Kata Mutiara Hari ini

Cara Mengatasi Trafik Blog Turun Perbaruan Algoritma 2019

Tags

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang fenomena trafik blog anjlok atau turun drastis setelah hari raya lebaran 2019. Hari Idul Fitri sudah terlewati, namun mendadak banyak yang kaget ketika jumlah pageviews pada blog menurun, banyak yang bingung kenapa jumlah view menurun.

Ketika trafik anjlok dan terjun bebas, publish adsense mengalami kesedihan karena dengan trafik yang menurun bisa dipastikan bahwa pendapatannya melalui tayangan iklan juga ikut menurun. Setelah lebaran kemarin banyak yang memposting di grup mempertanyakan kenapa jumlah trafik blog menurun, hingga pada akhirnya saya menulis artikel ini.

Visitor Blog Turun Setelah Lebaran 2019

Ada beberapa faktor mengapa jumlah pengunjung blog menurun, beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu karena kemungkinan Google sedang melakukan perbaikan dan update algoritma yang baru, kemudian bisa saja karena terdapat banyak broken link atau link yang error pada blog Anda, lalu bisa juga karena blog Anda dianggap spam oleh Google karena melakukan metode yang tidak direkomendasikan oleh Google.


Apa Penyebab Trafik Blog Turun?

Banyak yang bertanya-tanya kenapa pengunjung blog bisa turun atau terjun bebas, namun banyak yang masih bingung dengan masalah ini. Jika Anda termasuk salah satunya, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Berikut beberapa penyebab traik blog menurun.

Terdapat Link Error pada Blog

Link error atau yang biasa disebut sebagai broken link dampaknya sangat besar bagi blog, khususnya untuk blog yang sering memasukkan internal link maupun eksternal link ke dalam artikel maupun halaman lainnya, maka dari itu Anda harus selalu memperhatikan kesehatan blog Anda salah satunya dengan mengecek broken link.

Untuk cek blog Anda terdapat link error atau tidak, Anda bisa mengunjungi situs broken link checker, salah satu rekomendasi situs broken link checker adalah di brokenlinkcheck.com. Dengan melakukan pengecekan blog Anda pada situs di atas, maka Anda dapat mengetahui blog Anda terdapat link error atau tidak.

Jika blog Anda terdapat link error maka segera perbaiki link tersebut agar tidak terdeteksi sebagai broken link, lalu setelah memperbaiki link yang error selanjutnya cek kembali di situs broken link checker.

Artikel Tidak Original

Menjadi bloger memang bukan perkara yang mudah, kita dituntut harus lebih kreatif dan harus menghasilkan artikel fresh nulis sendiri, bukan tinggal copy-paste! Banyak yang mengatakan bahwa konten adalah raja, kata-kata tersebut memang benar.

Kita mencari tutorial atau browsing di internet pasti kita mencari konten, bisa berupa artikel ataupun video, maka dari itu buatlah konten yang lebih menarik dan lebih rinci agar pengunjung blog mudah memahami konten yang disajikan, apalagi konten tersebut yang dicari-cari oleh pengunjung.

Jika artikel tidak original maka bisa berdampak buruk bagi blog, karena Google sering dan berkala memperbarui algoritmanya pada mesin pencari. Blog yang berisi konten ilegel seperti copy-paste maka bukan tidak mungkin akan lenyap, tenggelam di mesin pencari.

Sebaiknya Anda mulai dari sekarang membuat artikel original menulis sendiri dengan gaya bahasa sendiri agar kebal terhadap setiap algoritma Google yang baru.

DA PA Rendah atau Menurun

DA singkatan dari Domain Authority dan PA adalah Page Authority. DA PA ini menjadi salah satu value untuk mengukur blog tersebut mempunyai kualitas baik atau kurang baik, semakin tinggi DA PA maka blog mempunyai kriteria yang baik di mata Google.

Bagaimana cara menaikkan DA PA blog? Caranya mudah sekali, Anda harus selalu giat menerbitkan artikel setiap hari, dan pastikan artikel yang Anda buat menempati posisi terbaik di mesin pencari, dengan begitu DA PA akan terbentuk dengan sendirinya.

Yang menjadi masalah bagi blog baru adalah bagaimana agar artikel ini bisa menempati posisi terbaik Google? Caranya mudah sekali, tipsnya adalah dengan membuat artikel yang mempunyai tingkat persaingan rendah (low competitor) dan tentunya dengan artikel yang berkualitas, maka artikel Anda bisa dipastikan akan menempati posisi terbaik di mesin pencari, lalu DA PA akan mulai terbentuk.

Bagaimana cara mengetahui tingkat persaingan artikel rendah atau tinggi? Caranya dengan melakukan riset keyword, untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca tentang cara mudah riset keyword.

Blog Mempunyai Backlink yang Buruk

Penyebab turunnya trafik blog bisa di karenakan adanya backlink yang mempunyai kualitas buruk. Backlink menjadi salah satu faktor yang dapat membuat blog menjadi berkualitas sehingga artikel yang di terbitkan dapat menempati peringkat teratas di mesin pencari.

Namun, jika backlink tersebut adalah backlink dengan kualitas buruk, maka blog Anda bisa mengalami penurunan reputasi di mata Google. Kriteria backlink yang baik adalah backlink dengan tipe dofollow, lalu situs yang menjadi backlink tersebut mempunyai DA PA yang tinggi dan mempunyai sedikit spam score.

Backlink yang bagus bukan melalui cara-cara yang tidak direkomendasikan oleh Google seperti memberikan link pada komentar blog, link pada profil di situs, dan lain-lain yang bisa dianggap sebagai spam oleh Google. Mungkin awalnya terlihat manis, akan tetapi lama-kelamaan jumlah visitor yang naik akan tetap turun jika melakukannya dengan cara yang salah.

Blog Terkena Penalty Google

Penalty Google adalah wujud sanksi dari Google karena pengguna melakukan kesalahan, biasanya karena adanya aturan yang dilanggar. Ada beberapa bentuk penalty dari Google diantaranya adalah Google Sandbox, Penalti langsung, dan Banned.

Sudah saya jelaskan di atas bahwa bermain blog dengan cara yang salah dapat membuat trafik blog menurun drastis, hingga yang paling fatal adalah dengan terkenanya penalty oleh Google. Beberapa penyebab blog terkena penalti adalah karena melanggar Gogle quality guidelines, blog terkena dampak dari perubahan algoritma Google yang baru, adanya artikel yang terdeteksi tidak original, backlink yang buruk, dan lain-lain.

Maka dari itu jadilah pengguna yang baik agar blog yang Anda kelola dapat bertahan lama di mesin pencari Google, sehingga pengguna akan tetap stabil dan justru bisa akan meningkat terus-menerus tergantung bagaimana yang Anda kelola. Untuk kesalahan lainnya, Anda perlu membaca Kesalahan Bloger Yang Jarang Disadari.

Bagaimana Cara Mengatasi Trafik Blog yang Turun?

Cara mengatasi trafik blog yang turun drastis bisa dikatakan mudah dan bisa dikatakan sulit tergantung kemauan Anda dan seberapa parah masalah pada blog Anda. Mulai dari awal yaitu terdapat link error pada blog, cara mengatasinya yaitu dengan cara cek terlebih dahulu di bagian mana yang terdapat link error, bisa dicek di situs broken brokenlinkcheck.com, lalu setelah itu perbaiki setiap link yang error.

Selanjutnya jika artikel Anda tidak origal, maka mulai sekarang Anda harus membuat artikel yang benar-benar original dengan menulis manual dan dengan gaya penulisan sendiri, bisa menulis ulang artikel orang namun jangan sampai sama, ambil sari patinya lalu tulis ulang dengan gaya penulisan yang berbeda dan tentunya tidak terdeteksi plagiat dan bebas dari copyscape.

Lalu jika DA PA Anda rendah Anda bisa lebih giat lagi menulis artikel setiap harinya, dan buatlah artikel sebaik mungkin dan tentunya berkualitas. Dengan artikel yang berkualitas akan membuat artikel Anda akan berada di posisi terbaik mesin pencari, sehingga DA PA akan muali terbentuk dengan sendirinya.

Kemudian untuk mengatasi backlink yang memiliki kualitas buruk, Anda bisa melakukan disavow pada backlink tersebut, sebelumnya cek backlink Anda dengan tool Moz atau tool lain yang dapat mengetahui backlink Anda, setelah itu pilih-pilih backlink yang mempunyai kriteria buruk, lalu lakukan disavow pada backlink tersebut.

Jika blog sudah terkena Penalty Google berarti ada yang salah dengan cara-cara yang Anda lakukan. Untuk itu Anda harus melakukan berbagai cara mulai dari awal lagi, saya pernah terkena penalti Google karena voer optimasi, cara yang saya lakukan dulu adalah dengan menghentikan aktivitas menulis di blog tersebut untuk beberapa saat.

Lalu saya mencari letak kesalahan pada blog saya dulu, ternyata terlalu banyak backlink yang saya bangun hingga dianggap sebagai spam. Akhirnya saya copot backlink satu-persatu dan melakukan sedikit perbaikan pada blog, hingga akhirnya blog saya dapat terindex kembali oleh Google. Bagi Anda yang belum memahami cara optimasi blog, Anda bisa membaca cara optimasi SEO onpage.

Itulah tadi artikel tentang visitor blog turun setelah lebaran dan cara mengatasinya. Jika Anda mempunyai saran dan masukkan, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan karena manusia tidak bisa luput dari kesalahan, mohon maaf lahir dan batin, semoga artikel ini bermanfaat.

Rekomendasi