4 Sebab Mengapa Produk Anda Tidak Laku

Salam hebat luar biasa, semangat ya. Di topik kali Ini saya akan membahas tentang mengapa produkmu tidak laku. Wah ini menusuk banget ini judulnya, iya ya Pak ya, saya sudah searching, saya sudah menurut pengalaman saya, ada 4 Sebab kenapa produkmu itu tidak laku.

Penyebab pertama itu adalah sebelum saya Sebutkan penyebabnya Anda harus tahu fakta ini ya ulangi kata-kata saya, orang tidak suka penjual yang menjual barang yang mereka tidak butuhkan, saya ulangi sekali lagi, orang tidak suka penjual yang menjual barang yang mereka tidak butuhkan.

Nah jadi gini, sebetulnya Anda ini menjual barang yang tidak mereka bukan, tapi Anda cuman pengen komisi, Anda cuman pengen produkmu laku, nah inilah problem yang menjadi problem terbesar. Anda cuman pengen dapat komisi doang, tapi anda tidak menceritakan manfaat produknya, dan sebagainya, dan sebagainya.

Sebab Mengapa Produk Anda Tidak Laku

Nah kunci utamanya disini, kenapa produkmu tidak laku, yaitu orang tidak suka penjual yang menjual barang yang mereka tidak butuhkan. Maka sebagai seorang penjual Anda itu harus punya namanya skill manusia, Anda harus kuasai, baik itu di sosial media ataupun offline ketika bertemu orang secara langsung.

Nah ini ada 4 poin yang sebetulnya saya akan garis bawahi 4 sebab. Sebab yang pertama adalah kuasai Product Knowledge. Jadi gini, gimana Anda nyuruh orang membeli produkmu, namun Anda tidak menguasai produk yang Anda jual. Contoh Anda menjual food supplement, apa kelebihan food supplement yang Anda jual, di pasar sudah ada ribuan, kenapa harus membeli produk kamu.

Baca juga:  Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Nah kuasailah produk knowledgenya, testimoninya, datanya, dan Anda bisa menyampaikan dengan bahasa yang sangat indah, dengan bagus, dan yang terpenting orang membeli dan hasilnya ada, dan itu keren banget, jelas ya, nah itu kuasai dul  properti dengan yang lain sama tabungan yang lain kamu sama yang lain juga menjual BPJS juga ada kelebihannya nggak Dek kalau gampang semua orang kaya raya Jatimulya anda bergerak di bidang direct selling a knowledgenya.

Nah yang kedua, Anda itu bukan penjual produk, tapi penjual solusi, nah ini penting banget. Jualah solusi, bukan menjual produk, kenapa produk tidak laku? Karena yang Anda jual itu produk, jelas orang tidak butuh, Anda harus jual solusi.

Contohnya dia kena diabetes, ya langsung tawarkan solusinya, "sudah berobat kemana? sudah habis berapa? Cobalah barang ini, nggak salah, Anda nggak harus membeli, lihat testimoninya, banyak orang yang diabet kadar gulanya menurun, mungkin ini nggak bisa nyembuhin diabet, tapi ini dapat ngurangin gula kan, daripada minum produk kimiawi, ini minum produk herbal kan bagus."

Baca juga: Jenis Aset yang Membuat Kaya Raya

Nah itu yang namanya jual solusi, Anda nggak perlu sebut merk, karena orang nggak peduli merk, orang peduli sama masalahnya. Nah problemnya Anda, kalian menjual itu menjual produknya, "ini lho barang bagus, barang keren, ini gini gini gini, ini sekarnag udah..." Mereka hanya butuh yang mereka butuhkan, Anda harus jual solusi, bukan produk. Nah, itulah sebab produkmu tidak laku.

Sebab yang ketiga adalah Anda harus ikhlas jika orang tidak membeli, jika pelangganmu tidak membeli kamu harus ikhlas. jangan paksa dia, "ini bagus kok, ini murah kok, nanti bayar 5x tidak apa-apa, dll," jangan seperti itu. Usahakan ikhlas jika orang itu tidak membeli, "oh terimakasih lho ya waktunya, eh ngomong2 kita udah lama ya tidak bertemu ya, dll." Nah ikhlas, nggak jadi beli tidak masalah.

Karena banyak orang memaksakan produknya harus laku, saya juga tahu Anda ngejar komisi, Anda ngejar penghasilan, Anda ngejar income, ngejar target, tapi kalau orang itu nggak tertarik ya ikhlas saja. Nah ini kesalahannya kenapa produkmu tidak laku, karena Anda memaksa.

Itu tadi sebab yang ketiga, dan sebab yang keempat adalah follow up jika sudah membeli. Banyak orang yang produknya tidak laku, dan kalaupun laku dia tidak follow up pelanggannya, padahal baru laku sekali, kan Anda mau laku berkali-kali, jadi harus follow up pelanggan Anda.

Ketika Anda follow up, jaga hubungan, mention customer, repeat order itu akan terjadi, apapun itu profesi bidang Anda. Bahkan Garuda Indonesia saja sering melakukan frequent flyer agar orang tetap terbang sama dia terus. Jadi bagaimana agar orang pakai Garuda, seperti diberikan point, point ini bisa ditukarkan denga tiket, dan sebagainya.

Sama, company besar melakukan auto service / follow up kepada setiap customernya. Ya, demikian sahabat entrepreneur, semoga tips ini dapat memberikan Anda wawasan gambaran kenapa produkmu tidak laku, dan semoga produkmu jadi cepat laku.

Mentoring oleh Bapak Candra Putra Negara

Itulah tadi artikel tentang 4 sebab mengapa produk Anda tidak laku, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau sebuah pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika terdapat kesalahan kata mohon dimaafkan, semoga beramanfaat.

Rekomendasi