Kata Mutiara Hari ini

6 Tips Cegah Sakit kepala Akibat Menahan Kantuk saat Puasa

Puasa merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh umat islam di bulan ramadhan. Saat menjalankan puasa tidak jarang kita merasakan ngantuk yang amat sangat khususnya di siang hari, penyabanya adalah karena jam biologis kita yang berubah saat bulan ramadhan.

Penelitian yang pernah dilakukan di Saudi Arabia mengatakan bahwa jam biologis atau ritem sirkadian yang mengatur siklus dari jam tidur seseorang. Kalenjar hipotalamus inilah yang mengatur ritme sirkadian pada otak setiap manusia.

Organ pada tubuh akan mengalami beberapa perubahan ketika ritme ini berubah, seperti saat dimana seharusnya waktu untuk beristirahat dan ketika harus bangun atau saat mengerjakan aktivitas, organ tubuh mengalami perubahan seperti rasa kantuk atau lelah.

Tips Cegah Sakit kepala Akibat Menahan Kantuk saat Puasa

Namun terkadang tubuh dapat menahan rasa kantuk yang datang, karena beberapa alasan seperti bekerja ataupun melakukan aktivitas lainnya. Sayangnya, menahan rasa kantuk seperti ini terkadang malah membuat kepala terasa sakit atau pusing.

Rasa mengantuk yang berlebihan juga dapat menyeybabkan daya tahan tubuh menurun atau meningkatnya tekanan darah. Saat tubuh kekurangan cairan selama berpuasa biasanya juga mengalami penurunan cairan, hal ini dapat memicu rasa kantuk pada seseorang.

Selain beberapa sebab di atas, istirahat yang kurang selama puasa juga menimbulkan rasa sakit kepala yang tiba-tiba muncul begitu saja. Itulah tadi alasan mengapa ketika menahan kantuk membuat kepala menjadi sakit saat puasa.

Jangan khawatir bagi Anda yang sering mengalami pusing atau sakit kepala saat puasa, Journal of Sleep Research memberikan tips agar dapat mengurangi rasa sakit kepala akibat menahan kantuk saat puasa, yaitu:

  1. Usahakan tepat waktu saat tidur di malam hari (usai sholat tarawih).
  2. Kurangi asupan makanan atau minuman yang mengandung kafein, karena bisa membuat tubuh terjaga dan tulis tidur.
  3. Sempatkan untuk tidur siang selama kurang lebih 15-30 menit yang berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh selama beraktivitas saat puasa.
  4. Meskipun puasa namun, tetap usahakan tubuh terkena sinar matahari, karena sinar matahari dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.
  5. Sempatkan untuk melakukan olahraga ringan, puasa bukan menjadi alasan untuk malas.
  6. Mengatur asupan nutrisi untuk tubuh saat sahur dan buka puasa dengan menu makan yang sehat. Tidak dianjurkan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, karena kelebihan karbohidrat dapat menimbulkan rasa kantuk yang berat. Rekomendasi makanan sehat yang baik dikonsumsi saat bulan puasa.

Lakukan tips di atas agar terhindar dari rasa kantuk yang berlebihan saat puasa yang dapat menimbulkan sakit kepala atau pusing. Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi