Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Rafsablog.id - Halo pembaca setia Rafsablog, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara cek pajak kendaraan bermotor secara online. Semakin lama maka perkembangan teknologi semakin maju, saat ini banyak inovasi-inovasi baru yang yang dapat memudahkan dan membantu dalam pekerjaan manusia.

Majunya teknologi juga dimanfaatkan pada bidang perpajakan, sekarang ini kita dapat cek pajak kendaraan bermotor via online dengan menggunakan aplikasi yang sudah terinstall di perangkat smartphone kita. Hal ini memudakan kita untuk selalu cek pajak kendaraan bermotor dimanapun kita berada.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Dulu jika kita ingin cek pajak kita dapat mengirim sebuah SMS ke nomor 177, namun sayangnya cara tersebut sudah tidak berlaku lagi. Tetapi saat ini kita dapat cek pajak kendaraan melalui aplikasi dan situs resmi e-samsat. Aplikasi untuk cek pajak motor tersebut bisa kita unduh secara gratis di Google Play Store untuk pengguna Android, saat ini belum terdapat aplikasi e-samsat versi iOS, jadi bagi user iOS dapat membuka melalui Situs.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi Android


Ada 2 (dua) cara untuk cek pajak kendaraan bermotor secara online, pertama kita menggunakan aplikasi Android, dan yang kedua dengan melalui situs. Jika kita cek pajak kendaraan bermotor melalui Android, kita harus download aplikasinya terlebih dahulu, untuk provinsi lain yang sudah dapat menggunakan aplikasi e-samsat adalah Jakarta Timur dan Sumatera Barat.

Disini saya akan mempraktekkan bagaimana caranya cek pajak motor lewat Android DKI Jakarta, untuk lainnya langkah-langkahnya hampir sama. Caranya seperti berikut..

  1. Pertama download terlebih dahulu aplikasi e-samsat di Google PLay Store.
  2. Setelah aplikasi berhasil terpasang di perangkt Android, selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  3. Setelah aplikasi terbuka langkah berikutnya pilih layanan pada menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
  4. Kemudian masukkan informasi tentang plat nomor pada kendaraan yang ingin Anda cek.
  5. Setelah kamu masukkan informasi plat nomor mka akan muncul informasi jumlah pajak kendaraan yang harus Anda bayar beserta tanggalnya.

Untuk pembayarannya, wilayah DKI Jakarta dan Jawa Timur dapat membayar pajak melalui aplikasi secara onlin e maupun lewat kantor samsat. Lalu untuk wilayah Sumatera Barat pembayarannya hanya melalui kantor samsat saja.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Website


Jika di atas tadi melalui aplikasi Android, selanjutnya melalui website resmi pada setiap masing-masing daerah. Pada setiap daerah memiliki website sendiri untuk cek pajak kendaraan bermotor, namun tidak semua website daerah sudah memiliki layanan atau fitur cek pajak kendaraan bermotor online ini.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Saya akan mencontohkan bagaimana cara mengecek pajak kendaraan bermotor melalui website pada provinsi Jawa Tengah. Bagi yang berbeda provinsi jangan khawatir karena langkah-langkahnya sama. Berikut langkah-langkahnya, baca sampai selesai ya..

  1. Langkah pertama buka website e-samsat Jawa Tengah terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya isikan nomor kendaraan bermotor Anda pada kolom yang sudah disediakan.
  3. Setelah diisi lalu klik Submit.
  4. Lalu maka secara otomatis akan muncul angka nominal pajak normal Anda. Yang perlu diingat adalah nomor tersebut bukan termasuk pajak denda ataupun profresif.

Di bawah ini terdapat beberapa website daerah yang dapat Anda kunjungi sesuai daerahnya masing-masing. Website untuk cek pajak online di bawah tidak semua daerah di seluruh Indonesia, melainkan hanya beberapa daerah saja.


Jadi dengan adanya situs e-samsat dan aplikasi Android ini, kita dapat mengecek pajak kenderaan bermotor dan berguna untuk meminimalisasi agar tidak telat membayar pajak kendaraan. Dengan begitu kita dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan tepat waktu.

Itulah tentang tutorial cara cek pajak kendaraan bermotor secara online melalui aplikasi dan Androi dan melalui website. Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika Anda mampunyai saran, masukkan, atau sebuah pertanyaan sialhkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang manusia biasa yang selalu penasaran dengan hari esok.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon