Cara Membuka Info GTK Terbaru 2022 dengan Mudah

Rafsablog.id – Halo pembaca setia, pada artikel kali ini saya akan akan membagikan tutorial tentang cara membuka info GTK terbaru 2022 dengan mudah dan cepat. Bapak/ibu guru mungkin sudah banyak yang mengetahui langkah-langkahnya, akan tetapi mungkin juga masih banyak disini yang belum tahu caranya atau mungkin juga lupa.

Pentingnya mengetahui cara membuka info GTK ini adalah karena dengan info GTK kita bisa mengetahui apakah data yang ada di dapodik kita sudah sesuai dengan bukti fisik yang ada. Jadi guru dapat melakukan pengecekan hasil entri data pada dapodik, yang kedua guru dapat memperbaiki data yang salah melalui operator sekolah.

Selain itu Guru juga dapat memantau terbitnya Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) dan Surat Keputusan Penerima Tunjangan lainnya. Hal itulah yang membuat kita sebagai guru harus bisa mengetahui cara mudah membuka info GTK sesuai dengan prosedur yang ada.

Ada 4 (empat) cara untuk membuka situs Info GTK, yakni dengan melalui halaman login Info GTK langsung, melalui PTK Datadik, SIMPKB, dan bisa dengan scan barcode pada profil info GTK. Pada dasarnya login di info GTK dilakukan melalui situs GTK yakni beralamat info.gtk.kemdikbud.go.id.

Namun, kita bisa login melalui aplikasi lain yang terintegrasi dengan situs Info GTK. Aplikasi lainnya yang di maksud adalah sesuai yang sudah dikatakan paragraf sebelumnya tadi. Baik langsung saja berikut tutorialnya.

Cara Mudah Membuka Info GTK Terbaru 2022

Ada beberapa cara untuk masuk ke dalam akun info GTK sesuai yang sudah saya katakan di atas tadi yakni kita bisa login melalui PTK, Datadik, Scan barcode, lewat SIMPKB, dan juga dengan cara login di halaman info GTK langsung. Saya akan menjelaskannya satu persatu di bawah.

Cara Membuka Info GTK Melalui Halaman Login Langsung

  1. Pertama tentu saja kita buka browser kesayangan kita bisa menggunakan chrome, firefox, microsoft edge, atau yang lainnya.
  2. Setelah itu pada pencarian ketikkan Info GTK, atau bisa langsung klik link berikut situs Info GTK.
  3. Ada dua pilihan, pilih saja Login Langsung ke GTK.
    Cara Membuka Info GTK Terbaru 2022 dengan Mudah
  4. Kemudian silahkan isi username dan password menggunakan akun PTK aktif yang sudah diverifikasi.
  5. Terakhir klik Login.

Cara Membuka Info GTK Melalui PTK Datadik

  1. Buka browser dan ketikkan PTK Datadik, atau bisa langsung klik link berikut ptk.datadik.kemdikbud.go.id.
  2. Setelah itu klik Login Menggunakan SSO.
    Cara Membuka Info GTK Terbaru 2022 dengan Mudah
  3. Kemudian silahkan isi username dan password akun SSO PTK Datadik Anda.
  4. Jika sudah, lalu klik Masuk.

Membuka Situs Info GTK Melalui SIMPKB

  1. Pertama silahkan buka situs SIMPKB atau bisa klik link Situs SIMPKB.
  2. Kemudian login menggunakan akun SIMPKB yang sudah di registrasi atau Anda juga bisa login SIMPKB menggunakan akun belajar.id.
  3. Setelah berhasil masuk ke dalam SIMPKB, selanjutnya scroll ke bawah. Pada Fitur lainnya kalian bisa melihat Layanan Info GTK, silahkan klik pilihan tersebut. (dengan syarat harus sudah bergabung ke dalam komunitas).

Membuka Situs Info GTK dengan Scan Barcode

Untuk menggunakan cara ini, sebelumnya Anda harus berhasil login pada Info GTK dan sudah menyimpan gambar barcode yang berada di samping foto profil.

Cara Membuka Info GTK Terbaru 2022 dengan Mudah

Untuk menyimpan barcodenya sendiri cara juga cukup mudah. Anda tinggal drag gambar barcode tersebut dan drop atau letakknya pada kolom address bar browser Anda. kemudian tekan Enter.

Setelah itu gambar barcode akan muncul, lalu silahkan klik kanan gambar barcode tersebut dan pilih Save Image as dan Simpan.

Jika sudah menyimpan barcode dalam bentuk gambar, kalian bisa login menggunakan scan barcode yang sudah disimpan tersebut.

Harap berhati-hati, jangan sampai gambar barcode tersebut tersebar luas karena akan sangat berbahaya. Akibatnya orang lain dapat login akun Info GTK Anda sesuka hati dengan melakukan foto barcode Anda tadi.

Itulah tadi empat cara membuka situs Info GTK terbaru 2022 dengan mudah. Semoga dengan membaca tutorial ini, sekarang Anda bisa login Infto GTK dengan berbagai cara.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang betapa mudahnya membuka situs Info GTK dengan berbagai cara. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan karena manusia tidak akan pernah luput dari kesalahan. Jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Ingin request artikel atau cerita dongeng? Silahkan klik link berikut request Artikel / Dongeng

Tinggalkan komentar