Cara Membuka Webmail Cpanel Melalui Aplikasi di Android

Halo pembaca setia Rafsablog, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara membuka webmail cpanel melalui aplikasi di Android. Email adalah kepanjangan dari electronic mail, dulu sebelum ada email orang-orang berkirim surat melalui kantor pos dan membutuhkan waktu beberapa hari bahkan beberapa minggu untuk sampai ke tujuan, tentunya sangat melelahkan untuk menunggu surat sampai ke tujuan.

Di zaman modern saat ini kita sudah dimanjakan oleh perangkat lunak yang bernama email, kita dapat mengirim surat kepada orang yang bertempat tinggal jauh, sampai ke luar negeri sekalipun dengan email kita bisa berkirim surat dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik agar pesan sampai ke tujuan jika tidak terdapat masalah dalam server.
Cara Membuka Webmail Cpanel di Android

Saat ini terdapat layanan email gratis yang sudah tersedia, seperti Gmail dan Yahoo. Gmail dan Yahoo memberikan layanan sebuah email gratis kepada penggunanya. Namun jika kita menggunakan produk Gmail ataupun Yahoo pasti email kita berakhiran @gmail.com atau @yahoo.co.id / @yahoo.com. Jika kita ingin menggunakan nama sesuai keinginan maka kita harus memiliki sebuah hosting terlebih dahuludan tentunya dengan nama domain.

Disini saya akan membagikan tutorial tentang cara membuka webmail dari cpanel lewat android. Biasanya jika kita ingin membuka webmail kita harus membuka cpanel atau control panel terlebih dahulu lalu kita dapat membuka webmail. Jika kita harus membuka ini dan itu mungkin rasanya sungguh merepotkan, mungkin ada sebagian yang sudah tau tentang hal yang akan saya bahas ini, namun tidak sedikit juga orang yang belum tahu, maka dari itu saya membuat artikel ini.

Cara Setting Manual Email di Android dengan Aplikasi Gmail


Sebelumnya usahakan Anda sudah mempunyai hosting dan sudah membuat akun email dengan menggunakan nama domain milik Anda sendiri, disini saya menggunakan aplikasi Gmail yang bisa Anda download di Google Play Store, dan berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama jika Anda belum mempunyai aplikasi Gmail, Anda bisa download terlebih dahulu di Google Play Store, tetapi biasanya Gmail aplikasi bawaan yang sudah terdapat di perangkat smartphone android *hehe.
  2. Langkah selanjutnya buka aplikasi Gmail di perangkat smartphone kesayangan Anda.
  3. Setelah aplikasi terbuka selanjutnya klik tombol more di pejok kiri atas, lalu pilih Setelan kemudian klik Tambahkan akun.
    Cara Membuka Webmail Cpanel di Android
  4. Karena menggunakan email custom dari nama domain sendiri, jadi langkah selanjutnya pilih Lainnya, kemudian masukkan email Anda, lalu klik Berikutnya.
    Cara Membuka Webmail Cpanel di Android
  5. Lalu pilih Pribadi (POP3), kemudian Anda akan disuruh untuk memasukkan kata sandi. Masukkan kata sandi dari email yang Anda masukkan sebelumnya, lalu klik Berikutnya.
    Cara Membuka Webmail Cpanel di Android
  6. Setelah itu pada bagian "Server" isi dengan url server email, jika Anda bingung Anda bisa membuka kembali pesan masuk yang dikirimkan pihak layanan web hosting saat Anda membuat akun webmail, supaya mengetahui url server email, kemudian klik Berikutnya.
  7. Pada bagian "SMTP" masukkan url alamat server email seperti langkah sebelumnya, lalu klik Berikutnya.
    Cara Membuka Webmail Cpanel di Android
  8. Lalu selanjutnya masuk pada bagian Opsi akun, lebih baik menggunakan settingan default, namun jika Anda ingin mengubahnya juga tidak apa-apa, lalu klik Berikutnya.
  9. Setelah itu Anda akan disuruh untuk mengisi nama, isikan nama Anda kalau sudah lalu klik Berikutnya.
    Cara Membuka Webmail Cpanel di Android
  10. Selesai, setelah Anda selesai men-setting manual email di aplikasi Gmail ini, Anda bisa membuka email melalui aplikasi Gmail di android.

Sekarang tanpa membuka webmail dari cpanel, Anda bisa membuka email di android dengan menggunakan aplikasi Gmail, sehingga cukup simple dan mempermudah dalam membuka email.

Itulah tadi artikel tentang cara membuka webmail cpanel melalui aplikasi di android, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau sebuah pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika terdapat kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan karena manusia tidak bisa luput dari kesalahan. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :

Rekomendasi