Kamis, 18 Januari 2018

Cara Menghidupkan dan Mematikan PC/Laptop dengan Benar

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang cara menghidupkan dan mematikan komputer/laptop dengan benar. Komputer adalah salah satu benda elektronik yang kini sangat dibutuhkan masyarakat dalam membantu pekerjaannya, seperti guru untuk membuat rapor, pelajar atau mahasiswa untuk membuat makalah, sampai pekerja kasir pun juga membutuhkan komputer untuk melayani pembelinya.

Di zaman yang sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi, contoh sudah tidak asing lagi ini adalah terciptanya lapangan pekerjaan yaitu warnet sudah mulai tersebar dimana-mana, dan perorangan pun seperti pelajar/mahasiswa kini hampir semuanya memiliki sebuah komputer/laptop. Banyak kegunaan dari komputer, selain untuk bermain game, komputer juga bisa digunakan untuk membuat software atau perangkat lunak untuk komputer itu sendiri, untuk mengedit dan menulis kata, untuk mengolah angka, untuk mendengarkan musik, mengedit lagu maupun video, untuk berselancar di internet seperti Anda yang bisa membaca artikel ini, dan masih banyak lagi kegunaan dari komputer.
Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar

Meskipun komputer kini sudah tidak asing lagi, ada orang yang masih belum paham tentang bagaimana cara menghidupkan dan mematikan komputer/laptop dengan benar. Entah itu karena di sengaja atau faktor ketidak tahuan si pemilik komputer. Mengingatkan saya dulu saat pertama kali mempunyai komputer, saya bingung cara menghidupkan dan mematikan sebuah komputer. Bagi orang yang belum tahu tentang bagaimana caranya menghidupkan dan mematikan komputer, tidak ada yang salah karena dia belum tahu dan belum paham.

Menurut riset keyword saya beberapa hari yang lalu masih banyak yang searching di mesin pencari khususnya google dengan menggunakan keyword "cara menghidupkan dan mematikan komputer." Terus buka artikel ini menggunakan apa? Mungkin menggunakan smartphone. Baik, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar.

Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar

Mulai dari cara menghidupkan komputer, langkah-langkahnya seperti berikut.

Langkah 1: Saya anggap komputer disini sudah satu paket rangkaian yang terhubung, seperti monitor dan komputer sudah terhubung ke stabilizer. Langkah pertama, colokkan kabel stabilizer ke stop kontak. Untuk laptop Anda bisa langsung menghidupkannya dengan menekan tombol power.

Langkah 2: Hidupkan stabilizer, lalu hidupkan monitor dan komputer/CPU dengan menekan tombol power untuk menyalakannya.

Langkah 3: Tunggu proses booting hingga selesai. Dan komputer siap untuk digunakan.

Cara Mematikan Komputer dengan Benar

Jika tadi sudah menghidupkan komputer, sekarang cara mematikannya. Disini saya menggunakan sistem operasi windows, karena kebanyakan orang lebih familiar dengan sistem operasi ini. Dan sebelum mematikan komputer diharapkan untuk mengeluarkan semua aktifitas program aplikasi yang berjalan.

Cara mematikan komputer pada sistem operasi Windows Xp dan dan Windows 7
Untuk mematikan komputer yang menggunakan windows Xp/7, bisa dengan mengklik tombol Start Button > kemudian klik Shutdown.

Cara mematikan komputer pada sistem operasi Windows 8
Pada windows 8 sedikit berbeda dengan windows sebelumnya, yaitu dengan cara mengarahkan cursor atau mouse ke pejok kanan hingga muncul beberapa menu > lalu klik Setting > Kemudian klik Power > Dan pilih Shutdown.

Cara mematikan komputer pada sistem operasi Windows 10
Di Windows 10 hampir sama seperti Windows Xp atau Windows 7 tetapi masih memegang erat tema Windows 8, karena menurut sumber yang saya baca memang Windows 10 ini gabungan antara Windows 7 dan Windows 8. Langkah mematikannya seperti berikut; klik tombol Windows Button/Start Button > Klik logo Power yang berada pada pejok kiri > Kemudian pilih Shutdown.

Cara mematikan komputer pada sistem operasi Windows Xp, 7, 8, dan 10
Pada cara ini bisa digunakan di semua versi windows, dan cara ini lebih simpel dari cara-cara di atas. Anda bisa mencobanya. Berikut langkah-langkahnya, pertama tekan tombol ALT dan F4 secara bersamaan (ALT+F4) > Kemudian muncul jendela baru dan Anda pilih Shutdown > Lalu klik OK.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara menghidupkan dan mematikan PC/Laptop dengan benar.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Menghidupkan dan Mematikan PC/Laptop dengan Benar. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon