Senin, 05 Maret 2018

Buat Android Kalian Ngebut, dengan Mengikuti Cara-Cara Berikut Ini

Tags

Tips supaya Hp Android tidak menjadi lelet atau lemot -  Di era smartphone Android dimana konfigurasinya telah mencapai 6 GB pada Samsung Galaxy S9, Nokia 8, dan beberapa flaghsip Android lain. Ternyata sampai sekarang masih ada pengguna Android dengan RAM 1 GB.

Jumlah RAM yang hanya 1 GB ada smartphone mereka jelas kurang optimal digunakan di era sekarang. Jangankan buat main Mobile Lagend. Buat main COC aja pasti "ngos-ngosan" tuh smartphone nya.

Cara agar android ngebut

Lha terus gimana dong biar smartphone ane yang jumlah RAM-nya cuma 1 GB masih bisa enteng digunakan, gak lemot, terus juga gak ngadat. Kasih tau dong !

Tenang. Kebetulan lewat uraian artikel ini. Kami akan jelaskan kepada kalian bagaimana mengoptimalkan smartphone Android yang RAM nya hanya 1 GB. Yuks langsung simak saja.

Pakai Launcher Bawaan, Jangan Memakai Launcher Custom

Smartphone zaman sekarang banyak sekali yang memilih menggunakan Android "Polosan" atau Android Murni tanpa tambahan custom ROM. Pemilihan Android Polosan oleh banyak vendor karena Android polosan lebih ringan dengan Android jenis cusrom yang lebih banyak memakan RAM.
Cara agar android tidak lemot

Jadi agar smartphone Android kita bisa ringan berjalan. Sangat disarankan sekali menggunakan Android polosan. Kalau ternyata di smartphone kalian sudah terInstall ROM dari sananya. Silahkan flasing ulang melalui TWRP menggunakan stok ROM. Dijamin smartphone Android kalian bakalan lari kencang.

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Di dalam sistem operasi Android sering kali kita temukan banyak aplikasi yang tidak penting berjalan di background. Akibatnya free RAM smartphone Android kalian tersisa sangat sedikit sekali hingga 80-an MB ke bawah. Padahal supaya smartphone Android kalian dapat berjalan lancar. Dibutuhkan free RAM di atas 100 MB.
Cara agar android tidak lemot

Nah supaya sisa RAM bisa di atas 100 MB. Kalian harus menghapus beberapa aplikasi bawaan Android kalian yang tidak penting. Jika aplikasi tidak dapat di hapus karena di protek. Silahkan kalian bisa Install aplikasi Jbtaksman lewat Playstore untuk meng-unInstall paksa aplikasi bawaannya. Dalam hitungan menit setelah pencopotan paksa aplikasi bawaan. Pasti smartphone Android kalian RAM nya akan lega.

Pakailah Memori SD Card dengan Class yang Tinggi

Pemakaian memori SD Card yang memiliki class tinggi ternyata penting bagi kelancaran Android yang memiliki RAM 1 GB. Pemakaian class yang tinggi pada memori SD Card diukur dari sekala 4-48 Mbps. Semakin besar jumlah class nya, maka akan semakin cepat pula smartphone Android kalian.
Cara agar android tidak lemot

Maka dari itu kalian sangat disarankan sekali memakai memori SD Card class tinggi. Sangat di rekomendasikan pakai memori dengan class 48 MB. Untuk mereknya sendiri bebas saja. Boleh pakai merek Vgen, Sandisk, Toshiba, Samsung, maupun Trandscand sama saja kemampuan kecepatannya.

Jangan Menginstall Game dengan Kualitas High Grapic (HD)

Memiliki smartphone Android dengan total RAM 1 GB buat main game tak masalah sebetulnya. Hanya saja menjadi bermasalah ketika smartphone dengan RAM terbatas seperti ini digunakan untuk bermain game HD berat.
Cara agar android tidak lemot

Pemasangan game HD pada smartphone Android RAM 1 GB akan membuat prosesor, dan olah grafis GPU menjadi cepat panas. Akibat lanjutnya, smartphone Android kalian tiba-tiba saja terkena eror ICMMC. Maka dari itu sangat tidak disarankan sekali kalau kalian meng-Install game Android berformat HD pada RAM 1 GB.

Install game boleh-boleh saja. Yang penting ukuran filenya tidak lebih dari 1 GB. Game yang ukurannya tidak lebih dari 1 GB contohnya seperti game Angry Bird, Six Guns, COC, maupun AOE.

Install Aplikasi Pembersih Cache

Salah satu yang membuat kerja Android menjadi berat yaitu karena adanya file garbage atau cache yang menumpuk pada penyimpanan internal.

Penumpukan file cache biasanya dapat dibersihkan melalui proses flashing atau menggunakan factory reset. Hanya saja kalau melalui flashing atau factory reset aplikasi dan game yang telah terInstall sebelumnya akan hilang. Nah, agar aplikasi dan game yang sudah terInstall tidak hilang dipakailah aplikasi Ccleaner, Power Clean, maupun Cache Cleaner.
Cara agar android tidak lemot

Ketiga aplikasi di atas dapat dengan mudah sekali membersihkan cache yang menumpuk pada penyimpanan internal. Untuk mendapat aplikasinya. Kalian bisa cari di Playstore. Untuk seri yang pro. Kalian bisa mendapatkan beragam fitur lain yang tak kalah fungsional. Seperti swap RAM, dan optimasi prosesor.

Jadi jika ingin smartphone Android kalian tidak lemot. Silahkan langsung saja ya, praktikan cara-cara di atas. Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika Anda mempunyai saran dan masukan, Anda bisa menambahkannya di kolom komentar. Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Buat Android Kalian Ngebut, dengan Mengikuti Cara-Cara Berikut Ini. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon