Selasa, 10 Oktober 2017

Cara Mengganti Tema di Blogspot dengan Mudah

Tags

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang cara mengganti tema blog. Awalnya saya mengira kalau semua blogger itu sudah tau caranya mengganti tema atau template pada blogspot, dan ternyata banyak juga yang belum tau. Pada blogspot atau blogger, tema ini biasa di sebut template.

Baru sadar saya kalau banyak blogger yang belum tau cara mengganti template blogspot, khususnya blogger yang baru saja membuat sebuah blog atau orang yang baru saja terjun di dunia perbloggingan. Untuk orang yang baru mendaftar dan membuat blog di blogspot pasti ingin sekali mengganti templatenya menjadi semenarik mungkin dan mempercantik tampilan blognya dengan widget.

Itu terjadi hampir di semua blogger pemula yang baru saja terjun di dunia perbloggingan. Dulu saya juga begitu, sering mengganti template blog, memasang widget yang tidak penting, dan memasang musik auto play ke dalam blog. Itu normal kok~ *Flashback

Sebelum mengganti tema blog, sudah pasti kita harus mempunyai sebuah blog terlebih dahulu. Jika belum, anda bisa membaca artikel tentang Tutorial Mudah Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot.

Setelah berhasil membuat blog, biasanya kita menyusun dan merapikan blog kita. Pihak blogger.com sebenarnya sudah menyediakan beberapa template untuk blogspot, tetapi menurut saya template tersebut tidak semenarik template yang di buat oleh pengembang template blogspot. Akhirnya banyak blogger yang mencari dan mengganti template bawaan blogspot dengan template unduhannya sendiri.

Cara mengganti tema blog

Cara mengganti tema blog itu sangat mudah sekali. Tetapi kalau namanya orang yang baru mendaftar toh belum tau caranya pasti juga bingung. Nah, maka dari itu rafsablog membuat artikel ini tentang cara mengganti tema atau template blogspot, langsung saja.

Cara Mengganti Tema di Blogspot

Ada dua cara mengganti template blogspot. Dengan cara manual mengopy script template yang sudah di unduh dan di pastekan di template, dan cara mengganti template dengan mengupload langsung file xml-nya.

#1 Mengganti Tema Blog Secara Manual

Langkah 1: Yang pertama download terlebih dahulu template kesukaan anda, bisa cari di google.

Langkah 2: Setelah selesai mendownload biasanya filenya berbentuk file archive dengan format ".rar" atau ".zip", sebaiknya anda extract terlebih dahulu filenya.

Langkah 3: Lalu buka file .xml dengan cara "klik kanan" lalu pilih open with dan buka dengan notepad atau text editor lainnya.

Langkah 4: Copy semua scriptnya dengan cara menekan tombol "CTRL+A" lalu "CTRL+C" untuk mengcopy.
cara mengganti tema blog

Langkah 5: Buka blogger.com. Lalu menuju ke menu Tema dan pilih Edit HTML. Lalu script yang tadi di copy bisa langsung di paste di edit HTML dengan cara menekan "CTRL+A" dan "CTRL+V" untuk paste.
cara mengganti tema blog

Langkah 6: Klik Simpan.

#2 Mengganti Tema Blog dengan Cara Upload file XML

Langkah 1: Seperti di metode mengganti template secara manual tadi, harus di extract terlebih dahulu filenya.

Langkah 2: Buka blogger.com Lalu klik Tema lalu klik Backup / Pulihkan yang berada di pejok kanan atas.
cara mengganti tema blog

Langkah 3: Klik Browse lalu cari dan pilih file xml hasil extract tadi. Kemudian klik Upload.
cara mengganti tema blog

Dengan begitu anda sudah bisa mengganti tema blog. Lalu selanjutnya merapikan tata letak blog pada menu Tata Letak, menu navbar pada blog, dan lain-lain.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mengganti tema blogspot.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mengganti Tema di Blogspot dengan Mudah. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon