Telegram, Messenger Terbaik dan Ringan Alternatif Whatsapp

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang aplikasi messenger terbaik dan ringan selain Whatsapp, yaitu Telegram. Telegram adalah sebuah aplikasi messenger yang ringan dan mempunyai banyak fitur, tidak kalah dengan Whatsapp, Telegram juga mempunyai kelebihan seperti Whatsapp yakni ringan dan mudah untuk digunakan.

Mungkin belum banyak yang mengenal Telegram, karena aplikasi messenger satu ini kalah terkenal jika dibandingkan dengan Whatsapp. Namun fitur yang dimiliki oleh Telegram tidak boleh dianggap remeh, karena Telegram mempunyai beberapa fitur unggulan yang tidak terdapat dalam aplikasi Whatsapp.

Mengingat tragedi 22 Mei saat pemerintah mengumumkan bahwa ada batasan dalam penggunaan media sosial, banyak masyarakat yang sangat kecewa dengan hal tersebut karena banyak pihak yang merasa dirugikan dengan membatasi hak akses media sosial, banyak masyarakat yang menyayangkan hal ini karena menghambat obrolan mereka melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan messenger seperti Whatsapp.


Baru-baru ini Telegram menjadi perbincangan hangat karena banyak orang yang bermigrasi dari Whatsapp ke Telegram karena batasan akses. Telegram menjadi pilihan masyarkat karena tidak terpengaruh oleh batasan media sosial yang di maksud oleh pemerintah, Telegram dapat berjalan normal seperti semestinya.

Telegram, Messenger Terbaik dan Ringan Alternatif Whatsapp

Kelebihan Telegram

Pasti banyak yang bertanya-tanya, mengapa banyak orang yang menggunakan Telegram, dan apa kelebihan Telegram? Jika dilihat Telegram hampir mirip seperti Whatsapp, namun Telegram mempunyai segudang fitur yang dapat memanjakan penggunanya, oleh sebab itu saya rangkum kelebihan Telegram sebagai berikut.

Private
Salah satu fitur Telegram adalah adanya fitur Private, fitur ini membuat pesan chat Anda menjadi aman karena telah terenkripsi oleh sistem, dan pesan yang Anda kirim bisa Anda hapus secara permanen dan tidak akan terlihat oleh lawan chat Anda.

Whatsapp mempunyai fitur ini namun terdapat waktu agar dapat menghapus pesan secara pribadi dan semua orang, jika lebih dari 7 menit pesan tidak dihapus, maka pesan tidak dapat dihapus ke semua orang, jika Anda menghapus maka hanya akan terhapus pada akun Anda dan masih terlihat pada lawan chat Anda.

Cloud Based
Ini menjadi salah satu kelebihan Telegram yang tidak dimiliki oleh Whatsapp. Jika kita ingin membuka Whatsapp web di PC, smartphone yang terdapat akun Whatsapp kita harus terhubung dengan internet, jika tidak maka kita tidak bisa membuka Whatsapp web di PC.

Berbeda dengan Whatsapp, Telegram adalah aplikasi messenger berbasis cloud, Anda dapat membuka Telegram dengan perangkat apapun, Anda bisa membuka Telegram di PC secara stand alone, jadi jika Telegram Anda tidak online pada smartphone, tetap saja Anda bisa membuka Telegram di PC menggunakan Telegram web ataupun Telegram desktop.

Hal ini juga membuat Anda tidak perlu untuk mencadangkan pesan agar obrolan chat Anda tidak hilang. Jika Whatsapp harus melakukan cadangan pesan agar tidak hilang, Telegram tidak memerlukan hal seperti itu karena Telegram berbasis cloud yang bisa dibuka di manapun, kapanpun, dan chat tidak akan hilang kecuali Anda menghapusnya sendiri.

Fast
Telegram dapat mengirim pesan dengan cepat, dengan koneksi yang minim pun Telegram dapat berkirim pesan, selain ringan, fitur ini juga dapat diandalkan ketika koneksi internet kita kurang memadai karena faktor tertentu.

Distributed
Pihak Telegram sangat memperhatikan kenyamanan pengguna, demi keamanan dan kecepatan dalam pengiriman pesan chat, Telegram mempunyai server yang tersebar diseluruh dunia yang berperan aktif dalam mengelola keamanan dan kecepatan untuk mengirim pesan.

Open
Berdasarkan informasi yang terdapat dalam situs resmi Telegram, Telegram membebaskan semua orang untuk dapat menggunakan API dan protokolnya, hal ini jelas menandakan bahwa Telegram sangat terbuka untuk penggunanya.

Free
Mungkin kalian pernah menggunakan aplikasi yang terdapat iklan di dalamnya, iklan tersebu sangat mengganggu sekali dan banyak pengguna yang meninggalkan aplikasi tersebut, hingga pada akhirnya aplikasi messenger yang dimaksud resmi ditutup tahun ini pada bulan lalu. Telegram tidak ingin mengecewakan penggunanya, tidak terdapat iklan pada aplikasi Telegram dan tidak ada biaya untuk berlangganan.

Secure
Telegram sangat menjaga privasi penggunanya, Telegram menjamin keamanan bagi penggunanya dengan memiliki fitur pesan rahasia (secret chat) yang bisa Anda gunakan untuk melakukan obrolan bersama orang lain. Fitur ini jelas sangat bermanfaat, dimana tidak ada fitur yang sama pada aplikasi Whatsapp.

Powerful
Penulis sangat menyukai fitur ini, dimana tidak ada batasan ukuran media dalam melakukan pengiriman pesan. Whatsapp secara default membatasi penggunanya dalam mengirim media, berbeda dengan Whatsapp, Telegram tidak ada batasa, jadi Anda bisa mengirim file sebanyak yang Anda inginkan. Telegram juga memiliki fitur Save Messages yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan media khusus pribadi atau untuk Anda sendiri, penyimpanan yang di maksud ini adalah seperti Google Drive, One Drive, dan media penyimpanan berbasis cloud lainnya.

Selain di atas, Telegram masih mempunyai fitur menarik lainnya yaitu Telegram dapat membuat Bot yang bisa Anda buat sesuai keinginan Anda, jika Anda sudah memahami dalam pembuatan Bot, Anda dapat membuat Bot manual menggunakan API Telegram, namun jika Anda baru mencoba Anda dapat membuat Bot melalui ManyBot dan FatherBot pada Telegram, membuat Bot menjadi lebih instan.

Telegram dapat mengirim file apa saja dengan ukuran berapapun. Jika anda mengeluh dengan aplikasi Whatsapp yang dibatasi dalam pengirimian media, Anda bisa menggunakan Telegram untuk mengirim media kepada teman atau orang lain, karena Telegram tidak ada batasan ukuran dan dapat mengirim file dengan ekstensi apapun.

Jika Whatsapp memiliki grup yang jumlah anggotanya dibatasi hanya ratusan orang saja, maka Telegram dapat menjadi pilihan Anda untuk membuat grup yang dapat menampung anggota lebih banyak. Dalam satu grup Telegram dapat menampung jumlah anggota hingga 200.000 orang, mantap jiwa kan!

Telegram mempunyai fitur Channel yang tidak dimiliki oleh Whatsapp. Fitur ini bisa digunakan untuk pengikut, biasanya orang menggunakan fitur ini untuk berbisnis seperti menjual produk, informasi pulsa, dan bisa digunakan untuk media pengumuman dan mentoring. Anda bisa memantau jumlah orang yang melihat postingan di Channel Anda.

Telegram juga mempunyai Stiker yang bisa Anda gunakan untuk menghiasi obrolan bersama teman, sahabat, teman rasa pacar, atau keluarga Anda. Stiker pada Telegram juga jumlahnya lebih banyak dan beraneka ragam, Anda bisa memilih sesuai keinginan Anda untuk orang-orang yang Anda sayangi.

Cara Install dan Daftar Telegram

Cara install Telegram sama seperti install aplikasi lainnya, Anda bisa memasang Telegram melalui Play Store atau App Store, dan Anda juga bisa memasang via APK yang bisa di download di situs download APK. Untuk lebih lengkapnya simak berikut ini.

  1. Pertama download dan pasang terlebih dahulu aplikasi Telegram di Play Store atau App Store, atau di pihak ketiga yakni download APK.
  2. Setelah aplikasi terpasang di ponsel, selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  3. Untuk pertama kali membuat Telegram, Anda akan melihat tombol Start Messaging, klik tombol tersebut.
  4. Lalu masukkan nomor telepon yang Anda gunakan untuk daftar Telegram, lalu klik tombol centang pada pejok kanan atas.
  5. Verifikasi nomor telepon dengan memasukkan kode yang dikirim ke nomor telepon yang Anda masukan, jika nomor telepon masih satu perangkat maka akan terverifikasi secara otomatis, jika berbeda perangkat maka Anda harus memesukkan kode verifikasi secara manual. Jika sudah jangan lupa untuk klik centang pada pejok kanan atas.
  6. Setelah proses verifikasi nomor telepon selesai, selanjut Anda disuruh untuk mengisi nama Telegram Anda, masukkan nama lalu klik centang seperti biasa.
  7. Selesai, Anda sudah dapat menggunakan Telegram, langkah selanjutnya Anda bisa cek pada menu Contact untuk melihat siapa saja yang sudah menggunakan Telegram.

Itulah tadi pembahasan artikel kali ini tentang messenger terbaik dan ringan alternatif Whatsapp. Aplikasi satu dengan yang lainnya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jika Whatsapp sudah terkenal, berbeda dengan Telegram yang masih segelintir orang yang mengenalnya.

Dengan artikel ini diharapkan agar orang-orang lebih tahu tentang Telegram dan dapat mencoba merasakan betapa enaknya menggunakan Telegram. Penulis sudah kurang lebih 3-4 tahun ini menggunakan Telegram, saat masih awal mahasiswa semester awal untuk berjulan pulsa.

Dulu menggunakan Telegram hanya untuk melakukan transaksi pengiriman pulsa, namun lama-kelamaan Telegram menjadi aplikasi messenger penting untuk  melakukan obrolan chat sehari-hari bersama teman dekat yang juga sama-sama berjualan pulsa dan satu hobi, mantap dah pokoknya!
komentar