Cara Mengaktifkan SSL/HTTPS Blogspot pada Domain TLD

Cara memasang dan mengaktifkan SSL/HTTPS blogspot pada domain TLD (Top Level Domain) tanpa cloudflare. Sebelumnya, apa itu SSL? SSL yaitu kepanjangan dari Secure Socket Layer dimana setiap akses atau transaksi pada suatu website menjadi lebih aman dengan enkripsi data yang canggih.

Website yang menggunakan SSL sangat mudah dikenali, biasanya website atau situs yang menggunakan SSL terdapat imbuhan 's' yang artinya secure pada http menjadi https (HyperText Transport Protocol Secure). Ada kelebihan tersendiri ketika menggunakan SSL pada web/blog, yaitu meningkatkan kepercayaan terhadap visitor, meningkatkan SEO, dan lain-lain.
Cara Mengaktifkan SSL/HTTPS Blogspot pada Domain TLD

Menurut informasi yang saya baca di blog google, SSL pada suatu web/blog bisa meningkatkan SEO. Karena google sangat mengutamakan keamanan dan blog yang menggunakan SSL reputasinya akan naik di mata google. Maka tidak ada salahnya jika Anda memasang dan mengaktikan SSL pada blog Anda. Kabar baiknya adalah sekarang platform blogspot juga bisa menggunakan SSL pada domain TLD (Top Level Domain).

Dan yang lebih menggembirakannya lagi adalah, blogger menyediakan fitur SSL ini secara gratis tidak dipungut biaya sepeserpun. Sebenarnya blogger sudah menyediakan fitur SSL sejak dulu, sangat disayangkan fitur SSL tersebut hanya bisa dinikmati oleh pengguna blogspot yang belum menggunakan domain TLD. Tapi Anda yang sudah menggunakan domain TLD jangan berkecil hati, karena sekarang Anda juga bisa memasang SSL/HTTPS pada blog kesayangan Anda.

Cara mengaktifkan SSL/HTTPS di blogspot ini tidak menggunakan pihak ketiga yang lebih dulu terkenal yaitu Cloudflare, tapi disini murni dari Blogger. Kelebihannya dibandingkan dengan Cloudflare adalah, lebih simple dan lebih powerfull. Cara installasinya pun lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan Cloudflare yang sedikit ribet.

Cara Memasang dan Mengaktifkan SSL/HTTPS Blogspot pada Domain TLD Tanpa Cloudflare


Sebetulnya mengaktifkan SSL di blogger untuk domain TLD ini belum resmi rilis di blog google, tetapi berawal dari salah satu member yang memposting di grup Blogger Indonesia di Facebook, tidak lama kemudian postingan tersebut langsung ramai dan banyak yang mencoba menggunakan SSL untuk blog pribadinya, termasuk saya sendiri yang mencoba menggunakan SSL di blog Rafsablog.id ini. Oke langsung saja, berikut adalah langkah-langkah cara memasang SSL di blogspot untuk domain TLD.

Langkah 1: Langkah pertama Anda harus login terlebih dahulu di blogger.com.

Langkah 2: Setelah berhasil login, lalu Anda buka link draft.blogger.com.

Langkah 3: Anda akan di bawa ke dashboard blogger, namun dengan url draft.blogger.com. Lalu klik menu Setelan, kemudian pilih submenu Dasar.

Langkah 4: Masih pada submenu Dasar, scroll ke bawah hingga bagian "HTTPS". Pada bagian HTTPS terdapat "Ketersediaan HTTPS" dan "Pengalihan HTTPS". Nah pada "Ketersediaan HTTPS" ganti menjadi Ya dan tunggu beberapa detik, kurang lebih 1 menit.
Cara Mengaktifkan SSL/HTTPS Blogspot pada Domain TLD

Langkah 5: Kemudian reload page/halaman browser, sampai pilihan pada "Pengalihan HTTPS" menjadi aktif, setelah aktif lalu ganti menjadi Ya.
Cara Mengaktifkan SSL/HTTPS Blogspot pada Domain TLD

Cara Mengaktifkan SSL/HTTPS Blogspot pada Domain TLD

Setelah Anda mengaktifkan SSL/HTTPS pada blog, biasanya blog Anda belum sepenuhnya tercover SSL yang ditandai dengan tanda seru (tanda pentung) atau icon segitiga warna kuning. Ini di sebabkan karena banyak link pada template yang belum Anda rubah menjadi HTTPS. Agar Blog Anda sepenuhnya aman dan berwarna hijau pada padlock, Anda harus mengubah link http menjadi https, Anda bisa membaca artikel tentang Cara Mengatasi Icon Segitiga Berwarna Kuning pada HTTPS.

Sampai disini SSL/HTTPS di blog Anda sudah aktif, Anda bisa mengeceknya dengan cara membuka URL blog Anda, nanti secara otomatis akan redirect dari HTTP ke HTTPS. Setelah SSL/HTTP sudah aktif, sekarang Anda harus mensubmit ulang URL blog Anda di google webmaster dari http menjadi https. Dan jangan lupa untuk fetch as artikel blog Anda agar kembali dirayapi oleh mesin pencari google. Agar artikel Anda lekas terindex kembali di mesin pencari google, Anda bisa membaca artikel tentang Cara Cepat Agar Artikel/Postingan Terindex Google.

Selain itu, Anda juga harus mensubmit sitemap dan merubah http menjadi https pada robot.txt blog Anda yang bertujuan agar robot google kembali merayapi blog Anda. Biasanya setelah mengaktifkan SSL ini jumlah trafik blog akan menurun, tetapi secara perlahan jumlah trafik yang menurun tersebut akan naik dan normal seperti semula asalahkan Anda kembali submit URL blog Anda di webmaster, submit sitemap, merubah http menjadi https pada robot.txt dan kembali Fetch as artikel blog.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mengaktifkan SSL/HTTP blogspot pada domain TLD.
Semoga Bermanfaat :)

6 Responses to "Cara Mengaktifkan SSL/HTTPS Blogspot pada Domain TLD"

  1. punya saya kok lama ya gan...biasanya berapa waktu yng dbutuhkan agar pengalihan https aktif..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu beberapa menit, tergantung proses dari google. kalau saya dulu kurang lebih 5-10 menit menunggu.

      Hapus
  2. super sekali kak infonya...
    sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  3. belum juga nih sampai sekarang. masak 1X24 gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya lumayan cepet gan, soalnya pas saya nyoba cuma butuh waktu beberapa menit

      Hapus

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Rekomendasi Artikel