Kata Mutiara Hari ini

23 Tombol Shortcut Microsoft Word Beserta Fungsinya

Halo pembaca setia Rafsablog, kali ini saya akan berbagi informasi tentang kumpulan tombol shortcut Microsoft Word lengkap beserta fungsinya. Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer di masyarakat. Biasanya Microsoft Word digunakan untuk membuat sebuah dokumen, untuk keperluan kantor, sekolah dan keperluan lainnya.

Biasanya orang ketika menggunakan Microsoft Word selalu mengandalkan mouse untuk menjalankan sebuah perintah, namun terkadang menggunakan mouse membuat kerja sedikit lebih lambat. Satunya-satunya cara untuk mempercepat yaitu dengan menggunakan tombol shortcut yang terdapat di Microsoft Word.
Tombol Shortcut Microsoft Word Beserta Fungsinya

Di dalam Microsoft Word itu sendiri terdapat perintah yang dapat dijalankan dengan menggunakan keyboard, perintah ini biasanya disebut dengan tombol shortcut yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan perintah tanpa harus menggerakkan mouse atau cursor di layar monitor.

Biasanya tombol shortcut pada Microsoft Word terdiri dari kombinasi dua atau tiga tombol, contohnya seperti CTRL+C untuk menyalin kata, dan kombinasi tombol lainnya yang nanti akan saya jelaskan di bawah. Ok, langsung saja berikut adalah 23 tombol shortcut Microsoft Word yang wajib Anda tahu.

Kumpulan Tombol Shortcut Microsoft Word Beserta Fungsinya


1. CTRL+B
Tombol shortcut ini digunakan untuk mengubah huruf atau tulisan yang diseleksi menjadi huruf tebal yang biasanya disebut dengan Bold.

2. CTRL+I
Tombol kombinasi ini CTRL+I (Italic) mengubah tulisan yang diseleksi menjadi tercetak miring, kata yang dicetak miring biasanya kata asing.

3. CTRL+U
CTRL+U berfungsi untuk menambahkan garis bawah pada tulisan, biasanya yang digaris bawahi ini tulisan-tulisan yang penting, sehingga para pembaca langsung dapat melihat bahwa tulisan tersebut penting.

4. CTRL+A
Tombol berikutnya yaitu CTRL+A berfungsi untuk memilih atau menyeleksi seluruh objek yang berada pada lembar kerja Microsoft Word.

5. CTRL+C
Tombol kombinasi ini adalah yang biasanya kita pakai, dan tombol shortcut ini lebih banyak diketahui oleh banyak orang dibandingkan tombol shortcut lainnya, fungsi CTRl+C adalah untuk menyalin gambar atau teks pada Microsoft Word.

6. CTRL+V
Tombol kombinasi ini juga sering dipakai oleh banyak orang, biasanya tombol ini digunakan setelah menekan tombol kombinasi CTRL+C, fungsi tombol shortcut CTRL+V yaitu untuk memunculkan atau menempelkan tulisan atau gambar yang sebelumnya sudah di copy.

7. CTRL+F
selanjutnya tombol shortcut yang ke-7 ini diambil dari kepanjangan huruf F (Find) yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah mencari. Seperti namanya, tombol CTR+F berfungsi untuk mencari sebuah kata dengan keyword yang dimasukan ke dalam kolom pencarian.

8. CTRL+L
Fungsi dari tombol shortcut CTRL+L pada Microsoft Word ini adalah untuk mengubah posisi tulisan yang telah di seleksi menjadi rata kiri.

9. CTRL+E
Tombol shortcut berikutnya adalah CTRL+E, tombol ini berfungsi untuk membuat tulisan yang seleksi menjadi tulisan rata tengah, biasanya digunakan untuk header, bab 1-sterusnya, dan lain-lain.

10. CTRL+R
Shortcut berikutnya adalah CTRL+R yang berfungsi untuk mengubah posisi tulisan yang telah diseleksi menjadi rata kanan.

11. CTRL+J
Ada rata kiri, rata tengah, rata kanan, lalu untuk tombol kombinasi CTRL+J ini untuk membuat tulisan yang diseleksi menjadi rata kanan dan rata kiri.

12. CTRL+D
Tombol shortcut Microsoft Word yang ke-11 ini berfungsi untuk menampilkan lembar, ukuran font atau tulisan, dengan tombol kombinasi ini kamu dapat mengganti ukuran dan jenisnya.

13. CTRL+G
Fungsi dari kombinasi tombol CTRL+G ini untuk pergi ke halaman tertentu tanpa harus scroll up ataupun scroll down, jadi lebih mudah menggunakan tombol kombinasi ini.

14. CTRL+H
Jika Anda ingin mengganti semua kata yang sama sekaligus atau mengganti kata tertentu, Anda dapat menggunakan tombol shortcut ini. Tombol CTRL+H berfungsi untuk menampilkan form find & replace.

15. SHIFT+(huruf)
Tombol shortcut tersebut digunakan untuk membuat huruf kapital, caranya dengan menekan tombol shift bersamaan dengan huruf yang ingin dibuat kapital atau huruf besar.

16. CTRL+N
Tombol shortcut pada Microsoft Word berikutnya adalah CTRL+N yang berfungsi untuk membuat dokumen atau lembar kerja baru.

17. CTRL+S
Tombol shortcut berikutnya adalah CTRL+S, fungsi dari tombol kombinasi tersebut untuk menyimpan sebuah dokumen baru maupun dokumen lama.

18. CTRL+O
Fungsi dari tombol kombinasi berikutnya yakni CTRL+O adalah untuk membuka dokumen yang sebelumnya pernah di simpan.

19. CTRL+P
Fungsi dari tombol shortcut Microsoft Word CTRL+P adalah untuk mencetak dokumen atau print. Jika komputer Anda sudah terhubung dengan printer, Anda dapat langsung mencetak dokumen dengan menggunakan tombol CTRL+P.

20. CTRL+Q
Jika kamu sedang mengerjakan tugas menggunakna Microsoft Word dan tiba-tiba hilang, Anda dapat mengembalikkannya dengan menggunakan tombol CTRL+Q.

21. CTRL+W
Jika lembar kerja Anda sudah Anda simpan, Anda dapat menggunakan tombol CTRL+W untuk mengeluarkan atau menutup aplikasi Microsoft Word. Selain menggunakan CTRL+W Anda juga dapat menutup program dengan menggunakan tombol ALT+F4.

22. CTRL+X
Tombol ini hampir sama dengan CTRL+C, bedanya yaitu CTRL+X (Cut) ini untuk menyalin teks atau gambar namun dengan cara memotongnya sehingga tulisan atau gambar yang di cut akan hilang, dan jangan lupa menekan tombol CTRL+V untuk menampilkan teks atau gambar yang dipotong.

23. SHIFT+F3
Jika Anda ingin menulis kata atau kalimat dengan menggunakan huruf besar semua atau sebaliknya namun dari awal Anda lupa, Anda dapat menggunakan tombol kombinasi SHIFT+F3 yang fungsinya untuk mengganti tuisan yang diseleksi menjadi huruf kapital (huruf besar) ataupun huruf kecil.

Itulah tadi kumpulan tombol shortcut Microsoft Word beserta fungsinya yang bisa Anda simpan agar tidak lupa. Mungkin Ada banyak daftar tombol kombinasi Microsoft Word, namun yang 23 tombol kombinasi di atas tadi menjadi beberapa tombol kombinasi yang harus Anda ingat.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau sebuah pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi