Kata Mutiara Hari ini

3 Jenis Aset yang Membuat Anda Jadi Kaya Raya

Sahabat entrepreneur salam hebat luar biasa, kali ini saya kembali membahas masalah pendidikan finansial, itu yang anda sukai bukan? Ada tiga jenis aset yang paling penting adalah 3 jenis aset yang akan membuat Anda kaya.

Jangan berpikir bahwa aset itu hanya uang, kali ini saya tidak akan membahas tentang uang, ternyata ada beberapa aset dan yang saya temukan ada tiga aset. Aset ini kalau anda miliki itu Justru malah membuat uang akan mengejar Anda.

Aset yang pertama adalah aset intelektual, Wow kok bisa ya, anda boleh miskin, Anda boleh nggak punya uang, anda boleh hari ini belum punya penghasilan, belum punya pekerjaan tetap. Tapi kalau aset intelektual itu ada di otak Anda dan itu Milik kamu seumur hidup, bukan milik teman kamu, bukan milik guru kamu, bukan milik orang tua kamu, bukan milik anak kamu, bukan milik istri kamu, tapi milik kamu.
Jenis Aset yang Membuat Anda Jadi Kaya Raya

Nah, aset intelektual ini sangatlah penting. Orang boleh bangkrut jatuh miskin, tapi selama dia punya skill nggak lama lagi 2 sampai 3 tahun Hidupnya akan bangkit lagi. Anda punyai skill, misalkan montir, kalau misalkan hari ini Anda jatuh bangkrut, nggak lama lagi pasti anda bisa mengasah kemampuan kamu nggak lama kemudian, pasti aset intelektual kamu akan mendatangkan uang.

Sebelum anda punya aset harta, sebelum anda punya uang, aset intelektual dulu. Ini penting, anda punya kemampuan menulis contohnya, anda punya kemampuan menyanyi contohnya, anda punya kemampuan menjual contohnya, itu aset intelektual yang penting.

Baca juga: Penghambat Terbesar Pintu Rezeki Anda

Itu yang jauh lebih penting daripada aset harta, sekali lagi anda Jangan berpikir bahwa aset itu cuman harta, karena aset intelektual itu lebih penting, itu tadi aset yang pertama.

Kemudian aset yang kedua, ini khususnya untuk anak muda, jadi mohon maaf kalau ada yang sudah berusia 50 tahun keatas bukan berarti saya itu mengecilkan anda tetapi anda sudah hampir kehilangan aset yang kedua ini, makanya bagi Anda yang berusia 40 tahun ke bawah tolong perhatikan baik-baik karena ini aset yang paling penting dan tidak akan kembali ketika anda sudah tua atau sudah tidak muda lagi, yaitu aset fisik.

Fisik itu maksudnya apa? Maksudnya Anda punya tenaga yang super extra, super power, khususnya adik-adik sekarang yang usianya masih 15 tahun, 18 tahun, 25 tahun, 30 tahun, Anda itu punya kekuatan fisik yang tidak dimiliki oleh orang tua. Betapa banyak orang tua yang menyesal karena waktu mudanya tidak bekerja keras, padahal aset fisik ini tidak pernah akan kembali.

Berapa banyak orang tua yang sekarang ini pergi berobat ke dokter mengeluarkan uang banyak hanya untuk membeli kesehatannya di masa muda, itu nggak bisa. Karena anak muda punya satu aset yang sangat luar biasa yang tidak dimiliki oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas, yaitu aset fisik.

Baca juga: Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Nah, Anda yang berusia di bawah 40 tahun itu bisa apa pun, bekerja keraslah, jangan habiskan masa muda kamu itu dengan cuman membuang-buang waktu, karena aset ini tidak akan kembali. Saya sewaktu saya masih usia 12 tahun saya sudah bekerja, membantu di toko Paman, ya gitu terus itu betul betul saya mulai dari minus.

Usia 17 sudah menafkahi sendiri, nggak minta duit sama orang tua, saya bekerja 1 hari itu bisa sampai 12 sampai 16 jam, 1 hari. Orang usia 18 belum mikir kerja, mikir kerja setelah tamat kuliah usia 23 baru mikir kerja, itu terlambat. Saya usia 12 sudah mulai, usia 15, 18, sudah mulai bekerja.

Karena kondisi dan keadaan, nah itulah aset fisik saya, pernah juga saya nggak tidur selama 3 hari itu saya nggak sakit, coba kalau orang usia 40 keatas nggak tidur seharian nggak tidur 2 hari, hari besoknya tumbang, kena infus. Jadi artinya aset fisik itu nggak akan kembali, makanya Anda harus gunakan sebaik mungkin.

Kalau nggak percaya buktikan orang tua kamu nggak sekuat seperti dulu, itu sudah fakta, dan celakanya saat Anda usia 20, Anda gak kerja mati-matian, padahal Anda punya aset fisik yang tidak akan pernah kembali. Itu tadi aset yang kedua.

Sekarang aset yang ketiga, sekali lagi bukan aset harta, yaitu aset kejujuran. Gini ya, waktu kecil itu usia masih 17-18 kejujuran itu memang penting, paling sulit dibeli itu adalah kejujuran. Anda kalau hari ini nggak jujur itu susah dipercaya, tapi orang itu suka memakai orang yang jujur.

Jadi anda disertai uang berapa ya kembali berapa, Anda disertai tanggung jawab berapa ya Anda nggak pernah korupsi uang, Anda di serahi jabatan ya Anda juga hari ini nggak pergi. Karena aset kejujuran itu adalah yang utama, kamu boleh jatuh bangun di usia muda, tetapi kejujuran ini yang paling sulit diraih.

Anda tidak boleh berbohong, kalau mampu ngomong mampu, kalau nggak mampu ya ngomong nggak mampu. Bicara soal kejujuran Ini adalah sebuah aset yang amat amat sangat sangat penting dibanding dengan aset yang lain, karena bisnis bisnis pun juga perlu jujur. Anda gagal bangkrut sudah biasa, yang terpenting harus jujur, nanti jalan itu pasti akan terbuka.

Zaman sekarang mencari orang jujur itu tidak mudah, tapi buktikan bahwa anda adalah orang yang tidak mudah dicari itu, buktikan bahwa anda adalah satu-satunya diantara semua teman yang tidak jujur, kalau hari ini kalian melihat teman lain sukses, maju, kaya raya, it's ok nggak masalah, nggak usah panas.

Anda harus melihat-lihat yang di bawah, Anda akan menemukan rasa syukur. Banyak teman kamu yang hidupnya jauh lebih parah dari kamu, nggak jauh lebih beruntung dari kamu, nah kejujuran ini akan menjadi aset yang sangat berharga.

Anda nggak merasakannya sekarang, tetapi anda akan merasakannya 5 tahun 10 tahun dari sekarang, ini dari saya, ketika Anda hidup di masa sulit, ketika orang jujur itu pasti rezekinya ada, aset ini jangan sampai hilang, semumur hidup Anda. Karena aset kejujuran ini akan menentukan kapasitas Anda kelak.

hidup Anda mau enak atau tidak, tergantung Anda mau jujur atau tidak, dan jujur nomor 1 adalah Jujur sama diri sendiri, jangan bohong sama diri sendiri. Anda bisa membohongi orang lain, bisa membohongi orang tua, membohongi adik, membohongi sauradar, tapi jangan pernah membohongi diri sendiri.

Ya, jangan membohongi diri sendiri, karena mindset ini yang paling berat, mengatur mindset ini yang paling berat. Contoh hari ini saya ingin push up, agar badan jadi enak dan sehat saya ingin push up 25 kali, tapi Anda berpikir push up 20 kali sudah cukup, nah itu bohong sama diri sendiri, tapi Anda mau dapat hasil yang 25, mana bisa.

Karena Anda nggak jujur, aset kejujuran itu memang yang utama, kalau enggak punya uang ya ngomong, tapi anda punya kejujuran, anda punya skill, coba Anda lihat Aji Krista, beliau itu dengan modal jujur Itu dipercaya sama bosnya, sampai hari ini beliau punya mobil yang setara bahkan lebih mewah daripada bosnya, padahal dulu cuma tukang cuci mobil.

Itu asetnya cuma apa? Kejujuran. Nah, jadi sahabat enterpreneur, saya ingin berpesan sama kamu, aset-aset inilah yang paling utama dibanding dengan aset harta, harta itu bisa pergi dan hilang dengan demikian cepat. Tapi dengan aset ini, saat Anda tidak punya harta, nggak masalah, sebentar lagi harta akan menghampiri Anda.

*Mentoring oleh Bapak Candra Putra Negara

Itulah tadi artikel kali ini tentang 3 jenis aset yang membuat Anda jadi kaya raya, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau sebuah pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika terdapat kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan karena manusia tidak bisa luput dari kesalahan, semoga bermanfaat.

Rekomendasi