Kata Mutiara Hari ini

7 Langkah Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Mencuci tangan sangatlah penting untuk dilakukan terutama menggunakan sabun. Saat ingin memulai pekerjaan maupun sebelum makan bersihkanlah tangan terlebih dahulu sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus mencegah penyebaran penyakit melalui kuman yang menempel di tangan.

Cuci tangan dapat mencegah kita tertular dari penyakit menular, contohnya seperti batuk, pilek, diare, gatal-gatal, sakit mata dan thipus. Pada umumnya di telapak tangan terdapat 39.000 hingga 460.000 jumlah kuman. Dalam hitungan menit saja kuman tersebut dapat berkembang dua kali lipat dan lebih parahnya lagi kuman tersebut dapat bertahan hingga 3 jam ditangan.

Langkah Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Maka dari itu bisakan untuk mencuci tangan pada saat sebelum/sesudah makan, sesudah buang air, sesudah batuk ataupun bersin, setelah memegang sampah, setelah memegang uang, setelah memegang (menyentuh) hewan sampai dengan setelah membersihkan kotoran hewan.
Agar mencuci tangan dengan bersih haruslah menggunakan sabun, tak hanya dibagian telapak tangan saja, tetapi juga disela-sela jari, dan pergelangan tangan. Sabun bisa menghilangkan berbagai macam kotoran dari kulit dan membantu membunuh kuman penyebab penyakit.
Cuci tangan itu penting gak sih? Banyak orang yang jarang mencuci tangannya karena beralasan malas. Padahal dari tangan inilah kemungkinan untuk tertular penyakit sangatlah besar. Karena hampir semua kontak fisik yang dilakukan sehari-hari kebanyakan menggunakan tangan, entah itu memegang benda-benda maupun makanan.

Langkah Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Manfaat dari mencuci tangan

Pada saat mencuci tangan tentu terdapat berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya :
1. Menghilangkan kuman dan bakteri
Penyebab sakit perut dan diare dapat sangat mudah masuk kedalam tubuh kita. Dikarenakan tangan merupakan jembatan yang memberi jalan kuman untuk masuk kedalam tubuh dengan mudahnya. Nah, dengan mencuci tangan kamu bisa mencegah sekaligus mengurangi masuknya kuman-kuman tersebut.
2. Mencegah infeksi saluran pernapasan
Virus Patogen menjadi penyebab utama seseorang mengalami infeksi saluran pernapasan akut alias ISPA, yang ternyata paling banyak ditemukan pada jari dan telapak tangan. Solusinya cucilah tangan sampai bersih dapat menurunkan risiko terkena sakit pernapasan.
 
3. Mencegah penularan penyakit
Berjabat tangan dengan orang yang sedang sakit merupakan salah satu cara penularan penyakit yang paling mudah terjadi. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya setelah itu cucilah tangan untuk mencegah penularan penyakit. Jadi, ketika seseorang sudah sadar bahwa mencuci tangan itu penting, maka sebaiknya juga dapat mengingatkan kepada orang lain disekitar tentang pentingnya mencuci tangan.

Cara mencuci tangan sesuai dengan prosedur yang tepat

Dibawah ini terdapat 7 cara mencuci tangan dan membersihkan tangan yang sesuai dengan prosedur untuk membunuh kuman penyebab penyakit.
  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, kemudian ambilah sabun lalu gosok dan usapkan kedua telapak tangan tersebut dengan lembut. 
  2. Pada kedua punggung tangan, usap dan gosoklah secara bergantian. 
  3. Gosok sela-sela jari hingga bersih. 
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian. 
  5. Secara bergantian gosok dan putar lah kedua ibu jari. 
  6. Gosok perlahan ujung jari yang diletakkan ketelapak tangan. 
  7. Selanjutnya pergelangan tangan dibersihkan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir.

Akibat tidak mencuci tangan

Disamping itu terdapat pula dampak maupun akibat jika tidak mencuci tangan, yakni :
1. Terserang diare
Kondisi ini rentan terhadap anak-anak yang terbiasa langsung memakan sesuatu tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Mengapa ini bisa terjadi? Disebabkan karena serangan bakteri yang berasal dari air dan tanah yang tercemar kotoran, hal tersebut merupakan penyebab diarea paling bahaya.
2. Terserang penyakit kulit
Berani kotor itu baik, namun jika tidak segera mencuci tangan setelah bermain maka kuman atau bakteri yang melekat akan berpindah pada bagian tubuh lainnya terutama kulit.
Tangan yang kotor apalagi yang sudah tercampur dengan keringat dan kotoran dari benda-benda yang telah disentuh, rentan menyebabkan pertumbuhan jamur dipermukaan kulit yang menimbulkan ruam-ruam kemerahan yang gatal. Menyebabkan bintik-bintik cairan yang jika digaruk akan muncul gatal dan terasa perih.
3. Infeksi tenggorokan
Faktor penyebab gangguan infeksi pada tenggorokan adalah berawal dari akibat tidak mencuci tangan setelah bermain, lalu tanpa sadar menyentuh bagian mulut atau makanan.
Bakteri dan kuman yang melekat pada tangan dapat berpindah ke rongga mulut dan melekat pada dinding tenggorokan yang akhirnya menyebabkan sakit saat menelan.
4. Penyakit infeksi botulisma
Penyakit infeksi botulisma adalah peradangan pada otot dan saluran pernapasan yang muncul akibat tidak mencuci tangan setelah bermain pada anak-anak.
Tangan yang kotor harusnya segera dibersihkan dikarenakan dapat memungkinkan seseorang terserang penyakit infeksi botulisma yang penularannya sangat mudah dalam melalui tangan yang telah tercemar kuman.
5. Infeksi virus Hepatitis B
Penyakit Hepatitis B dapat menular dengan mudah melalui polutan udara yang telah bercampur dengan radikal bebas kotor yang melekat pada tangan dan berpindah pada makanan yang akan dikonsumsi.
Mencuci tangan setelah melakukan rutinitas didalam dan luar rumah bertujuan untuk memblokir pergerakan bakteri, kuman, virus atau amuba  yang mana hal tersebut adalah penyebab munculnya beberapa penyakit yang dapat menjangkiti tubuh.

Itulah tadi tentang artikel tentang 7 langkah mencuci tangan dengan baik dan benar, dengan membaca artikel ini diharapkan pembaca dapat mengikuti langkah-langkah mencuci tangan yang benar. Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika ada kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan, semoga bermanfaat.

Rekomendasi