Rabu, 27 Desember 2017

Cara Mengatasi Icon Segitiga Berwarna Kuning pada HTTPS

Tags

Cara mengatasi icon segitiga berwarna kuning pada web/blog yang menggunakan HTTPS. Tutorial ini masih berkaitan dengan tutorial di artikel sebelumnya yang membahas tentang cara memasang dan mengaktifkan SSL/HTTPS pada blogspot.

Saat kita mengaktifkan SSL/HTTP pada blog, tidak semua URL pada blog akan berwarna hijau pada icon lock atau gembok yang mengidentitaskan bahwa web/blog tersebut menggunakan SSL. Jika link gambar atau link lainnya yang berada pada template tidak menggunakan https, maka di beberapa artikel terdapat icon gembok segitiga berwarna kuning atau kalau di google chrome dengan tanda seru yang menandai bahwa halaman tersebut kurang aman.
Cara Mengatasi Icon Segitiga Berwarna Kuning pada HTTPS

Cara memperbaiki icon gembok berwarna kuning tersebut bisa dengan cara merubah atau mengganti link pada artikel yang menggunakan http menjadi https, caranya dengan menggunakan metode Inspect Element pada halaman blog, kemudian cari lnk yang tidak aman yang masih menggunakan http dan merubah http menjadi https pada postingan blog, tetapi cara tersebut kurang efisien.

Oh iya, artikel ini khusus bagi yang sudah mengaktifkan SSL atau HTTPS di blognya, bagi pengguna blogspot mungkin dulu belum bisa menggunakan HTTPS di blognya, namun untuk sekarang bagi yang menggunakan blogspot sudah bisa menggunakan SSL, baca artikelnya tentang Cara Mengaktifkan SSL/HTTPS Blogspot pada Domain TLD.

Karena jika pada blog mempunyai artikel yang banyak maka kita harus mengganti satu persatu. Disini rafsablog mempunyai cara memperbaiki (fix) icon gembok berwarna kuning pada padlock, yaitu dengan cara merubah link http menjadi https pada template blog. Langsung saja langkah-langkahnya seperti berikut.

Cara Mengatasi Icon Segitiga Berwarna Kuning pada Blog yang Menggunakan HTTPS


Langkah 1: Langkah pertama Anda harus login terlebih dahulu di blogger.com.

Langkah 2: Klik menu Tema/Template, lalu klik Edit HTML. Kemudian copy semua script template (CTRL+A dan CTRL+C), lalu paste script template tersebut pada text editor. Saya menggunakan Sublime Text, atau Anda bisa juga menggunakan Notepad text editor bawaan dari windows.

Langkah 3: Setelah semua script template Anda paste pada text editor, selanjutnya Anda tekan CTRL+H, kemudian pada bagian Find ketik "http" dan bagian Replace ketik "https", lalu klik Replace All. Pada langkah 3 ini bertujuan untuk merubah link http menjadi https.
Cara Mengatasi Icon Segitiga Berwarna Kuning pada HTTPS

Langkah 4: Masih pada jendela replace, lalu pada bagian Find Anda ganti menjadi "httpss", dan bagian Replace tetap masih "https", kemudian klik Replace All. Langkah 4 ini bertujuan untuk merubah link httpss menjadi https, karena pada langkah 3 tadi saat kita merubah menjadi https, link yang sebelumnya sudah https maka akan menjadi httpss, bertumpukan.
Cara Mengatasi Icon Segitiga Berwarna Kuning pada HTTPS

Langkah 5: Setelah selesai mereplace semua link http menjadi https, langkah selanjutnya adalah mengcopy script template tersebut dan pastekan ke template blog. Jadi masuk kembali pada blogger.com, kemudian klik menu Tema/Template, lalu klik Edit HTML, dan pastekan script yang tadi sudah di replace all di blog. Kalau sudah langkah terakhir adalah klik Simpan Tema.

Sekarang bisa Anda coba membuka blog Anda di browser apakah di halaman tertentu masih terdapat icon segitiga warna kuning. Jika sudah tidak ada berarti sudah bisa dikatakan berhasil.

Oke mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mengatasi icon segitiga berwarna kuning pada https. Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mengatasi Icon Segitiga Berwarna Kuning pada HTTPS. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

4 komentar

Wah cara ini belum saya lakukan mas karna takut ada yang error jika di ubah ke https semua... ada beberapa Link yang belum bisa di buka di https jadi alamat blog aja yang saya rubah. http://www.mastimon.com/ menjadi https://www.mastimon.com/. Untuk CPC gimana mas meningkat kah setelah pakai HTTPS ?

sebelum melakukan perubahan pada template sebaiknya di backup dulu mas, kalo misal tidak sesuai keinginan bisa di restore.

wahh kalo soal CPC di akhir tahun sama awal tahun turun drastis mas, saya juga lihat banyak postingan di grup yang mengeluh soal CPC turun drastis.

maaf baru balas komen mas, saya vakum ngeblog dulu ngurus kuliah yang banyak tugas dan bentar lagi ini juga UAS =D

Baru ubah ke https, baca ini jadi tambah ngerti. Makasih postingannya gan :)

oke gan, makasih juga sudah mampir dan ningglain jejak di blog saya :D

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon