GIMP, Aplikasi Photo Editor Gratis Alternatif Photoshop

Di zaman yang serba modern ini aplikasi photo editor sangatlah penting, karena sekarang ini memasuki zaman yang serba menggunakan aplikasi photo editor, seperti membuat leaflet, spanduk, baliho, kartu ucapan, cover Youtube, cover Blog, cover buku, dan masih banyak lagi.

Kita dapat melakukan pengeditan foto melalui smartphone atau komputer, namun agar hasilnya menarik dan memuaskan, kebanyakan para editor menggunakan perangkat komputer dalam pengeditan foto. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Photoshop, Photoshop memang menjadi aplikasi favorit untuk editor.

GIMP, Aplikasi Photo Editor Gratis Alternatif Photoshop - Rafsablog.id

Namun, untuk dapat menggunakan Photoshop sebagai aplikasi photo editor, kita diharuskan untuk membayar licensi karena aplikasi ini berbayar atau tidak gratis. Banyak orang yang mencari alternativ Photoshop untuk mengedit foto dengan kualitas tinggi, High Quality. Namun, masih banyak orang yang belum menemukannya.


Di sini Rafsablog, merekomendasikan aplikasi alternatif Photoshop, yakni GIMP sebagai aplikasi photo editor dengan kualitas yang bagus, tampilannya juga elegan dan terkesan sederhana, sehingga orang dapat dengan mudah untuk menggunakan atau mempelajarinya.

Apa itu GIMP?

GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program Program GNU yang berfungsi untuk Manipulasi Gambar. Aplikasi ini adalah program yang didistribusikan secara bebas atau open source untuk melakukan beberapa tugas seperti retouching foto, penulisan gambar, dan komposisi gambar. Untuk ketentuan penggunaan dan aturan sudah tercantum pada licensi publik umum GNU yang bisa dilihat di situs resminya.

GIMP, Aplikasi Photo Editor Gratis Alternatif Photoshop - Rafsablog.id


Apa kelebihan GIMP?

GIMP mempunyai kelebihan tersendiri yang membuat para penggunanya betah untuk menggunakan GIMP sebagai aplikasi photo editor, berikut kelebih an GIMP.

High Quality Photo Manipulation
GIMP menyediakan alat yang diperlukan untuk manipulasi gambar berkualitas tinggi. Dari retouching hingga restore hingga komposit kreatif, satu-satunya batasan adalah imajinasi Anda.

Original Artwork Creation
GIMP memberi para seniman kekuatan dan fleksibilitas untuk mengubah gambar menjadi kreasi yang benar-benar unik dan menarik.

Graphic Design Elements
GIMP digunakan untuk memproduksi ikon, elemen desain grafis, dan seni untuk komponen antarmuka pengguna dan maket.

Programming Algorithms
GIMP adalah kerangka kerja berkualitas tinggi untuk manipulasi gambar skrip, dengan dukungan multi-bahasa seperti C, C ++, Perl, Python, Skema, dan banyak maish banyak lagi.

Extensibility & Flexibility
GIMP menyediakan ekstensibilitas melalui integrasi dengan banyak bahasa pemrograman termasuk Skema, Python, Perl, dan banyak lagi. Hasilnya adalah tingkat penyesuaian yang tinggi seperti yang ditunjukkan oleh sejumlah besar skrip dan plug-in yang dibuat oleh komunitas.

Key Component in a Desktop Publishing Workflow
GIMP menyediakan fitur manajemen warna terbaik untuk memastikan produksi ulang warna dengan tingkat tinggi di media digital dan cetak. Cocok untuk digunakan atau kolaborasi dengan perangkat lunak gratis lainnya seperti Scribus, Inkscape, dan SwatchBooker.


Bagaimana cara install GIMP?

Baik, selanjutnya saya akan berbagi tutorial tentang cara install aplikasi GIMP di beberapa sistem operasi seperti Linux, Windows, dan OS X. Banyak yang menggunakan GIMP sebagai aplikasi photo editor karena tidak berbayar atau gratis, meskipun gratis tetapi aplikasi photo editor satu ini memiliki banyak fitur yang mumpuni untuk kegiatan mengedit foto, berikut langkah-langkah installasi GIMP.

Cara Install GIMP di Linux

Cara memasang GIMP di Linux cukup mudah, Anda bisa download aplikasi GIMP melalui software center, situs, resmi, atau bisa melalui terminal. Di sini saya menggunakan terminal karena efisien dan lebih simple, berikut cara install GIMP di beberapa distro Linux.

Ubuntu dan Debian
Sudo apt-get install gimp

Mandrive
urpmi gimp

Opensuse
yast -i gimp
atau
zypper in gimp

Fedora
yum install gimp

Setelah berhasil diinstall, kemudian untuk menjalankan GIMP di linux bisa menggunakan terminal dengan mengetikan perintah gimp, atau bisa juga melalui pencarian lalu ketik gimp.

Cara Install GIMP di Windows

Car memasnag aplikasi GIMP di Windows adalah download terlebih dahulu aplikasi GIMP di situs resminya.
  1. Pertama buka situs resmi GIMP, yaitu gimp.org/downloads.
  2. Kemudian pilih Microsoft Windows, lalu pilih download via Bittorrent aau direct, (agar lebih mudah maka download via direct).
  3. Setelah aplikasi GIMP berhasil di download, selanjutnya Anda bisa melakukan installasi seperti biasa.

Cara Install GIMP di OS X

GIMP juga tersedia pada sistem operasi OS X, berikut cara melakukan installasi GIMP di OS X.
  1. Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi GIMP di situs resminya, yakni gimp.org/downloads.
  2. Pilih OS X, kemudian pilih salah satu proses download melalui Bittorrent atau Direct (Direct lebih mudah).
  3. Setelah proses download selesai, maka buka folder Downloads dan buka file DMG yang baru saja di download.
  4. Anda akan melihat ikon Gimp saat membuka file DMG, selanjutnya ikon tersebut Anda tarik ke folder Applications dan tunggu hingga proses copying selesai.
  5. Lalu Anda bisa membuka aplikasi Gimp di folder Applications, ketika Anda mendapatkan peringatan Gimp tidak dapat dibuka, maka security & privacy belum disetting menjadi Open, lanjut ke langkah 6.
  6. Langkah berikutnya buka menu Apple lalu pilih System Preferences.
  7. Kemudian klik Security & Privacy, lalu klik Open.
  8. Setelah itu Anda sudha bisa menggunakan Gimp di OS X.

Itu tadi artikel tentang GIMP, Aplikasi Photo Editor Gratis Alternatif Photoshop. Dengan membaca artikel ini, diharapkan Anda dapat melakukan installasi Gimp di Linux, Windows, OS X dan menggunakannya sebagai aplikasi photo editor. Karena selain gratis, Gimp juga memiliki tampilan yang sederhana dan mudah di mengerti untuk pemula sekalipun, seperti saya ini.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaa, Anda bisa mengisi di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share agar teman-teman yang lain juga dapat mencoba aplikasi GIMP untuk mengedit foto. Jika terdapat kesalahan dalam pengetikan, mohon dimaafkan, semoga bermanfaat.
komentar