Kamis, 07 September 2017

Cara Membuat File ISO dengan Winrar, Daemon, PowerISO, dan UltraISO

Cara membuat file iso tidak seperti membuat file-file pada umunya, file iso adalah file image tetapi juga bisa di katakan sebagai file compressed atau file archive seperti rar, file iso biasanya di gunakan untuk bootable sistem operasi yang di pasang di DVD atau di Flashdisk, tetapi selain untuk bootable, file iso juga di gunakan sebagai file archive yang bisa di buka dengan menggunakan software aplikasi tertentu khusus untuk membuka dan mengekstrak file iso tersebut.

Rafsablog kali ini akan membahas tentang cara membuat file iso dengan menggunakan Daemon, PowerISO, UltraISO dan menggunakan WinRar. Selain software seperti Daemon, PowerISO, dan UltraISO, dengan software WinRar pun juga bisa membuat file ISO dan lebih simpel.


Cara Membuat File ISO Dengan Daemon, PowerISO, dan UltraISO

Bagi para gamers ataupun pemilik netbook dan ultrabook, istilah file ISO pastinya sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, dengan file ISO kita bisa membuat CD atau DVD ke dalam bentuk file sehingga tidak lagi memerlukan CD/DVD-ROM. Cara membuat file ISO sendiri sangat mudah karena sudah banyak aplikasi converternya seperti Daemon Tool, PowerISO, dan UltraISO.

Apa Itu File ISO?

File ISO atau ISO image merupakan sebuah arsip file yang berisi data dari setiap written sector pada optical disc. Untuk lebih mudahnya, ISO adalah CD atau DVD yang berbentuk file. File ISO ini dapat dibuat langsung dengan mengkonversi data dari CD/DVD ataupun membuatnya dari file yang ada di komputer kita.
Fungsi dari file ISO sendiri sangatlah banyak, terutama bagi pemilik laptop yang tidak memiliki optical drive. Saat ini banyak software yang dididstribusikan dengan format ISO sehingga kita tidak perlu membeli kepingan CD atau DVD-nya. Bahkan, Microsoft juga sudah menyediakan opsi instalasi Windows melalui file ISO ini.
Dengan file ISO ini kita juga dapat memback-up konten pada optical disc sebagai persiapan apabila suatu saat CD/DVD tersebut rusak atau hilang. Selain itu kita juga dapat menghemat penggunaan optical disc yang banyak memakan tempat. Dengan menyimpan file ISO di hard disk, maka kita tidak perlu lagi membawa banyak CD ke manapun kita pergi.

Cara Membuat File ISO Dengan Daemon

cara membuat file ISO dengan daemon
Salah satu program terbaik yang dapat digunakan untuk membuat file ISO adalah Daemoon Tools Lite. Programm ini dapat Anda unduh secara gratis di sini. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:
  • Masukan CD/DVD ke dalam optical drive.
  • Buka Daemon Tools Lite.
  • Pada jendela utama, klik opsi “Create Disk Image”.
  • Pada jendela yang muncul, klik tombol dengan tiga buah titik di bawah tulisan “Target Image File”.
  • Selanjutnya pilih optical drive tempat Anda menaruh CD/DVD.
  • Kemudian Save as .iso. -“Standard ISO Images (*. Iso)”, berikan nama pada file ISO tersebut, lalu klik “Save”.
  • Terakhir, klik tombol “Start” lalu tunggulah hingga proses pembuatan file iSO tersebut selesai.

Cara Membuat File ISO Dengan PowerISO

cara membuat file ISO dengan poweriso
PowerISO merupakan program yang dapat membuat file ISO dari CD, DVD, ataupun Blu-ray. Semua informasi pada disc akan disalin oleh PowerISO, termasuk boot information. Dengan begitu, Anda juga dapat membuat bootable ISO dengan program ini. berikut adalah langkah-langkah cara membuat file ISO dengan PowerISO:
  • Download PowerISO di sini.
  • Instal dan jalankan PowerISO.
  • Klik tombol “Copy” yang terletak di toolbar kemudian pilih opsi “Make CD / DVD / BD Image File…” dari popup menu.
  • Ketika jendela ISO Maker muncul, pilihlah CD/DVD uyang ingin Anda buat file ISO-nya.
  • Tentukan nama file ISO-nya serta pilih output formatnya menjadi ISO.
  • Klik OK untuk memulai proses pembuatan file ISO.
Selain melalui program utamanya, Anda juga dapat membuat file ISO dengan PowerISO langsung dari Windows Explorer. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Unduh dan install PowerISO.
  • Buka “My Computer” atau “Windows Explorer” kemudian klik kanan pada CD/DVD Drive yang ingin dibuat ISO.
  • Pada shell context yang muncul pilihlah opsi “Make Image File”.
  • Jendela ISO Maker kemudian akan segera muncul.
  • Tentukan nama file ISO tersebut serta pilih output format-nya menjadi ISO.
  • Klik OK untuk memulai proses pembuatannya.

Cara Membuat File ISO Dengan UltraISO

cara membuat file ISO dengan ultraiso
Aplikasi terakhir yang cukup sering digunakan untuk membuat file ISO adalah UltraISO. Aplikasi ini juga menyediakan Virtual CD Drive untuk membuka berbagai macam file ISO yang telah Anda buat. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan file ISO dengan UltraISO:
  • Download UltraISO secara gratis di sini.
  • Masukan CD/DVD yang ingin dibuat file ISO.
  • Jalankan UltraISO.
  • Pada menu “Tools” pilihlah opsi “make an ISO image file”
  • Pada jendela yang muncul, pilihlah CD/DVD yang akan dibuat ISO, pilih tempat penyimpanan file ISO-nya, lalu klik “Make”.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses pembuatan file ISO selesai.

Itulah beberapa cara membuat file ISO dengan aplikasi Daemon Tools Lite, PowerISO, serta UltraISO. Selain kegunaan yang telah disebutkan di atas, masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari file ISO ini, terutama apabila Anda sering berkutat dengan pemrograman komputer. Selamat mencoba!
https://carisinyal.com/cara-membuat-file-iso/


Cara Membuat File ISO dengan WinRar

Jika tadi kita membuat file ISO dengan mengguanakn Daemon, PowerISO, dan Ultra ISO, sekarang kita akan membahas bagaimana cara membuat file ISO dengan menggunakan WinRar. WinRar adalah software yang multifungsi, selain membuat file yang berekstensi rar, winrar ini faktanya juga bisa membuat file iso. Orang menganggap membuat file iso itu sangat membingungkan, padahal jika kita cari di internet ada banyak sekali tutorial cara membuat file iso dengan mudah, salah satunya di artikel ini. Langkah-langkah untuk membuat file iso dengan menggunakan winrar bisa simak berikut ini.

1.Pertama anda harus menginstall Winrar terlebih dahulu, jika anda belum menginstall winrar anda bisa download di win-rar.com/download.html.

2. Setelah winrar sudah terinstall di komputer anda langkah selanjutnya kita membuat file iso. Cari folder atau file yang ingin anda jadikan file iso.

3. Lalu klik kanan pada file yang anda ingin jadikan file iso, selanjutnya pilih tambah ke arsip atau add to archive.
cara membuat file ISO dengan winrar

4. Pada nama arsip anda ganti dari ".rar" menjadi ".iso". Lalu jika anda tidak ingin mengsetting apapun langsung saja klik OK.
cara membuat file ISO dengan winrar

5. Selesai, dan jadilah file iso yang anda inginkan.
cara membuat file ISO dengan winrar

Mudah kan? Sekarang anda sudah bisa membuat file iso sendiri dengan mudah menggunakan winrar. Oke munkgin itu dulu artikel kali ini tentang cara membuat file iso dengan mudah.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Membuat File ISO dengan Winrar, Daemon, PowerISO, dan UltraISO. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon