Selasa, 06 Februari 2018

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone yang Rusak

Tags

Cara memperbaiki layar sentuh (touchscreen) pada hp android yang rusak - Smartphone kini menjadi benda yang wajib dimiliki hampir semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Mungkin Anda yang membaca artikel ini karena ingin tahu bagaimana cara memperbaiki layar sentuh hp yang rusak, error, macet, tidak bisa disentuh sebagian atau tidak berfungsi.

Untuk Anda yang sedang mengeluh karena layar smartphone android (Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Xiaomi, Lenovo, Blackberry, Nokia, ataupun tablet Anda yang sedang mengalami masalah pada touchscreen atau layar sentuh bisa membaca artikel ini sampai selesai.
Cara Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone yang Rusak

Di zaman yang serba modern ini masyarakat dimudahkan dengan teknologi yang biasanya disebut smartphone, hampir semua smartphone sekarang menggunakan layar sentuh untuk mengoperasikannya, hal ini bisa dikatakan lebih efisien dan praktis karena kita hanya perlu menekan tombol yang berada di layar maka aplikasi akan berjalan. Namun bagaimana jika layar sentuh atau touchscreen pada smartphone mengalami gangguan atau kerusakan yang mengakibatkan layar sentuh tidak berfungsi?

Sebelum kita memperbaiki atau mengatasi layar sentuh yang error, bergaris-garis, dan lain-lain. Kita perlu mengetahui sebab akibat layar smartphone android, blackberry, iphone, windows phone mengalami kerusakan tersebut.

Pada umumnya kerusakan pada layar smartphone terjadi karena layar LCD terkena tekanan yang cukup keras. Contohnya seperti smartphone habis terinjak, tertindih saat smartphone berada di dalam saku/tas, jatuh dan mengalami benturan yang cukup keras, atau bisa juga karena terlalu bersemangat bermain game yang menekan touchscreen terlalu keras dan mengakibatkan layar sentuh error.

Beberapa contoh di atas tentunya bisa mengakibatkan layar sentuh pada smartphone menjadi tidak normal. Tenang, Anda bisa memperbaiki sendiri touchscreen yang rusak/error tanpa perlu service di konter, karena disini Rafsablog membagikan tutorial tentang cara memperbaiki sendiri layar sentuh yang rusak/error.

Sebelum memulai memperbaiki layar sentuh smartphone yang rusak, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jika pada layar atau LCD hp mempunyai dua lapisan. Yang pertama adalah lapisan luar yang berfungsi sebagai pelindung, dan yang kedua adalah lapisan dalam yang merupakan layar utama yang terhubung dengan flexible dan power. Setelah mengetahui hal tersebut, Anda bisa mengetahui apakah layar smartphone Anda bisa diperbaiki atau terpaksa harus mengganti dengan layar sentuh yang baru.
Cara Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone yang Rusak

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone yang Rusak Sebagian


Langkah 1: Karena disini layar sentuh mengalami rusak sebagian, maka langkah petama yaitu dengan melakukan diagnosis dan pengecekan.

Langkah 2: Langkah selanjutnya dengan membuka menu Kalibrasi layar pada hp android atua blackberry Anda. Lalu ikuti semua perintah yang telah disebutkan atau dituntun oleh sistem. Anda akan diminta untuk klik / tap di sembarang layar.

Langkah 3: Lalu klik titik yang tepat di tengah kalibrasi layar dan melanjutkan klik di tempat yang sudah diperintahkan.

Dengan kalibrasi layar seperti langkah di atas biasanya bisa memperbaiki kerusakan ringan pada layar sentuh smartphone dan layar bisa kembali normal. Namun jika cara di atas masih belum bisa, Anda bisa menggunakan factory reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Tapi sebelumnya Anda harus melakukan backup data terlebih dahulu karena setelah mengembalikan ke pengaturan pabrik maka data yang berada di memori internal akan hilang.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Rusak/Retak Pecah dan Garis-garis


Langkah 1: Jika layar smartphone Anda keluar garis-garis, pecah, atau retak yang mengakibatkan layar tidak berfungsi secara optimal, Anda bisa mencoba melakukan flashing atau reset ulang pada smartphone Anda.

Langkah 2: Jia Anda telah mereset ulang Firmware smartphone Anda dan layar pada smartphone masih mengalami gangguan/error maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti layar LCD yang sesuai dengan type smartphone Anda.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang Cara Memperbaiki Layar Sentuh Hp Android yang Rusak. Jika Anda takut atau ragu untuk melakukan sendiri cara-cara mengatasi layar sentuh hp rusak di atas, Anda bisa membawanya di Konter hp atau ke service center terdekat agar bisa diperbaiki oleh ahlinya. Namun sebelum Anda membawanya ke konter, Anda bisa mencoba browsing atau mencari di internet tentang harga layar LCD sesuai hp Anda yang nantinya Anda bisa mengetahui estimasi biaya untuk mengganti layar LCD di konter.

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone yang Rusak. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon