Minggu, 04 Maret 2018

Begini Caranya Agar File-File Penting di Android Milikmu Tetap Aman

Tags

Saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara agar file-file penting di android tetap aman. Sangat disayangkan sekali jika file-file penting di smartphone Android Anda tiba-tiba hilang tak tau kemana. Hilangnya file-file penting pada smartphone Android disebabkan oleh banyak hal. Misalnya karena smartphone Anda terkena virus maupun tak sengaja terhapus oleh pemiliknya.

File-file penting yang terhapus begitu saja tentu membuat Anda jengkelnya bukan main. Apalagi file-file penting yang terhapus itu salah satunya file skripsi. Wuah, bisa-bisa serasa kiamat saja dunia ini.

Cara Agar File Penting di Android Tetap Aman

Oke, karena file-file penting di smartphone Android Anda rawan hilang entah kemana. Kali ini kami akan mengulas bagaimana caranya agar file-file penting di Android bisa tetap aman. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Agar File Penting di Android Tetap Aman


Install Aplikasi Drobox di Smartphone

Ketika sebuah file disimpan di dalam memori internal. Maka potensi file tersebut akan terhapus menjadi sangat besar sekali, apalagi saat Anda tak sadar melakukan flashing ulang operating system tapi tidak mem-back up file-file penting di internal.
Caranya Agar File-File Penting di Android Tetap Aman

Ya pasti file-file penting itu akan hilang. Nah supaya file-file penting itu tidak hilang. Cobalah Anda install aplikasi Drobox lewat Playstore. Besar file aplikasi ini tidak banyak kok, cuma sekitar 86 Mb saja. Jadi tak membebani kerja ram, dan prosesor menjadi berat.

Setelah aplikasi Drobox telah terinstall langkah selanjutnya Anda tinggal daftarkan akun ke Drobox menggunakan email aktif. Untuk email nya sendiri Anda bisa menggunakan Gmail, maupun Yahoo Mail.

Setelah mendaftarkan akun baru. Anda akan langsung dapat memori penyimpanan sebesar 2 Gb secara cloud. Memori sebesar 2 Gb masih bisa di upgred lebih banyak jika Anda beralih ke akun tipe pro. Untuk cara penggunaannya. Anda tinggal upload saja file-file penting lewat aplikasi Drobox.

Hanya saja saat Anda upload ke Drobox di butuhkan koneksi internet yang stabil. Tanpa ada koneksi internet pemindahan file-file penting ke Drobox tak bisa dijalankan.

Download Dropbox

Gunakan Aplikasi Amazon Drive

Sama seperti Drobox. Aplikasi Amazon Drive juga berfungsi untuk memindahkan file-file penting secara online melalui sistem komputasi awan. Amazon sedikit lebih baik dari Drobox soal kapasitas penyimpanan.
Caranya Agar File-File Penting di Android Tetap Aman

Untuk penyimpanan foto, Amazon Drive ini menawarkan penyimpanan yang tak terbatas atau unlimited khusus untuk foto, ini berlaku untuk orang yang baru saja mendaftarkan akun di situs Amazon. Lalu untuk non-foto seperti dokumen atau video terdapat penyimpanan tambahan yakni sebesar 5GB.

Download Amazon Drive

Install Aplikasi Microsoft Onedrive

Aplikasi Onedrive ini aplikasi paling populer yang digunakan oleh para pengguna Android sekaligus pengguna IOS untuk mengamankan file-file penting. Gimana tak populer coba. Wong aplikasi Onedrive menyediakan kapasitas sebesar 15Gb secara cuma-cuma.
Caranya Agar File-File Penting di Android Tetap Aman

Kehebatan Onedrive semakin tak tertandingi berkat integrasinya dengan layanan office seperti Microsoft Word, Exel, dan Power Point. Cara kerjanya hampir sama. Anda tinggal upload secara online saja file-file penting melalui aplikasi Onedrive. Setelah di upload, file-file penting Anda akan aman di situs Onderive.

Download Microsoft OneDrive

Install Googel Drive

Tak kalah dengan media penyimpanan Onedrive yang menyediakan kapasitas jumbo. Googel Drive ternyata juga tak kalah gahar dengan menyediakan kapasitas cloud storage sebesar 15 Gb.
Caranya Agar File-File Penting di Android Tetap Aman

Aplikasi Googel Drive bisa Anda dapatkan di Playstore secara gratis dengan ukuran .APK tak mencapai lebih dari 100 Mb. Jadi aplikasi Googel Drive tidak membebani kerja prosesor menjadi berat, sistem kerja ram juga optimal.

Download Google Drive

Simpan File-File Penting di Flash Disk Melalu USB OTG

Port USB pada smartphone Android bisa dimanfaatkan sebagai media transfer ke device penyimpanan ke flashdisk. Cara kerjanya Anda tinggal siapkan saja aksesoris tambahan berupa USB OTG.

Setelah itu colokan kabel USB OTG ke port USB di Android Anda yang sudah tersambungkan lewat perangkat flashdisk. Setelah itu Anda tinggal pindahkan saja file-file penting di memori internal ke media flashdisk tadi. File-file penting Anda pun sekarang telah berpindah dengan aman ke flashdisk.

Jika Anda lupa tak memindahkan file-file penting ketika Anda melakukan flashing HP Android Anda pun tak masalah. Kan semua file-file penting sudah berpindah ke penyimpanan awan, dan juga telah berpindah ke flashdisk. Jadi file-file penting Anda dijamin aman.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang tips bagaimana cara agar file-file penting di android tetap aman. Jika Anda mempunyai saran atau masukan, Anda boleh mengirimnya  di kolom komentar yang sudah disediakan.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Begini Caranya Agar File-File Penting di Android Milikmu Tetap Aman. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon