Selasa, 23 Januari 2018

Cara Mengembalikan File yang Hilang pada Flashdisk Karena Virus



Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang bagaimana cara mengembalikan file yang hilang pada flashdisk akibat virus. Virus komputer adalah perangkat lunak jahat yang menyerang perangkat keras komputer, selain menyerang komputer virus juga bisa menyerang perangkat penyimpanan portable seperti flashdisk. Biasanya virus menyerang melalui website yang mengandung malware ataupun penyebarannya bisa melalui flashdisk ketika mencolokkan pada usb port yang sama di komputer.

Biasanya kebanyakan virus yang menyerang flashdisk adalah virus yang hanya menyembunyikan file atau menghidden file sehingga file tidak terlihat ketika flashdisk dibuka lewat windows explorer atau file manager. Anda bisa melihat ukuran kapasitas flashdisk dengan membuka properties pada flashdisk apakah full free space atau terdapat used space yang artinya terdapat urang yang sedang digunakan. Jika terdapat used space tetapi tidak ada file yang berada di flashdisk, maka bisa dipastikan file tersebut disembunyikan oleh virus.

Cara Mengembalikan File yang Hilang pada Flashdisk Karena Virus

Cara mengembalikan file yang hilang pada flashdisk ini kita bisa menggunakan Command Prompt atau biasa di sebut CMD. CMD ini adalah sebuah software perangkat lunak komputer yang sudah disediakan oleh pihak microsoft pada sistem operasi windows. Kita bisa menggunakan CMD untuk keperluan apapun, karena CMD ini berfungsi untuk membaca perintah yang dimasukkan user dan mengeksekusinya.

Cara Mengembalikan File yang Hilang pada Flashdisk Karena Virus


Tapi sebelum menggunakan CMD kita bisa menggunakan cara Show Hidden File, yaitu sebuah cara untuk menampilkan file-file yang tersembunyi (hidden) pada sistem operasi windows. Cara mengembalikkan file yang hilang pada flashdisk dengan show hidden file pada windows, berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Langkah pertama adalah dengan membuka windows explorer atau bisa menekan tombol Windows+E pada keyboard.

Langkah 2: Lalu langkah berikutnya klik menu Tools, lalu pilih Folder options.
Cara Mengembalikan File yang Hilang pada Flashdisk Karena Virus

Langkah 3: Kemudian akan muncul jendela baru Folder options, lalu pilih tab View dan pada bagian "Hidden files and folders" klik Show hidden files, folders, and drives. Lalu klik Apply dan OK.
Cara Mengembalikan File yang Hilang pada Flashdisk Karena Virus

Sekarang anda bisa membuka dan mengetahui file atau folder yang ke hidden. Ada cara lain selain lewat windows explorer, yaitu menggunakan CMD. Jika ada yang tidak wajar pada flashdisk anda, anda bisa mencoba cara menampilkan file yang ke hidden ini lewat CMD atau Command Prompt. Caranya bagaimana? Oke langsung saja langkah-langkahnya seperti berikut ini.

Baca juga: Cara Berbagi File dari Hp ke PC/Laptop dengan SHAREit

Langkah 1: Pertama anda buka terlebih dahulu command prompt dengan cara menekan tombol "windows+R" lalu ketik "cmd" dan enter, atau bisa lewat start button lalu ketik "cmd" dan enter.

Langkah 2: Lalu cari letak drive mana yang ingin di tampilkan semua isi filenya, anggap saja kita akan menampilkan file yang ke hidden pada flashdisk drive E. Maka kita tujukan ke direktori E dengan cara ketik e: pada cmd lalu enter.

Langkah 3: Setelah berpindah ke direktori E, lalu ketikkan attrib -r -a -s -h *.* /s /d dan enter.
Cara Mengembalikan File yang Hilang pada Flashdisk Karena Virus

Langkah 4: Selesai, dan anda bisa mengecek pada drive E atau letak flashdisk tersebut dan anda bisa melihat file yang ke hidden.

Sekarang Anda bisa melihat file-file yang sebelumnya menghilang dari flashdisk. Jika cara di atas masih belum bisa mengembalikan file yang hilang pada flashdisk, Anda bisa mencoba menscan flasdisk Anda menggunakan Antivirus seperti Smadav untuk antivirus lokal atau Anda bisa menggunakan antivirus pilihan Anda.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mengembalikan file yang hilang pada flashdisk karena virus.
Semoga Bermanfaat :)

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kiriman artikel secara gratis via Telegram bisa klik link tautan berikut: Berlangganan Via Telegram

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mengembalikan File yang Hilang pada Flashdisk Karena Virus. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

2 komentar

Kalau antivirus yang bagus buat ngilangin virus nya apa ya gan? Atasan saya laptopnya ada virusnya dan karena orang penting flash nya kalau di kasih ke kami-kami para bawahannya selalu menyebar deh virusnya...

banyak jenis virus gan, bisa juga diatasi dengan antivirus lokal seperti smadav, atau bisa juga memakai antivirus avast, teteapi avast auto kill. biasanya aplikasi yang terdeteksi sebagai virus langsung di hapus oleh avast dan masuk di karantina.

sebaiknya pasang antivirus dan selalu di update antivirusnya, lalu pasang juga aplikasi yang bernama flashdisk defender pada semua komputer termasuk komputer atasan dan komputer lainnya agar aman dari virus flashdisk :)

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon