Kata Mutiara Hari ini

Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows

Halo, kembali lagi di Rafsablog.id, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara mudah install Laravel 5 edisi 2019 di Windows. Bagi kalian yang sudah sejak lama bergelut di dunia pemrograman pasti sudah tidak asing lagi dengan Laravel ini, namun bagi sebagian orang belum tahu apa itu Laravel. Jika Anda yang sedang membaca artikel ini ingin sekali mencoba laravel, untuk tugas kuliah maupun untuk sekedar hobi pribadi, maka Anda berada di halaman artikel yang tepat.

Sekarang ini ada banyak framework yang digunakan untuk mendukung pembuatan website. Untuk pengertian framework secara umum adalah sebuah kerangka kerja perangkat lunak yang dibutuhkan programmer untuk membuat sebuah aplikasi atau website yang di dalamnya terdapat berbagai fungsi, konsep, dan plugin, hingga membentu sebuah sitem tertentu.

Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows

Dengan menggunakan framework maka sebuah software akan terstruktur, tersusun dengan baik, dan rapi. PHP kian berkembang dengan pesat, hingga saat ini telah didukung oleh banyak framework PHP yang dapat memudahkan programmer dalam mengembangkan sebuah perangkat lunak. Beberapa macam framework PHP yang bisa Anda coba diantaranya Laravel, Codeigniter, FuelPHP, PhalconPHP, Slim, Silex, CakePHP, Symfony, Yii 2, dan lain-lain.

Laravel merupakan salah satu framework PHP terbaik yang telah dikembangkan oleh Taylor Otwell. Laravel merupakan platform web development yang bersifat open source atau bebas untuk dipakai, dan dikembangkan. Lalu lebih menariknya lagi adalah Laravel mempunyai sintaks yang ekspresif dan elegan yang telah dirancang khusus untuk dapat memudahkan dalam proses web development. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel yang diterbitkan oleh Codepolitan, tentang Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Framework Laravel.

Baik, sebelumnya Anda harus menginstall aplikasi Xampp terlebih dahulu pada PC Anda, Xampp adalah sebuah aplikasi yang digunakan sebagai localhost. Dengan Xampp, kita dapat menjalankan file PHP, Apache, MySQL, Filezilla, dan lain-lain sebagai pendukung server lokal di PC kita, maka dari itu Anda wajib untuk menginstall Xampp terlebih dahulu sebelum menginstall Laravel.

Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows


Laravel membutuhkan composer, composer adalah sebuah package manager PHP yang wajib dibutuhkan dalam installasi framework PHP termasuk Laravel. Fungsi composer adalah agar proses installasi kumpulan library atau paket-paket menjadi efisien dan tentunya lebih mudah, maka dati itu composer ini sangat dibutuhkan sebelum installasi Laravel dimulai.

Cara Install Composer di Windows

  1. Pertama sebelum menginstall Laravel, kita harus menginstall composer terlebih dahulu dengan cara buka situs getcomposer.org/download.
  2. Karena kita menggunakan Windows, kita langsung saja klik download Composer-Setup.exe.
    Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows
  3. Setelah itu install composer, tinggal klik next > next > jika terdapat kotak dialog proxy setting maka biarkan kosong saja (default) > next > setelah muncul dialog ready maka klik Install, dan tunggu hingga proses installasi selesai.
  4. Setelah proses installasi composer selesai, kita cek hasil installasi composer mengetikkan di CMD (Command Prompt) dengan perintah composer, jika muncul tampilan "Composer" berarti installasi composer sudah berhasil.
    Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows

Cara Install Laravel 5 di Windows

  1. Selanjutnya mulai install Laravel, di sini kita akan menginstall Laravel 5. Langkah pertama buka CMD dan ketik perintah cd c:\xampp\htdocs untuk pindah ke direktori dengan lokasi tersebut.
  2. Setelah itu ketik perintah composer create-project laravel/laravel alumni 5.8.3. Anda bisa mengganti nama alumni tersebut dengan nama lain yang digunakan untuk nama folder, dan 5.8.3 itu sebagai parameter untuk menandakan bahwa kita akan menginstall laravel versi 5.8.
    Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses installasi Laravel 5 selesai, proses cepat atau lambat tergantung kecepatan koneksi internet Anda.
  4. Jika terdapat pesan "Application key set successfully" berarti proses installasi Laravel 5 sudah berhasil.
    Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows

Sampai di sini kita sudah berhasil menginstall Laravel 5 di Windows, sekali lagi langkah-langkah di atas bisa dijalankan pada sistem operasi Windows 7, 8, maupun 10. Setelah itu bagaimana cara menguji laravel di PC kita? Baik, Cara mengujinya yaitu dengan melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

Cara Menguji Hasil Installasi Laravel via Browser

Menguji laravel kita bisa menggunakan dua cara, cara yang pertama melalui browser, dan cara yang kedua dengan menggunakan command-line di CMD. Pertama menguji dengan via browser, berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama buka Xampp, lalu aktifkan Apache dan MySQL.
    Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows
  2. Setelah itu buka browser kesayangan Anda, bisa Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lain-lain.
  3. Kemudian pada address bar ketikan localhost/alumni/public. Nama alumni Anda ganti menjadi nama folder yang sebelumnya Anda ketik saat installasi, jika muncul tulisan Laravel maka proses installasi berjalan dengan baik.
    Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows

Cara Menguji Hasil Installasi Laravel via CMD

Jika di atas tadi menguji hasil installasi Laravel via browser,  maka selanjutnya menguji installasi Laravel melalui command-line CMD, berikut langkah-langkahnya.
  1. Langkah pertama seperti di atas tadi, buka terlebih dahulu aplikasi Xampp, lalu start Apache dan MySQL.
  2. Kemudian buka terlebih dahulu aplikasi CMD pada sistem operasi Windows (tekan tombol windows+R) lalu ketik cmd.
  3. Setelah CMD terbuka selanjutnya ketik perintah berikut php artisan -V kemudian tekan enter. Jika muncul tulisan Laravel Framework 5.8.x maka installasi Laravel di Windows berjalan normal.
    Cara Mudah Install Laravel 5 Edisi 2019 di Windows

Itulah tadi tentang cara mudah installas Laravel 5 edisi 2019 di Windows, jika Anda mempunyai saran, atau ingin menambah sesuatu, maka tulis di kolom komentar ya. Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, diharapkan Anda dapat menginstall Laravel 5 di Windows 7, 8, 10. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan, mungkin itu dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Rekomendasi