Sabtu, 05 Agustus 2017

Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan CMD

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, Kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan CMD. Sobat pasti tau apa itu wifi, siapa yang tak kenal wifi. Wifi adalah jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang sekarang sudah banyak di gunakan di perkantoran, sekolahan, maupun di rumah pribadi.

Dengan jaringan wifi ini data yang yang di kirim atau di terima menjadi lebih cepat, keuntungan jaringan nirkabel ini juga lebih efisien karena tidak memerlukan kabel khusus untuk jaringan (UTP).

Dengan menggunakan hotspot wifi setidaknya dapat memancarkan sinyal 20-100 meter. Untuk memancarkan sinyal wifi haru menggunakan pemancar wifi, dan laptop sekarang sudah menggunakan alat sebagai penerima atau pemancar wifi. Jadi kita bisa memanfaatkan alat tersebut untuk membuat hotspot sendiri di laptop yang menggunakan sistem operasi windows.

Baca juga: Cara Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Notepad

Disini rafsablog, akan berbagi tutorial tentang Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan CMD pada sistem operasi windows 7, cara ini bisa di lakukan pada sistem operasi windows 7 dan ke atas. Sebenarnya cara ini bisa di lakukan menggunakan software, tetapi disini saya menggunakan cara manual agar tidak melulu menggunakan cara yang instan. Oke langsung saja.

Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan CMD
Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan CMD

Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan CMD

1. Pertama sobat buka "CMD" terlebih dahulu dengan menggunakan akses admin atau As Administrator. Caranya klik Start > ketikkan cmd > klik kanan pada cmd lalu pilih Run As Administrator.

2. Setelah buka cmd lalu ketikkan perintah di bawah pada cmd, lalu enter.
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspot key=passwordhotspot
Pada namahotspot bisa sobat ganti sesuai keinginan sobat, dan passwordhotspot bisa sobat ganti passwordnya dengan keingan sobat. Password minimal ada 8 huruf atau karakter.
3. Untuk menghidupkan hotspot masukkan perintah di bawah ke dalam cmd, lalu enter.
netsh wlan start hostednetwork
Untuk mematikan hotspot tinggal ganti start menjadi stop. netsh wlan stop hostednetwork
Dengan cara di atas sobat sudah menjalankan hotspot di laptop sobat. Tetapi jaringan yang di pancarkan belum ada aktifitas koneksi, jadi buat browsing masih belum bisa. Untuk membagi sebuah jaringan sobat haru mengikuti cara selanjutnya di bawah.

Cara membagi jaringan hostpot agar mendapatkan koneksi internet

1. Pertama sobat harus membuka "Network and Sharing Center". Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center

2. Lalu kemudian pilih "Change adapter" settings yang berada di sebelah kiri

3. Kemudian jika sobat menggunakan modem untuk koneksinya, lalu klik kanan Mobile Broadband Connection > Properties > Pilih menu Sharing > Select "Allow other network users to connect through this computer's Internet connection" > Bagian Home network connection pilih "Wireles Network Connection 2" > OK

4. Selesai

Sekarang sobat sudah bisa menikmati hotspot sendiri dirumah tanpa harus membeli wifi router. Mudah kan sob cara membuat hotspot sendiri di laptop dengan CMD ini. Cara kerja hotspot lewat CMD ini sama seperti pemancar hotspot portable pada smartphone. Yaitu berfungsi sebagai pemancar sebuah jaringan.

Oke mungkin itu saja tutorial kali ini tentang Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan CMD. Jika ada yang bingung dan mau di tanyakan, silahkan berkomentar di bawah.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan CMD. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

1 komentar so far

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon