Senin, 03 September 2018

Cara Setting Modem FO ZTE F609 Menjadi Access Point

Halo pembaca setia Rafsablog, di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang Resetter Printer Epson L220, dan pada artikel kali ini saya akan mencoba menuliskan artikel tentang cara setting modem ZTE F609 menjadi access point. Banyak yang sudah memanfaatkan modem GPON ONT ZTE F609 dari telkom ini menjadi access point. Untuk merubah modem ZTE F609 menjadi access melalui Mikrotik untuk menyebar sinyal ke dalam rumah sehingga dapat menghemat dan tidak perlu menambah perangkat.

Internet di zaman sekarang ini sangat dibutuhkan semua orang, baik itu anak remaja, sampai orang dewasa menggunakan internet. Orang menggunakan internet untuk mencari yang ia butuhkan, contohnya untuk mencari tutorial, melihat video, untuk berkomunikasi sesama teman di media sosial, dan masih banyak lagi dari kegunaan internet. Kita membaca artikel tentang cara setting access point ZTE F609 ini juga menggunakan yang namanya internet.

Ok next, peralatan atau bahan yang dibutuhkan untuk setting modem ZTE F609 adalah sebagai berikut:
1. Mikrotik RB433
2. Modem GPON ONT ZTE F609

Setelah bahan yang dibutuhkan ada, sekarang lanjut ke tahap selanjutnya yaitu merubah modem zte f609 menjadi access point. Baik, berikut adalah langkah-langkahnya..

#1. Langkah pertama remote terlebih dahulu modem ZTE F609 melalui browser kesayangan Anda, lalu pada address bar ketikkan IP 192.168.1.1. Selanjutnya masukkan nama user dan password, untuk defaultnya user:admin password:admin, jika sudah diganti silahkan sesuaikan sendiri.


#2. Langkah kedua buka menu WAN, lalu silahkan Anda buat koneksi WAN baru dengan menggunakan type bridge-connection, kemudian klik submit.


#3. Langkah selanjutnya klik sub menu Port Binding, silahkan setting seperti gambar di bawah, gambar di bawah menggunakan LAN 2 modem, kemudian klik submit.

#4. Lalu yang ke empat pada Wireless RF Mode pilih Enabled, lalu klik sub menu SSID Setting dan silahkan setting SSID 1 security open. Karena pada mikrotik sudah ada login page maka sudah tidak perlu lagi untuk sett security di modem. Jika menginginkan menggunakan lebih dari satu SSID, Anda bisa membuatnya karena ZTE F609 bisa multi SSID hingga 4 SSID.



#5. Berikutnya matikan fitur DHCP pada modem agar client mendapatkan IP langsung dari mikrotik.

#6. Setelah semuanya beres, silahkan colokkan kabel ether mikrotik yang tidak terpakai (selain dari ehter hotspot mikrotik), ke port LAN 2 pada modem GPON. Lalu setting bridge antara ether ke modem LAN 2 dan pada ehter yang digunakan untuk hotspot.

Cara untuk setting bridge ether 2 seperti ini, klik menu Bridge, lalu buat interface bridge baru, silahkan berikan nama lalu klik OK.

Kemudian pada menu port, silahkan masukkan ether yang di bridge, contohnya seperti gambar di bawah ini.

Setelah semuanya beres, Anda bisa mencoba melakukan koneksi ke SSID modem. Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara setting modem ZTE F609 menjadi acces point. Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Setting Modem FO ZTE F609 Menjadi Access Point. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon