Kamis, 23 November 2017

Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary pada Partisi Harddisk

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan membagikan tutorial tentang cara mengubah simple volume menjadi primary/Logical pada windows xp, 7, 8, dan 10. Mengutip dari dunovteck.wordpress.com, simple volume atau volume sederhana adalah setara dinamis-disk dari partisi primer dan drive logis pada disk dasar ditemukan. Ketika membuat volume sederhana, menjaga poin dalam penyimpanan.  Jika Anda hanya memiliki satu disk dinamis, Anda dapat membuat hanya Simple Volume.

Anda dapat meningkatkan ukuran Simple Volume untuk memasukkan ruang yang tidak terisi pada disk yang sama atau pada disk yang berbeda. Volume harus diformat atau diformat dengan menggunakan NTFS. Anda dapat meningkatkan ukuran.

Biasanya simple volume terjadi ketika setelah selesai melakukan shrink pada volume disk. Pengalaman saya pernah melakukan shrink untuk membagi sebuah partisi, dan partisi tersebut akan saya buat menjadi dualboot untuk linux, tetapi yang terjadi di luar dugaan saya karena dari primary partition menjadi simple volume.

Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary

Saya pikir itu tidak ada pengaruhnya untuk installasi linux, lalu saya mencoba menginstall linux dan yang terjadi malah partisi saya tidak terdetect yang tadi akan saya install linux. Lalu saya baca-baca artikel dan menemukan tutorial tentang cara mengubah simple volume menjadi primary/logical di harddisk. Lalu saya coba terapkan dan ternyata bisa.

Dari pengalaman tersebut akhirnya saya mempunyai ide untuk dibuat menjadi sebuah artikel, mungkin banyak juga yang mengalami problem seperti ini saat melakukan shrink partisi di windows. Oke berikut adalah cara mengubah simple volume menjadi primary/logical di harddisk.

Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary/Logical


Langkah 1: Pertama Anda download terlebih dahulu bahannya yang bernama Dynamic Disk Converter Pro | 3.76MB

Langkah 2: Lalu install software tersebut kemudian jalankan softwarenya.

Langkah 3: Saat software terbuka ada 2 (dua) pilihan yang method 1 dan method 2, lalu pilih method 1 yaitu convert a dynamic back to basic disk, kemudian klik Next.
Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary

Langkah 4: Lalu dan centang partisi harddisk yang akan diubah menjadi primary partition, kemudian klik Next.
Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary

Langkah 5: Klik next dan tunggu proses convert dari simple volume menjadi primary selesai.

Langkah 6: Jika proses converting sudah selesai silahkan restart PC atau Laptop Anda agar harddisk merefresh menjaid primary partition.

Selamat, sekarang tipe partisi pada harddisk Anda sudah menjadi primary partition.
Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary

Mungin itu dulu artikel kali ini tentang cara mengubah simple volume menjadi primary/logical pada partisi harddisk.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary pada Partisi Harddisk. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon