Senin, 31 Juli 2017

Asgardia, Negara Baru dan Pertama di Luar Angkasa

Tags

Asgardia, Negara Baru dan Pertama di Luar Angkasa
Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan membahas tentang Asgardia, Negara Baru di Luar Angkasa.

Biarpun baru cuma rencana, nama Asgardia telah diburu tidak sedikit orang. bagaimana tidak, Asgardia diklaim bakal jadi negara perdana yang dapat berdiri di luar angkasa. Negara tersebut didirikan pertama kali oleh ilmuwan yang berasal dari rusia, yaitu Igor Ashurbeyli.

Meskipun negara Asgardia belum benar-benar berdiri, tetapi pemerintah di negara tersebut sudah membuka seleksi bagi calon warga negara Asgardia.

Mereka menerima siapa pun penduduk dari semua negara di bumi ini, dan sampai sekarang tercatat sudah mencapai lebih dari setengah juta pendudukan bumi yang mendaftarkan diri menjadi warga negara Agardia.

Setelah pendaftaran pertama kali di buka, ada sekitar 270 ribu dari pendudukan bumi yang mendaftarkan diri sebagai warga negara Asgardia. Warga negara Indonesia pun juga turut ikut serta mendaftarkan diri sebagai warga negara Asgardia.

Menurut informasi yang diungkap di laman resmi Asgardia, Kamis (27/7/2017), ada 5.978 WNI yang mendaftarkan diri menjadi Asgardian--julukan untuk calon warga negara tersebut.

Adapun jika dipecah, ribuan WNI calon Asgardia yang sudah mendaftar 84 persennya adalah laki-laki, sedangkan 16 persennya adalah wanita.

Dari peta yang ada di laman web-nya, tampak persebaran pendaftar di Indonesia tersebar di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Denpasar, Yogyakarta, Bekasi, Banjarmasin, Makassar, Gorontalo, dan kota-kota lain di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Mengacu dari laman web tersebut, ada 855 orang dari Jakarta yang mendaftarkan diri untuk menjadi penduduk Asgardia. Disusul Bandung dengan 343 orang, Surabaya sebanyak 248 orang, Tangerang sebanyak 240 orang, dan Bekasi ada 231 orang.

Asgardia Akan Menyerupai Wahana Luar Angkasa Raksasa

Untuk informasi, Asgardia tidak akan mengambil tempat di Bumi. Negara itu justru akan berlokasi di luar angkasa, dengan wilayah berupa wahana raksasa.

Walau pendaftaran dibuka untuk siapa pun, mereka tetap menetapkan syarat tertentu bagi yang ingin menjadi warga negara Asgardia.

Salah satunya adalah pemerintah Asgardia tidak bisa merekrut warga negara yang enggan berbagi informasi data diri secara transparan. Mereka pun tidak dapat mendaftarkan warga negara dari hewan dan robot.

Bagi yang direkrut sebagai warga, mereka akan mengantongi sertifikat Asgardia dan resmi menjadi Asgardian, tetapi tetap memiliki status dwi-kewarganegaraan.

Layaknya negara-negara Bumi, Asgardia juga akan membentuk pemerintahan demokrasi berdasarkan hukum. Warga negara Asgardia pun nanti diminta untuk turut andil memberikan suara demi sistem perumusan dasar konstitusi negara tersebut.
Asgardia, Negara Baru dan Pertama di Luar Angkasa

Tujuan dibangunnya Asgardia didasari tiga asas utama dari aspek ilmu alam dan teknologi. Pertama, Asgardia didirikan untuk menjamin kehidupan antariksa secara damai. Kedua, Asgardia hadir untuk melindungi Bumi dari ancaman objek luar angkasa, seperti komet, badai matahari, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Asgardia juga akan menciptakan ilmu pengetahuan luar angkasa ke negara-negara berkembang yang belum memiliki akses.

Asgardia, Negara Demokratis yang Sarat dengan Teknologi

Terkait tempat tinggal, wahana Asgardia akan mengambil konsep desain futuristik, layaknya pesawat luar angkasa megah di film-film fiksi ilmiah.

Wahana tersebut bisa menampung setidaknya 150 juta jiwa, dan dirancang oleh ahli-ahli antariksa dari Kanada, Rumania, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

Ashurbeyli mengatakan, Asgardia diambil dari wilayah hunian para dewa Nors, yakni Asgard. Nama ini juga hadir sebagai kota fiktif yang ada di film Thor.

Menurutnya, Asgardia akan menjadi wilayah yang demokratis, warga negara pun diberikan kebebasan untuk berkreasi dengan teknologi buatan mereka.

Pun demikian, masih butuh jalan panjang agar Asgardia akhirnya bisa berdaulat di Tata Surya dan diakui negara-negara lain. Ke depannya, Ashurbeyli akan membawa proposal Asgardia untuk didaftarkan menjadi sebuah negara ke Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

(Jek/Cas)

liputan6.com

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Asgardia, Negara Baru dan Pertama di Luar Angkasa. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon