Kamis, 12 Oktober 2017

Cara Backup Data Windows ke Cloud dengan Mudah

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan mambahas tentang cara backup data windows ke cloud dengan mudah. Sekarang sudah jamannya penyimpanan di cloud. Ukuran penyimpanan di cloud mulai dari kecil 2GB sampai bergiga-giga. Cloud adalah tempat penyimpanan data dimana pengaksesannya menggunakan internet.

Penyimpanan di cloud ini sangat berguna sekali untuk membackup file yang menurut kita penting. Karena jika tidak di backup di cloud bisa jadi jika sewaktu-waktu komputer hang atau bermasalah setidaknya kita sudah mempunyai backup-an datanya.

Backup di cloud ini juga dinilai sangat fleksibel dan efisien, karena hanya dengan menggunakan koneksi internet kita sudah bisa membackup data yang berada di windows atau komputer kita.

Sebenarnya kita juga bisa membackup data pada sistem operasi windows sendiri atau perangkat flashdisk dan sejenisnya, tapi tidak menutup kemungkin jika suatu saat perangkat yang kita gunakan tersebut akan rusak atau hilang. Dan windows yang kita gunakan untuk membackup data, penyimpanannya pada harddisknya akan terisi penuh dengan backupan data dan bisa saja sewaktu-waktu windows kita mengalami hang atau masalah lainnya.

Maka dari itu backup data windows ke cloud ini sangat di sarankan bagi anda yang memiliki data yang sangat penting, terutama data perkulihan, perkantoran, dan data penting lainnya. Selain itu, penyimpanan di cloud ini sangat aman, hanya kita yang bisa membuka dan mengakses data tersebut dengan akun kita.

Google Drive
Google mengeluarkan aplikasi backup pada juli 2017 kemarin dengan nama Backup and Sync. Aplikasi tersebut mampu menyimpan data sebesar 15GB secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Penyimpanan 15GB tersebut cukup untuk membackup data pada komputer anda.

Cara Backup Data Windows ke Cloud

Cara backup file komputer ke Backup and Sync

  1. Pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi Backup and Sync, lalu buka aplikasi tersebut.
  2. kemudian pilih folder yang akan anda backup
  3. Lalu pilih folder yang akan anda syncron di komputer
  4. Lalu tekan OK dan biarkan aplikasi running maka aplikasi akan mem-backup dengan otomatis.
Download : Google Backup and Sync

Dropbox
Dropbox ini tidak seperti Google Backup and Sync yang dirancang untuk bisa mem-backup secara otomatis. Tetapi anda bisa mem-backup file secara manual di dropbox. Ukuran penyimpanan dropbox ini 2GB, lumayan untuk membackup data penting yang berada pada komputer Anda.
Cara Backup Data Windows ke Cloud


Cara mem-backup file komputer ke Dropbox

  1. Pertama Download dan Install terlebih dahulu aplikasi Dropbox
  2. Lalu daftar akun di Dropbox
  3. Kemudian cek komputer anda nanti ada folder yang bernama Dropbox, anda bisa meng-upload atau menyimpan file-file penting kedalam folder Dropbox tersebut. Atau anda bisa menyimpan di situs resminya dropbox.com.
Download : Dropbox

OneDrive
OneDrive ini hampir seperti dropbox yang harus menyimpan data secara manual. Tetapi OneDrive ini ukurannya sedikit lebih besar dari Dropbox, yaitu sebesar 5GB, lumayan untuk mem-backup data penting yang berada di komputer.
Cara Backup Data Windows ke Cloud

Cara mem-backup file komputer ke OneDrive

  1. Pertama Download dan Install terlebh dahulu aplikasi OneDrive pada komputer anda.
  2. lalu anda Login dengan Akun Microsoft.
  3. Seperti dropbox tadi, cek folder OneDrive pada komputer Anda. Dan Anda bisa meng-upload atau menyimpan file data penting ke dalam folder OneDrive. Atau Anda bisa Meng-upload lewat situs resminya onedrive.live.com.
 Download : OneDrive

Disamping kelebihan cloud ada kekurangannya juga. Yaitu untuk mengaksesnya harus membutuhkan koneksi internet, atau jika situs resminya sedang dalam perbaikan kita harus menunggunya.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara backup data windows ke cloud dengan mudah.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Backup Data Windows ke Cloud dengan Mudah. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon