Jumat, 03 November 2017

Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android

Tags

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan membahas sekaligus mereview sebuah aplikasi yang bernama Benux, aplikasi belajar linux di android. Linux adalah sebuah sistem operasi berbasis teks yang menurut saya tidak banyak orang yang menggunakannya, karena banyak yang berpendapat bahwa sistem operasi linux itu adalah sistem operasi berbasis teks yang sulit untuk digunakan.

Linux jaman dulu sama linux jaman sekarang itu sudah beda. Memang benar jika linux jaman dulu menggunakan full teks, tetapi linux di jaman sekarang sudah menggunakan yang namanya Desktop Environment. Desktop Environment ini juga banyak jenisnya, mulai dari Gnome, Unity, Cinnamon, dan lain-lain. Meskipun berbasi teks, kita tetap bisa menggunakan linux dengan metode klik seperti pada sistem operasi windows yang saat ini menjadi sistem operasi populer di kalangan masyarakat.

Baca juga: Youtube Go, Aplikasi Hemat Kuota Untuk Streaming Video Youtube di Android

Sistem operasi linux awalnya di khususkan untuk sistem operasi jaringan, seiring perkembangan jaman, sekarang linux bisa digunakan untuk desain grafis, bermain game dan lain-lain. Untuk yang suka pentest web atau jaringan sangat di wajibkan untuk menggunakan sistem operasi linux karena memang linux di khususkan untuk jaringan.

Linux sekarang bisa digunakan untuk keperluan perkantoran dan kebutuhan lainnya, dengan adanya Desktop Environment kita bisa menggunakan sistem operasi linux dengan mudah, tetapi juga kadang menggunakan perintah lewat terminal untuk menjalankan aplikasi di linux. Tapi jangan khawatir, sekarang belajar linux itu mudah karena sudah ada yang namanya internet. Di internet kita bisa mencari tutorial banyak sekali tentang linux.

Disini rafsablog akan memperkenalkan aplikasi yang bernama Benux, aplikasi belajar linux di android. Mungkin dari kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Tetapi mungkin masih banyak juga yang belum mengetahui aplikasi Benux ini.

Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android

Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android

Benux (Belajar Linux) adalah aplikasi pembelajaran tentang sistem operasi linux, berisi konten tentang pengertian, distro, command / perintah, dan tutorial konfigurasi server linux. Pembuat dan penemu BeNuX (Belajar Linux) ini adalah Wahyu Hidayat, beliau mengembangkan aplikasi ini untuk tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk memperkenalkan linux sekaligus menjadi bahan pembelajaran bagi orang yang ingin migrasi ke sistem operasi linux.

Baca juga: All Football, Aplikasi Sepak Bola Terbaru dan Komprehensif

Pada aplikasi Benux terdapat beberapa menu untuk pembelajaran yaitu; Beranda, Distro linux, Desktop linux, Tutorial linux, Perintah dasar linux, dan perintah menengah linux.

Beranda
Pada menu beranda ini, ketika kita membuka aplikasi Benux pertama kali sudah di suguhkan beberapa pengertian dalam dunia linux. Anda bisa mengenal pengertian tentang linux dan istilah di dunia linux di menu ini.
Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android


Distro Linux
Yang pertama adalah menu Distro linux. Pada menu ini Anda disuguhkan dengan beberapa distro linux, diantaranya; Debian, Ubuntu, Linux Mint, Open Suse, Fedora, Kali Linux, Parrot Sec, Backbox, Arch Linux, Remix OS, DracOS, BlankOn, Elementary OS, dan Zorin OS. Anda bisa mengenal beberapa distro linux di menu ini.
Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android

Desktop Linux
Kemudian menu Desktop linux. Di menu ini Anda dikenalkan dengan beberapa jenis Desktop Environment yang tadi sudah sedikit saya singgung di atas. Beberapa desktop tersebut adalah Gnome, Unity, Cinnamon, Xfce, Lxde, dan Mate. Anda bisa mengenal jenis desktop pada menu ini.
Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android

Tutorial Linux
Di menu tutorial linux ini Anda dikenalkan dengan berbagai cara konfigurasi di linux, mulai dari Konfigurasi Jaringan, Repository Linux, Install DHCP Server, Install DNS Server, Install FTP Server, Install Mail Server, Install Samba Server, Install SSH Server, Install VPN Server, dan Install Web Server. Anda bisa belajar tentang konfigurasi di sistem operasi linux di menu ini.
Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android

Perintah Dasar Linux
Pada menu perintah dasar linux, terdapat perintah dasar yang wajib anda ketahui dan pahami perintahnya bagi Anda yang benar-benar ingin bermigrasi ke sistem operasi linux.
Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android

Perintah Menengah Linux
Setelah Anda memahami dan menguasi perintah dasar linux, anda bisa memperlajari perintah menengah linux. Pada menu ini Anda bisa mempelajari perintah mengah dari sistem operasi linux. Biasanya perintah menengah ini paling banyak digunakan dalam aktifitas di linux.
Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android

Jika Anda ingin melihat lebih detil info pembuat dan penemu aplikasi BeNuX ini, Anda bisa ke menu Tentang. Di menu tersebut anda bisa melihat info tentang aplikasi Benux sekaligus juga bisa melihat sosial media dari sang pembuat.
Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

2 komentar

cara nambahin embed google play gimana ya ? kaya yg di bawah tulisan ini "Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang Benux, Aplikasi Belajar Linux di Android.
Semoga Bermanfaat :)"

agan bisa lihat di artikel tentang cara membuat tombol download seperti jalantikus.

http://www.rafsablog.id/2017/11/membuat-tombol-download-seperti-jalantikus.html

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon