Cara Menonaktifkan Download Otomatis di Whatsapp

Cara Menonaktifkan Download Otomatis di Whatsapp

Cara menonaktifkan download otomatis di wa/Whatsapp. Whatsapp adalah salah satu aplikasi messenger yang terkenal saat ini. Banyak aplikasi messenger terkenal dan salah satunya adalah aplikasi Whatsapp. Whatsapp banyak digunakan karena mempunyai banyak fitur yang menarik dan tidak membuat hp cepat lemot. Meskipun terlihat sederhana, namun Whatsapp mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan messenger lainnya.

Whatsapp mempunyai beberapa versi seperti Whatsapp untuk versi Android dan Whatsapp untuk versi iOS. Whatsapp juga mempunyai versi web yang bisa dibuka melalui web browser di PC/Laptop. Jika Anda ingin membuka Whatsapp di PC/Laptop Anda bisa membaca artikel tentang Cara Menggunakan Whatsapp di PC.
Cara Menonaktifkan Download Otomatis di wa/Whatsapp

Banyak keunggulan dari aplikasi Whatsapp, beberapa diantaranya adalah aplikasi messenger yang ringan, mempunyai fitur keamanan 2 langkah, bisa memblokir nomor yang kita inginkan, bisa dibuka lewat PC/Laptop, dan masih banyak lagi dari fitur aplikasi messenger Whatsapp ini.

Dan kali ini Rafsa akan membahas salah satu fitur dari aplikasi Whatsapp yakni auto save media atau download otomatis media. Download otomatis ini berfungsi untuk mengunduh atau mendownload secara otomatis file yang dikirim seseorang dari chat pribadi maupun chat grup yang secara otomatis akan tersimpan di memori telepon.

Jika fitur download otomatis ini aktif maka aplikasi Whatsapp akan mendownload file secara otomatis, dan file yang di download diantaranya foto, video, dan audio. Untuk defaultnya aplikasi Whatsapp memang sudah mengaktifkan fitur dari download otomatis (Auto-save) ini.

Cara Menonaktfikan Download Otomatis di Whatsapp


Mungkin sebagian orang ada yang menyukai fitur download otomatis ini, namun tidak sedikit orang yang merasa bahwa fitur tersebut sangat menganggu karena file yang dikirim oleh seseorang akan disimpan otomatis di memori telepon. Mungkin jika hanya foto tidak terlalu masalah, tetapi jika video yang dikirim bisa sangat cepat memakan memori internal.

#Cara Menonaktifkan Download Otomatis di Whatsapp (Android)

1. Langkah yang pertama adalah buka aplikasi Whatsapp terlebih dahulu.

2. Kemudian buka Open Menu (ikon titik 3 vertikal) > Setelan > Penggunaan data dan penyimpanan.
Cara Menonaktifkan Download Otomatis di wa/Whatsapp

3. Setelah klik Penggunaan data dan penyimpanan, kemudian terdapat pilihan Unduh otomatis media. Selanjutnya klik Saat menggunakan data seluler lalu hapus centang yang ada, kalau sudah lalu klik OKE.
Cara Menonaktifkan Download Otomatis di wa/Whatsapp

4. Selanjutnya klik Saat tersambung ke Wi-Fi, sama seperti tadi hapus/hilangkan semua centang yang ada, kalau sudah lalu klik OKE.

Jadi kesimpulan dari cara di atas adalah aplikasi Whatsapp sudah tidak bisa mendownload secara otomatis saat menggunakan data seluler maupun saat menggunakan Wi-Fi. Namun jika Anda ingin mengaktifkan fitur download otomatis kembali, Anda tinggal centang kembali media yang ingin Anda download otomatis seperti foto, video, audio, ataupun Dokumen.

#Cara Menonaktifkan Download Otomatis di Whatsapp (iPhone)
  1. Langkah yang pertama yaitu buka aplikasi Whatsapp kemudian klik Settings, dari menu bawah lalu tekan Chats.
  2. Setelah menekan Chats selanjutnya gulir atau geser button Save Incoming Media yang masih aktif menjadi nonaktif/off.

Cara Menonaktifkan Download Otomatis di wa/Whatsapp

Sekarang media yang dikirim oleh seseorang tidak akan lagi disimpan secara otomatis di telepon. Namun jika Anda ingin melihat foto, video atau media lainnya yang dikirim oleh sesorang, Anda bisa mengaksesnya dengan cara masuk pada kontak orang yang telah mengirim foto atau video tersebut, dan masuk ke menu View Media.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara menonaktifkan download otomatis di wa/Whatsapp. Jika Anda mempunyai saran atau masukan, Anda bisa mengirimnya melalui kolom komentar yang sudah disediakan, saran dan masukan Anda sangat diperlukan untuk kemajuan blog ini.
Semoga Bermanfaat :)

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-