Kata Mutiara Hari ini

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger

Tags

Rafsablog.id - Kembali lagi dengan Rafsablog, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara membuat blog gratis dengan menggunakan Blogger atau Blogspot. Pasti kita pasti pernah berseluncur di internet, menelusuri kata kunci tertentu lalu menemukan artikel yang kita cari.

Yang menampung artikel itulah yang dinamakan blog atau website. Tanpa adanya website atau blog, maka kita tidak bisa menemukan artikel yang kita cari di internet. Maka dari itu seorang bloger sangat berjasa dalam memberikan artikel bermanfaat yang bisa kita baca dan menemukannya di internet.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger

Lalu apa yang dimaksud dengan blog? Blog adalah sebuah wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif yang dapat dilihat oleh banyak orang di internet. Meskipun blog dapat dilihat oleh banyak orang, namun terkadang ada pemilik blog yang sengaja tidak membuat artikel atau blognya ditemukan oleh orang di internet.

Kita tidak akan membahas bagaimana blog agar tidak ditemukan di internet, namun yang akan kita bahas adalah bagaimana cara membuat blog gratis dengan blogger atau blogspot. Bedanya blogger dengan blogspot itu apa sih? Sebenarnya sama, blogger adalah sebuah platform atau panel untuk mengelola sebuah blog.

Lalu blogspot adalah alamat domainnya, contohnya seperti rafsablog.blogspot.com. Membuat blog dengan blogspot adalah salah satu cara efisien untuk mempunyai blog secara gratis, sebenarnya ada beberapa platform blog gratis namun yang akan saya bahas kali ini menggunakan platform blogger.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger


Untuk membuat sebuah blog kita wajib mempunyai email, dikarenakan blogger adalah milik google, jadi kita harus memiliki email dari Google yaitu Gmail. Bagi yang belum mempunyai email Gmail bisa baca artikel tentang cara membuat email dari Gmail. Bagi yang sudah mempunyai email Gmail sekarang kita lanjut ke bagian pembuatan blog, berikut langah-langkahnya:

  1. Langkah pertama buka terlebih dahulu blogger.com di browser kesayangan Anda.
  2. Kemudian klik Create Your Blog, lalu login terlebih dahulu untuk
    melanjutkan ke tahap selanjutnya. Login menggunakan akun Gmail Anda.
    Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger
  3. Setelah berhasil login, nanti Anda akan diarahkan pada bagian Konfirmasi Profil, lalu pada bagian Nama Tampilan bisa Anda isi sesuai keinginan Anda.
  4. Setelah selesai mengisi bagian Nama Tampilan selanjutnya klik Lanjutkan ke Blogger.
    Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger
  5. Sampai sini kita sudah berhasil membuat akun di blogger.com, langkah berikutnya untuk membuat blog dengan mengklik tombol Buat Blog Baru.
    Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger
  6. Kemudian isi Judul Blog dan Alamat Blog Anda. Setelah selesai mengisi judul dan alamat blog, langkah berikut klik Buat blog!
    Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger
  7. Selamat, langkah-langkah membuat blog selesai, Sekarang Anda sudah mempunyai blog dan Anda sudah dapat membuat artikel di blog pribadi Anda.

Jika ada popup muncul seperti di bawah ini, abaikan saja. Itu Google sedang menawarkan jasa domain untuk Anda yang memiliki blog baru.
Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger

Dengan memiliki blog baru, Anda dapat membuat artikel apa saja sesuai keinginan. Banyak niche blog yang bisa Anda pilih seperti blog Kesehatan, Pendidikan, Android, Komputer, Resep Masak, Game, Blog Curhat, Cerita, dan masih banyak lagi. Mempunyai blog juga menandakan bahwa Anda aktiv di dunia internet.

Itu tadi artikel tentang cara membuat blog gratis dengan blogger, untuk membaca artikel lainnya seputar blog, Anda bisa membuka menu Blogging di Rafsablog ini untuk mendapatkan informasi tips dan trik seputar dunia blogging.

Mungkin itu dulu artikel kali ini jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau sebuah pertanyaan, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi