikit membahas tentang PPG, selanjutnya saya akan berbicara pokok pembahasan tentang cara mengubah waktu sinkron terbaru di SIMPKB. Ini banyak ditanyakan oleh operator sekolah. Meskipun batas pendaftaran PPG sudah selesai, tetapi artikel ini mungkin bisa untuk sekadar informasi tambahan bagi yang belum tahu.

Banyak operator sempat dibuat kebingungan karena Dapodik sudah berhasil melakukan sinkronisasi, tetapi pada akun SIMPKB guru yang hendak ikut PPG tidak berubah waktu sinkronnya. Apesnya lagi jika operator terkena semprot guru yang mau ikut PPG, mungkin dikira belum melakukan sinkroninasi di aplikasi Dapodik padahal sudah. *Jangan ditiru ya kawand

Cara Mudah mengubah Waktu Sinkron Terbaru di SIMPKB Lewat Dapodik

Sebenarnya cara mengubah waktu Sinkron di SIMPKB cukup mudah, tetapi tidak ada salahnya jika saya membuat artikel ini karena masih ada yang bertanya di grup. Baik langsung saja berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama tentu saja buka aplikasi Dapodik kesayangan kita http://localhost:5774/.
  2. Kemudian silahkan klik menu GTK dan pilih submenu Guru.
    Cara Mudah mengubah Waktu Sinkron Terbaru di SIMPKB Lewat Dapodik
  3. Setelah itu pilih salah satu guru atau bisa semuanya, tapi harus satu persatu ya.
  4. Pilih guru dan klik tombol Penugasan.
    Cara Mudah mengubah Waktu Sinkron Terbaru di SIMPKB Lewat Dapodik
  5. Selanjutnya pada bagian “Keaktifan PTK”, silahkan centang bulan Jul hingga bulan saat ini (saat pembukaan pendaftaran PPG hingga selesai).
    Cara Mudah mengubah Waktu Sinkron Terbaru di SIMPKB Lewat Dapodik
  6. Kemudian klik Simpan dan Tutup.
    Cara Mudah mengubah Waktu Sinkron Terbaru di SIMPKB Lewat Dapodik
  7. Berikutnya lakukan sinkronisasi Dapodik seperti biasa.
  8. Setelah itu tunggu sekitar 2 hingga 15 menit atau lebih bisa sambil ngopi atau ngudud, lalu buka kembali situs SIMPKB menggunakan akun yang akan mengikuti PPG dan cek apakah sudah Waktu Sinkron sudah berubah. Jika belum berubah, maka silahkan tunggu beberapa saat lagi.

Mudah bukan tutorial tentang cara mengubah Waktu Sinkon di SIMPKB lewat Dapodik. Mungkin itu dulu artikel kali ini. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar