Ikhtisar Excel

Ikhtisar Excel


Ikhtisar
Bab ini memberikan Anda gambaran tentang Excel. Struktur Excel terdiri dari dua bagian, Pita (Ribbon) dan Lembar (Sheet).

Lihatlah gambar di bawah ini. Ribbon ditandai dengan persegi panjang merah dan sheet ditandai dengan persegi panjang kuning:

Ikhtisar Excel

Pertama, mari kita mulai dengan menjelaskan Ribbon.


Penjelasan Ribbon

Ribbon memberikan pintasan ke commands Excel. commands adalah tindakan yang memungkinkan Anda membuat sesuatu terjadi. Ini bisa misalnya untuk: menyisipkan tabel, mengubah ukuran font, atau mengubah warna sel.

Pada awalnya, Ribbon mungkin terlihat ramai dan sulit dipahami. Jangan takut, itu akan menjadi lebih mudah dinavigasi dan digunakan seiring dengan pembelajaran Anda. Sebagian besar waktu kita cenderung menggunakan fungsionalitas yang sama berulang kali.

Ribbon terdiri dari Peluncur Aplikasi (App Launcher), Tabs, Groups, dan Commands. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan bagian-bagian berbeda dari Ribbon.

Penjelasan Ribbon

App Launcher

Ikon Peluncur Aplikasi memiliki sembilan titik dan disebut sebagai bilah navigasi Office 365. Ini memungkinkan Anda mengakses berbagai bagian dari suite Office 365, seperti Word, PowerPoint, dan Outlook. Peluncur Aplikasi dapat digunakan untuk beralih dengan lancar antara aplikasi Office 365.

Tabs

Tab adalah menu dengan subdivisi yang diurutkan ke dalam grup. Tab memungkinkan pengguna beralih dengan cepat antara opsi menu yang menampilkan kelompok fungsionalitas yang berbeda.

Groups

Groups adalah kumpulan commands terkait. Grup dipisahkan oleh garis vertikal tipis.

Commands

Commands adalah tombol yang digunakan untuk melakukan tindakan.

Sekarang, mari kita lihat sheet. Segera Anda akan dapat memahami hubungan antara Ribbon dan Sheet, dan Anda dapat membuat sesuatu terjadi.


Penjelasan Sheet

Sheet adalah kumpulan baris dan kolom. Ini membentuk pola yang sama seperti yang kita miliki dalam buku latihan matematika, kotak persegi yang terbentuk oleh pola disebut sel.

Nilai dapat diketik ke dalam sel.

Nilai dapat berupa angka maupun huruf:

Penjelasan Sheet

Setiap sel memiliki referensi uniknya, yaitu koordinatnya, di mana kolom dan baris saling berpotongan.

Mari kita pecah dan jelaskan dengan contoh

Lihatlah gambar di bawah ini. “Hello world” diketik di sel C4. Referensi dapat ditemukan dengan mengklik sel yang relevan dan melihat referensi di Kotak Nama di sebelah kiri, yang memberi tahu Anda bahwa referensi sel tersebut adalah C4.

Penjelasan Sheet

Cara lain untuk menemukan referensi adalah dengan pertama-tama menemukan kolom, dalam hal ini C, kemudian memetakkannya ke baris, dalam hal ini 4, yang memberi kita referensi C4.

Catatan: Referensi sel adalah koordinatnya. Misalnya, C4 memiliki koordinat kolom C dan baris 4. Anda menemukan sel di persimpangan keduanya. Huruf selalu merupakan kolom dan angka selalu merupakan baris.


Multiple Sheet / Lembar Ganda

Anda memulai dengan satu sheet secara default ketika Anda membuat buku kerja baru. Anda dapat memiliki banyak sheet dalam satu buku kerja. Sheet baru dapat ditambahkan dan dihapus. Sheet dapat diberi nama untuk memudahkan bekerja dengan set data.

Siap menghadapi tantangan? Mari kita buat dua sheet baru dan beri nama yang berguna.

Pertama, klik ikon tambah, seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah, buat dua sheet baru:

Multiple Sheet / Lembar Ganda

Tips: Anda dapat menggunakan pintasan Shift + F11 untuk membuat sheet baru. Cobalah!

Kedua, klik kanan dengan mouse pada sheet yang relevan dan klik rename:

Multiple Sheet / Lembar Ganda

Ketiga, masukkan nama yang berguna untuk tiga sheet:

Multiple Sheet / Lembar Ganda

Dalam contoh ini, kami menggunakan nama Data Visualization, Data Structure, dan Raw Data. Ini adalah struktur khas ketika Anda bekerja dengan data.

Bagus! Anda sekarang telah membuat buku kerja pertama Anda dengan tiga sheet yang diberi nama!


Ringkasan Bab

Buku kerja memiliki dua komponen utama: Ribbon dan Sheet / Lembar.

Ribbon digunakan untuk menavigasi dan mengakses commands.

sheet terdiri dari kolom dan baris, yang membentuk sel.

Setiap sel memiliki referensi uniknya. Anda dapat menambahkan sheet baru ke buku kerja Anda dan memberi nama pada mereka.

Pada bab-bab berikutnya, Anda akan belajar lebih banyak tentang sheet, formula, rentang, dan fungsi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *