Selasa, 28 November 2017

Cara Menonaktifkan Firewall di Windows 7, 8, 10

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan membagikan tutorial tentang cara menonaktifkan firewall di windows 7, 8, dan 10. Sebelumnya apa itu firewall? Firewall adalah sebuah program atau sistem yang dirancang untuk mencegrah terjadinya akses yang tidak diinginkan memasuki dalam jaringan lokal atau jairngan pribadi (private network).

Ada banyak fungsi dari firewall, firewall berfungsi untuk mengatur, memfilter, dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan pribadi atau private network yang di lindungi oleh firewall. Firewall adalah sebuah sistem yang berperan aktif dalam menangkal akses yang tidak diijinkan juga menjaga keamanan pada komputer.

Firewall adalah software perangkat lunak bawaan windows yang dikhususkan pada keamanan komputer. Firewall tidak seperti software aplikasi antivirus atau antimalware, antivirus berfungsi untuk menangkal dari serangan virus, lalu antimalware berfungsi untuk menangkal dari serangan malware, sedangkan firewal berfungsi untuk memproteksi komputer dari serangan worm dan hacker.

Cara menonaktifkan firewall di windows 7, 8 ,10

Jika Anda selalu terhubung dengan jaringan misalnya adalah jaringan internet, firewall ini selalu mengawasi aktifitas pada komputer. Jika ada aktifitas yang mencurigakan yang sekiranya ingin mengakses data tanpa sepengetahuan dari pemilik dan tidak mendapatkan ijin atau akses yang tidak sah, maka firewall akan memblock atau menangkal aktifitas tersebut yang dianggapnya adalah berbahaya.

Sistem operasi windows mempunyai software keamanan firewall bawaan yang berfungsi untuk mangkal atau mencegah akses yang tidak sah, selain itu firewall juga membatasi aktifitas pada komputer. Dampaknya ada beberapa aktifitas yang membuat konflik dengan firewall pada windows, hal ini mengharuskan kita untuk menonaktifkan atau mematikan firewall pada windows untuk melakukan aktifitas yang sebelumnya di block oleh firewall.

Yang harus kita perhatikan sebelum mematikan firewall di windows adalah komputer harus dalam keadaan aman atau tidak sedang terhubung dengan internet untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu. Atau sebelumnya Anda memasang antimalware pada komputer, itu lebih baik atau antivirus yang memproteksi komputer saat terhubung dengan internet.

Cara Menonaktifkan Firewall di Windows

Cara menonaktifkan atau mematikan firewall pada windows 7, 8, 10 sebenarnya sama, disini rafsablog menggunakan sistem operasi windows 7. Oke langkah-langkahnya seperti berikut.

Langkah 1: Sebelumnya Anda harus masuk Control Panel terlebih dahulu di windows, kemudian pada Control Panel pilih System and Security.
Cara Menonaktifkan Firewall di Windows 7, 8, 10

Langkah 2: Lalu Anda pilih Windows Firewall, kemudian Anda klik Turn Windows Firewall on or off yang berada di sebelah kiri.
Cara Menonaktifkan Firewall di Windows 7, 8, 10

Cara Mematikan Firewall di Windows 7, 8, 10

Langkah 3: Di bagian "Home or work (private) network location settings" dan "Public network locaion settings", Anda tinggal pilih Turn off Windows Firewall (not recommended), lalu klik OK. Kira-kira seperti gambar di bawah ini.
Cara Mematikan Firewall di Windows 7, 8, 10


Atau jika Anda ingin cara yang lebih simpel, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini, caranya hampir sama tetapi hanya di awal yang berbeda:

Langkah 1: Klik Start Button, lalu ketikkan "windows firewall" pada kotak pencarian windows, lalu pilih Windows Firewall pada kelompok "Control Panel".
Cara Mematikan Firewall di Windows 7, 8, 10

Langkah 2: Saat Jendela Windows Firewall muncul, Anda pilih Turn Windows Firewall on or off.

Langkah 3: Lalu seperti cara sebelumnya tadi, pada bagian Home or work (private) network location settings dan Public network locaion settings, Anda pilih Turn off Windows Firewall (not recommended), kemudian klik OK.

Sekarang windows Anda sudah di matikan firewallnya dan Anda bisa memulai aktifitas yang inginkan tanpa ada konflik dengan firewall.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara menonaktifkan firewall di windows 7, 8, 10.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Menonaktifkan Firewall di Windows 7, 8, 10. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon