Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Halo pembaca setia Rafsablog, kali ini saya akan berbagi informasi tentang Doa sebelum dan sesudah makan, doa ini sering diajarkan oleh orang tua saat usia anaknya masih kecil, orang tua melatih anaknya berdoa sebelum makan dan berdoa setelah makan sejak dini agar dikemudian hari si anak hafal dan menerapkannya saat sebelum dan sesudah makan.

Pentingnya orang tua mengajarkan bacaan doa sebelum dan sesudah makan kepada anaknya yang bertujuan untuk menanamkan kebiasaan berdoa sejak dini. Maka tidak heran jika banyak anak yang masih kecil atau berusia dini sudah mampu menghafal berbagai macam doa harian.

Umar bin Abu Salamah pernah berkata, Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Ghulam, bacalah Bismilllah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu." Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (HR. Al-Bukhari No. 4957)

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Anda sebagai orang tua harus mengajarkan doa sebelum makan dan doa sesudah makan kepada anak agar kelak anak akan selalu berdoa ketika ia mau makan dan setelah makan. Berikut adalah lafadz bacaan do'a sebelum dan sesudah makan ataupun minum beserta kata latin dan terjemahannya.


Doa Sebelum Makan


اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya 1:
“Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.”

Artinya 2:
“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Artinya 3:
"Ya Allah, semoga Engkau berkenan memberikan berkah (kemanfaatan) kepada kami atas apa yang telah Engkau anugerahkan (rizki) kepada kami, dan semoga Engkau berkenan menjaga kami dari siksa api neraka yang menyakitkan."

Memang dalam berbagai versi terdapat beberapa arti yang berbeda, akan tetapi maknanya tetap sama. Bacaan doa di atas tadi dibaca saat hendak makan, yang ditujukan atas rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki seperti makan, dan mencegah setan yang ingin mengganggu.

Doa Sesudah Makan


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin”

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minuman kepada kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang muslim”

Doa di atas merupakan bacaan doa yang dibaca saat telah selesai atau sesudah makan, rasa syukur yang ditujukan kepada Allah SWT karena telah memberi kita makan dan minuman serta menjadikan kita sebagai orang muslim yang beriman.

Doa Sebelum dan Sesudah Minum


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

“Alhamdu lillaahil ladzi ja’alahuu ‘adzban furootam birohmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa”

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang dengan rahmtNya telah menjadikan air ini segar dan menyegarkan. Dan tidak menjadikan air ini asin dan pahit karena dosa-dosa kami.”

Doa di atas dibacaa saat sebelum dan sesudah minum, merupakan doa yang mempunyai makna bersyukur kepada Allah SWT, karena dengan rahmatNya menjadikan air segar menjadi menyegarkan dan tidak menjadikan rasa air menjadi asin dan pahit yang disebabkan dosa-dosan kita.

Doa Ketika Lupa Membaca Doa Sebelum Makan


بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

“Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya.”

Bacaan di atas sudah dijelaskan menurut sabda Nabi besar Muhammad SAW, berikut sabda Rasulullah :

"Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan Bismillah.”

Apabila ia lupa dengan menyebut Bismillah, maka hendaknya ia dengan mengucapkan “Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”

Dengan kita membaca bacaan doa sebelum dan setelah makan, maka kita memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, dan Allah akan menambahkan nikmatnya untuk orang-orang yang bersyukur.

Itulah tadi artikel tentang doa sebelum dan sesudah makan, jika Anda mempunyai saran, atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Mungkin itu dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.
komentar