Kata Mutiara Hari ini

Tutorial Gimp: Cara Memotong / Crop Gambar

Halo pembaca setia Rafsablog, kali ini saya akan berbagi tutorial Gimp, yaitu tentang cara mudah memotong / crop gambar menggunakan GIMP. Ada banyak cara untuk memotong gambar menggunakan aplikasi, namun di sini saya akan membahasnya menggunakan aplikasi GIMP.

GIMP merupakan aplikasi foto editor kualitas bagus dengan menyajikan tampilan elegan dan juga sederhana, sehingga mudah untuk digunakan dan dipelajari. GIMP merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program, yaitu program yang mempunyai fungsi untuk memanipulasi atau mengedit gambar.

Cara crop gambar di Gimp - Rafsablog.id

Untuk lebih jelas tentang GIMP, Anda bisa melihat artikel berikut tentang apa itu GIMP? untuk kelebihan GIMP, Anda bisa membaca artikel tentang kelebihan GIMP. Kemudian bagi Anda yang belum menginstall GIMP di perangkat PC Anda, Anda bisa membaca artikel tentang cara installasi GIMP.

Cara Memotong Gambar di Gimp

Baik, cara crop gambar menggunakan Gimp sangat mudah sekali, berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Gimp di perangkat PC kesayangan Anda.
  2. Kemudian buka gambar dengan klik menu File > Open > pilih gambar.
    Cara crop gambar di Gimp - Rafsablog.id
  3. Setelah gambar muncul, Anda bisa memotong gambar dengan menggunakan tool yang disebut "Crop Tool." Klik tool tersebut untuk memotong gambar yang diinginkan.
    Cara crop gambar di Gimp - Rafsablog.id
  4. Selanjutnya Anda bisa menyeleksi gambar sesuai yang Anda inginkan.
    Cara crop gambar di Gimp - Rafsablog.id
  5. Setelah gambar terseleksi, langsung saja klik Enter maka secara otomatis gambar akan terpotong.
    Cara crop gambar di Gimp - Rafsablog.id

Mudah kan, cara crop gambar dengan menggunakan Gimp? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka Anda dapat memotong gambar di Gimp dengan mudah. Setelah gambar terpotong, Anda bisa menyimpannya dengan klik menu File > Export as (untuk menyimpan file baru).
Cara crop gambar di Gimp - Rafsablog.id

Itulah tadi artikel tentang cara mudah memotong / crop gambar di Gimp, jika Anda mempunyai pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini agar teman-teman yang lain juga mengetahui tutorial ini. Mungkin itu dulu artikel ini, semoga bermanfaat.

Rekomendasi