Kata Mutiara Hari ini

5 Kesalahan Bloger Pemula Yang Jarang Disadari

Tags

Di zaman yang serba modern ini kita bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah melalui bisnis online, ada banyak sekali bisnis online yang bisa dijalankan bagi semua orang yang mau menjalankannya, salah satunya adalah menjadi bloger. Bloger adalah sebutan bagi para penulis online yang menulis pada situs blog pribadi.

Bloger berbeda dengan Blogger, banyak orang yang salah mengartikannya. Bloger adalah penulis blog, dan Blogger adalah sebuah platform blog yang digunakan untuk menampung hasil tulisan yang ditulis oleh Bloger. Ada banyak platform blog, beberapa diantaranya adalah Wordpress, Blogger, Joomla, Weebly, Thumblr, Wix, dan masih banyak lagi.

5 Kesalahan Bloger Pemula Yang Tidak Disadari

Namun, dari sekian banyaknya platform blog, banyak yang menggunakan Wordpress dan Blogger, menurut berdasarkan pantauan di grup Blogger. Dua platform tersebut kerap membingungkan bloger pemula yang ingin atau baru terjun di dunia blogging, Disini saya tidak akan membahas kelebihan dan kekurangan Wordpress dan Blogger, mungkin di lain waktu.

Banyaknya informasi mengenai pendapatan bloger yang mampu menghasilkan uang setiap bulannya membuat salah satu hobi ini diincar oleh banyak orang dan dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, banyak yang akhirnya tumbang karena merasa percuma dan buang-buang waktu.

5 Kesalahan Bloger Pemula Yang Tidak Disadari


Ini menjadi sebuah catatan yang harus benar-benar diingat oleh Bloger pemula yang ingin terjun di dunia blog. Menjadi Bloger itu tidak mudah, hanya orang-orang tertentu yang berani mengambil risiko menjadi Bloger, menjadi Bloger berani tidak mendapatkan gaji sebulan atau bahkan berbulan-bulan, dan berani konsisten untuk tetap menghasilkan konten di blog.

Banyak Bloger yang tidak menyadari kesalahan yang pernah ia perbuat, hingga akhirnya ia merasa gagal dan tidak ingin meneruskannya lagi. Berikut saya rangkum kesalahan Bloger pemula yang tidak disadari.

1. Fokus pada Tampilan


Biasanya Bloger pemula sangat mengutamakan tampilan blog agar terlihat indah saat dipandang. Banyak yang menambahkan berbagai macam wigdet yang tidak penting hingga membuat kecepatan blog menjadi lambat, contohnya widget jam, kalender, visitor, permainan, dan tidak jarang Bloger pemula menambahkan musik pada blognya.

Mengingatkan saya saat pertama kali memulai hobi saya di dunia blog pada tahun 2011, berbagai macam widget saya tambahkan ke dalam blog, mengubah tampilan cursor agar terlihat cantik, dan menambahkan lagu agar saat membuka blog akan otomatis pengunjung menderngarkan lagu yang disukai.

Sekali lagi, terlalu banyak widget dan menambahkan lagu ke dalam blog membuat kecepatan blog menjadi lambat, maka dari itu gunakanlah widget seperlunya saja. Contohnya seperti recent post, random post. dan subscribe email. Ketiga widget tersebut sangat penting dan berguna untuk pengunjung blog.

2. Sering Ganti Template


Kesalahan Bloger pemula berikutnya adalah sering mengganti template, ini hampir sama seperti pada nomor satu di atas yang mementingkan tampilang blog. Ada banyak sekali template yang bisa dipilih untuk blog kesayangan milik Anda pribadi, tetapi dari sekian banyaknya template blog pilihlah salah satu dan jangan menggantinya lagi.

Sering mengganti template dapat menyebabkan blog susah terindex oleh robot perayap mesin pencari, akhirnya blog susah ditemukan di pencarian mesin pencari. Blog itu yang paling utama adalah kontennya, tampilan nomor 2. Anda menggunakan template bawaan platform blog saja jika konten Anda bagus, maka artikel blog Anda bisa bersaing dan dapat menempati posisi terbaik di mesin pencari.

Maka dari itu mulai sekarang jangan terlalu sering mengganti template, beli template yang sekiranya cocok untuk blog Anda, atau Anda yang baru terjun di dunia blog bisa menggunakan template gratisan untuk blog, jika dirasa cocok, Anda bisa membeli template tersebut dengan versi berbayar.

3. Tidak Konsisten


Banyak bloger pemula yang hanya berfokus pada keindahan blog saja dan melupakan artikel yang justru lebih penting. Sudah saya katakan di atas tadi bahwa tampilan blog itu nomor dua, nomor satu adalah konten atau artikel yang kita publikasikan di blog.

Jika dulu Anda hanya fokus pada tampilan blog dan tidak konsisten untuk menulis artikel, maka mulai dari sekarang biasakan untuk tetap konsisten membuat artikel agar blog terlihat hidup sehingga akan baik di mata mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Buatlah jadwal untuk menulis artikel dan untuk kegiatan lainnya, biasanya saya menulis artikel saat pagi hari, namun jika tidak sempat maka saya lakukan di malam hari. Anda bisa mencoba melakukannya seperti saya, saya memilih pagi karena pikiran masih segar, dan malam hari karena saya lebih suka sunyi dan ketenangan.

Usahakan tetap konsisten, setiap hari satu artikel, atau 2 hari satu artikel. Jika artikel yang ditulis terlalu panjang, Anda bisa membuat kelanjutannya di artikel berikutnya, atau tetap dalam satu artikel. Namun, biasanya artikel yang sangat panjang sekitar 2000 kata ke atas, akan di posting setiap tiga hari sekali, seminggu sekali atau tergantung seberapa lama artikel itu selesai.

4. Tidak Memikirkan SEO


Saya tahu bahwa SEO itu seperti ilmu gaib yang tidak terlihat dan susah untuk dipelajari. Banyak Bloger pemula dan bahkan Bloger yang sudah lama pun ada yang masih bingung tentang SEO. SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization, atau optimasi blog untuk mesin pencari.

SEO dibagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah SEO Onpage, dan yang kedua adalah SEO Offpage. Anda bisa mempelajari tentang SEO di artikel Cara Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula. Pendukung SEO ada banyak sekali, salah satunya ialah Backlink, jika blog Anda mendapatkan Backlink bagus dari situs tertentu maka blog Anda akan bisa menempati posisi terbaik di mesin pencari.

Banyak orang yang berpikir bahwa SEO itu hanyalah keberuntungan, terlihat pada artikel bagus dan banyak mengandung kata, akan tetapi kalah dengan artikel abal-abal dan jumlah kata yang pendek, di posisi Google. Itu bukan menjadi sebuah hal yang kebetulan, mungkin blog dan artikel yang sudah diposting tersebut sudah berumur panjang hingga Google atau mesin pencari lainnya mengira bahwa blog tersebut dapat dipercaya.

Maka dari itu mulai dari sekarang sebaiknya untuk mempelajari ilmu SEO, karena jika hanya konsisten membuat artikel saja, tetapi tidak mementingkan SEO maka akan percuma, artikel dengan jumlah kata yang banyak akan kalah dengan artikel yang lebih sedikit jumlah katanya namun mementingkan SEO, contohnya seperti riset keyword. Baca cara riset keyword untuk pemula.

5. Mindset yang Salah


Bloger pemula kadang sangat berambisi untuk cepat mendapatkan pendapatan awal dari blog, biasanya orang-orang seperti inilah yang justru malah cepat bosan menggeluti dunia blog. Berbeda dengan orang yang mindset awalnya adalah untuk kesenangan atau untuk hobi semata, pasti akan bertahan lama.

Rubah mindset awal, jangan mempunyai pikiran kalau ngeblog itu bisa cepat dapat uang, rubah menjadi ngeblog adalah sebuah hobi. Ketika hobi yang dijalankan tidak mendapatkan apa-apa tetap akan merasa senang, berbeda dengan pikiran uang, uang, dan uang. Jika ngeblog untuk uang, saat beberapa bulan tidak mendapatkan uang maka akan bosan, tidak harus menunggu beberapa bulan, terkadang satu minggu saja sudah bosan.

Namun, jika blog Anda sekiranya sudah mempunyai pengunjung tetap, Anda bisa merubah blog Anda menjadi mesin uang, tentunya dengan dukungan iklan yang terpercaya. Ada banyak layanan iklan yang terbukti membayar dan membuat Bloger sejahtera, salah satunya ialah Google Adsense. Anda bisa mencobanya jika Blog Anda sudah mempunyai banyak visitor, dan tetap stabil dalam jangka waktu yang lama.

Itulah tadi artikel tentang 5 kesalahan Bloger pemula yang tidak disadari. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share dan bookmark artikel ini agar suatu saat jika ingin membacanya lagi membuka daftar bookmark. Jika ada saran, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. Mungkin itu dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Rekomendasi