Cara Buat NIRA (Surat Keterangan Patuh Etika Profesi) Daftar STR Perawat 2019

Tags

Selamat malam para pembaca setia artikel Rafsablog.id
Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendapatkan NIRA yang terdapat dalam Surat Keterangan Patuh Etika Profesi yang merupakan syarat dokumen upload saat pendaftaran online melalui ktki.kemkes.go.id


Melanjutkan dari 2 artikel tentang bagaimana mendaftar STR dengan sistem baru 2019 ini. Bisa klik link di bawah ini

Setelah saya buat 2 artikel tersebut ternyata banyak pertanyaan yang muncul. Salah satunya adalah cara mendapatkan NIRA dan jika belum bekerja perlukah NIRA tersebut.

NIRA adalah Nomor Induk Registrasi Anggota tentu bagi perawat anggota yang dimaksudkan adalah anggota dari PPNI. PPNI sendiri adalah Persatuan Perawat Nasional Indonesia yang merupakan wadah bagi perawat. Terdapat kebijakan yang telah dibuat oleh PPNI bagi perawat diantaranya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPNI disebutkan pada Pasal 6 menjelaskan bahwa PPNI adalah satu-satunya Organisasi Profesi Perawat Indonesia yang merupakan wadah kesatuan Perawat Indonesia. 



Begitu juga yang dijelaskan pada UU No 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan pada Pasal 41 Ayat (1) disebutkan bahwa Organisasi Profesi Perawat di bentuk sebagai wadah yang menghimpun perawat secara nasional dan berbadan hukum yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan  profesi perawat serta memberdayakan perawat dalam rangka menunjang pembangunan nasional.  

Salah satu bukti bahwa perawat tersebut telah menjadi anggota profesi yaitu dengan telah teregistrasinya perawat bersangkutan dalam keanggotaan PPNI dengan memiliki NIRA (Nomor Induk Registrasi Anggota). Data tersebut tidak saja diperlukan dalam membuat kebijakan dan pengembangan bidang keperawatan dimasa akan datang, tetapi juga bermanfaat memberikan informasi berkaitan dengan segala aktivitas praktek perawat yang dapat meningkatkan kemampuan keprofesian perawat.

Dapat ditarik kesimpulan, dengan adanya NIRA berarti seorang perawat tersebut sudah terdaftar sebagai anggota di PPNI. Sehingga perawat tersebut akan lebih banyak dapat akses ilmu dan jaringan sesama perawat juga dapat perlindungan hukum selama praktik keperawatan. Lalu, bagaimana cara membuat NIRA ini?

Pertama, bukalah  https://ppni-inna.org dan pilihlah pada menu registrasi

Kedua, pilihlah perawat dalam negeri. Jika salah memilih dan data sudah masuk ke pusat, akan mempengaruhi biaya yang akan di transferkan nanti. Usahakan teliti ya.

Ketiga, jika memilih perawat dalam negeri akan ada tampilan seperti ini. Perhatikan pertanyaan dengan tanda seperti ini (*) maka harus diisi. Isilah data ini sesuai dengan identitasmu, perhatikan dengan teliti dan jangan sampai ada yang salah ketik.

Keempat, nah inilah yang biasanya jadi dilema ketika mengisi. Komisariat ini salah satu fungsinya adalah mendapatkan informasi yang benar bagi perawat mengenai organisasi. Saat pembuatan NIRA, diisi sesuai dengan wilayah kerja. Apabila belum bekerja dan diharuskan mengisi, maka untuk sementara isilah dengan wilayah sesuai rumah. Informasi pengisian komisariat ini pun saya dapatkan dari PPNI setempat.

Setelah itu, isilah semua data yang diminta. Termasuk email, pastikan email sudah benar dan dapat dibuka/log in. Jangan lupa cek ulang data yang sudah diisi, jika sudah benar. Klik "Daftarkan" pada bagian paling bawah. Setelah itu bukalah email yang telah didaftarkan tadi. Akan ada 4 email masuk. Carilah email yang berisi kode VA (Virtual Account). Dalam email itu pun ada total biaya yang harus dibayarkan yaitu Rp.360.000,- yang terdiri dari:
Setelah transfer, akan ada email keempat yang berisi user id, NIRA, dan password. Maka setelah itu hanya perlu kembali ke web https://ppni-inna.org lalu pilih "Membership" lalu log in dengan data dari email tadi. Lalu pilihlah "Komisi Etik" dan download file atau langsung print out

Siapkan materai 6000 dan bulpoin untuk tanda tangan. Setelah itu kembali di scan dalam bentuk .pdf kemudian upload kembali sebagai syarat memenuhi pendaftaran online di web ktki.kemkes.go.id 

Sumber:

Cukup sekian, semoga bisa membantu^^
Happy Nice Day^^
Be success for All.

Artikel Terkait

Seorang manusia biasa yang selalu penasaran dengan hari esok.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon