Cara Mudah Menggunakan VPN di Android Gratis 2019

Beberapa hari belakangan ini sedang heboh banyak yang mendadak ingin menggunakan VPN di ponsel Android maupun iOS, karena sebab tertentu yang membuat pengguna ingin sekali mencoba VPN di ponsel kesayangannya. Dengan alasan tersebut, maka artikel ini diterbitkan tentang cara menggunakan VPN di Android gratis 2019.

Sebelum pada pokok pembahasan yakni cara menggunakan VPN di Android atau iOS, saya ingin memberikan sekilas info terlebih dahulu tentang apa itu VPN. VPN adalah kepanjangan dari Virtual Private Network yaitu sebuah layanan internet yang memberikan akses secara aman dengan mengubah jalur internet melalui server dan lalu lintas pertukaran data akan disembunyikan.

Dengan menggunakan VPN berarti kita menggunakan akses internet yang di enkripsi sehingga kita dapat mengakses suatu situs dengan aman (secure) dan secara pribadi (private). Cara mudahnya, VPN Client mengoneksikan smartphone atau PC kepada komputer lain yang disebut sebagai VPN Server yaitu komputer yang terhubung dengan internet, lalu kita diizinkan untuk mengakses internet dengan menggunakan internet komputer tersebut.

Cara Mudah Menggunakan VPN di Android Gratis 2019

VPN mempunyai fitur ByPass, yaitu fitur dimana Anda dapat mangakses internet yang dibatasi oleh pemerintah. Yap, Anda dapat dengan mudah melewati pembatasan geografi untuk dapat mengakses situs tertentu yang dianggap membahayakan oleh pemertintah, seperti situs streaming atau video.


Sampai di sini sudah tahu kan manfaat VPN? Baik, sekarang kita akan langsung pada pembahasan cara menggunakan VPN di Android dengan mudah secara Gratis terbaru 2019 pada Hp Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Huawei iPhone, dan lain-lain. Saya akan mengambil contoh menggunakan Turbo VPN dan VPN Master, untuk langkah-langkah pada aplikasi VPN lainnya hampir sama.

Cara Menggunakan Turbo VPN

  1. Langkah pertama download dan install aplikasi Turbo VPN di Play Store atau di situs download APK.
  2. Setelah aplikasi terpasang, lalu buka aplikasi Turbo VPN tersebut.
  3. Kemudian klik icon globe atau bumi yang berada di bagian kanan atas.
  4. Lalu klik tab "Gratis" karena kita akan menggunakan VPN versi gratis.
  5. Langkah berikutnya pilih salah satu negara server VPN, pilihlah jaringan yang kuat.
  6. Tunggu hingga proses menghubungkan selesai hingga muncul tulisan "Terhubung" yang berarti smartphone sudah berhasil menggunakan Turbo VPN.

    Cara Menggunakan Turbo VPN 2019

Cara Menggunakan VPN Master

  1. Pertama, download dan install terlebih dahulu aplikasi VPN Master di Google Play Store, atau situs tempat download APK.
  2. Jika aplikasi sudah terpasang di smartphone kesayangan Anda, selanjutnya buka aplikasi VPN Master tersebut.
  3. Kemudian klik icon location yang berada di pejok kanan atas.
  4. Lalu klik tab "Gratis", seperti sebelum kita akan menggunakan VPN versi free atau gratis.
  5. Kemudian pilih salah satu server yang ingin Anda pilih, pilih yang mempunyai jaringan kuat.
  6. Secara otomatis aplikasi VPN Master akan melakukan proses penyambungan koneksi smartphone Anda dengan VPN Server. Jika tulisan menjadi "Terhubung" berarti smartphone sudah berhasil menggunakan VPN Master.

    Cara Menggunakan VPN Master 2019

Itulah tadi artikel tentang cara mudah menggunakan VPN di android gratis 2019. VPN mempunyai banyak fitur yang menarik, diantaranya ialah ByPass, keamanan data pada jaringan publik, mengamankan informasi pribadi, data dienkripsi, mengenkripsi informasi perangkat.

Selain terdapat kelebihan pasti ada juga kelemahan. Beberapa kelemahan menggunakan VPN adalah koneksi menjadi lebih lambat, koneksi terkadang tidak stabil, jika konfigurasi secara manual maka cukup rumit, terdapat batasan penggunaan.

Amankah Menggunakan VPN?

Keamanan menggunakan VPN ini masih menjadi perdebatan banyak orang hingga menyangkut para kalangan orang IT hingga sekarang. VPN dapat membuat koneksi internet Anda menjadi sangat aman, akan tetapi tergantung dengan protokol yang digunakan saat menggunakan koneksi. Keamanan VPN ini terhalang oleh dua faktor, yaitu Batasan Teknologi dan Batasan Hukum.

Batasan Teknologi
Teknologi yang terbatas untuk pengembangan VPN server dalam tipe enkripsi dan protokol yang digunakan.

Batasan Hukum
Pastinya terdapat undang-undang pada setiap negara termasuk tempat server yang menyediakan VPN tersebut. Kebijakan dan batasan hukum yang berada pada tempat server VPN mempengaruhi apa yang dapat dilakukan server VPN, dan terkadang kebijakan pada perusahaan yang menyediakan VPN mempengaruhi bagaimana cara perusahaan dalam menerapkan teknologi tersebut dalam layanan mereka.

Maka dari itu menggunakan VPN bsia di bilang tidak sepenuhnya aman, tetapi paling tidak dengan menggunakan VPN maka akan lebih aman jika dibandingkan dengan koneksi biasa.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Jka terdapat kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan, karena manusia tidak akan bisa luput dari kesalahan. Jika artikel ini bermanfaat silahkan di bookmark dan bisa Anda bagikan di media sosial atau teman dekat Anda.
komentar