Kamis, 22 Juni 2017

Cara Custom Domain Blogspot di Exabytes

Tags

Custom Domain Blogspot di Exabytes
Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang Cara Custom Domain Blogspot di Exabytes. Sebenernya tutorial ini sudah lama sekali ingin saya tulis di blog, tetapi karena keseibukan penulis akhirnya baru sekarang tutorial ini ditulis.

Tag
Cara Custom Domain Blogspot di Exabytes
Cara Setting Domain di Exabytes
Cara Setting Domain Blog di Exabytes

Ada yang bertanya di forum tentang cara custom domain atau setting domain di exabytes dan setelah saya telusuri lebih lanjut ternyata masih banyak yang kebingungan Cara Custom Domain Blogspot di Exabytes.

Dulu awal saya beli domain di exabytes juga kebingungan cara settingnya, lalu saya coba-coba dan akhirnya menemukan letak kesalahannya yang mungkin membuat banyak orang bingung.

Sebenernya tanpa nameserver dari Cloudflare-pun bisa, tapi banyak orang yang menyarankan memakai nameserver dari Cloudflare. Mungkin karena mengira kalau kita tidak diberikan akses untuk memanage DNS, padahal bisa.

Oke langsung saja.

Cara Custom Domain Blogspot di Exabytes
1. Pertama login dulu di exabytes.co.id
2. Setelah login kita masuk ke menu Domains dan pilih Manage DNS
Custom Domain Blogspot di Exabytes

3. Lalu kita memasuki DNS Zone, lalu klik Add New Zone
Custom Domain Blogspot di Exabytes

4. Bagian Zone Name, kita isi nama domain kita. Contoh: rafsablog.id. Lalu bagian IP biarkan Default IP. Lalu klik Add Zone

5. Setelah Zone Name dibuat, sekarang kita bisa edit record-nya. Klik Edit Zone yang berada di bagian kanan, tepatnya di bawah button Add New Zone.
Custom Domain Blogspot di Exabytes

6. Langsung saja kita klik Add Record untuk memasukkan IP google. Bagian Name di isi dengan angka 1, lalu Type di isi dengan A, TTL biarkan default, RDATA kita masukkan IP yang disediakan oleh google. buat sampai 4 kali dan masukkan ip google yang berbeda, kalau sudah di isi lalu klik Add Record, dan kira-kira seperti ini.
Custom Domain Blogspot di Exabytes

Name: 1
Type: A
TTL: (biarkan default atau jangan dirubah)
RDATA: 216.239.32.21

Name: 2
Type: A
TTL: (biarkan default atau jangan dirubah)
RDATA: 216.239.34.21

Name: 3
Type: A
TTL: (biarkan default atau jangan dirubah)
RDATA: 216.239.36.21

Name: 4
Type: A
TTL: (biarkan default atau jangan dirubah)
RDATA: 216.239.38.21
7. Lalu ketika ke empat ip google sudah kita masukkan, nanti hasilnya angka tersebut akan berada di depan nama domain, (contoh: 1.rafsablog.id) dan kita hapus angka yang kita buat yang berada di depan nama domain kita hingga tidak ada angka lagi, seperti ini.
Setting Domain Blogspot di Exabytes


8. Itu tadi baru NS google saja, sekarang kita lanjut memasukkan CNAMEnya. Masuk ke blog kita lalu masuk di bagian Setelan->Dasar. Lalu pilih + siapkan URL pihak ke-3. Lalu masukkan nama domain sobat nanti akan terjadi error. Jangan panik, kita akan mengambil CNAMEnya.
Setting Domain Blogspot di Exabytes

9. Masuk kembali ke settingan exabytes, pilih Add Record seperti kita setting IP tadi. Lalu masukkan CNAMEnya. kira-kira seperti gambar di bawah dan sobat bisa menyesuaikan dan jangan lupa klik Add Record (warna ijo) untuk menyimpan.
Setting Domain Blogspot di Exabytes

Name: kbfonlsrqo6y
Type: CNAME
TTL: (biarkan default atau jangan dirubah)
RDATA: gv-objqx6mkbe6z4w.dv.googlehosted.com

10. Kita belum selesai, sekarang cari yang berawalan WWW (contoh: www.rafsablog.id) di bagian RDATA masih sama nama domain (rafsablog.id) kita edit dan ganti menjadi ghs.google.com

11. Klik Save Changers

12. Kembali ke setting domain blogger, lalu klik Simpan



13. Ini langkah terakhir, scroll ke bawah. di bagian RDATA yang berisikan (ns1.idcloudhosting.com, ns2.idcloudhosting.com) kita copy dan paste di settingan Nameservers. klik menu Domains->Domain Saya, lalu pada domain sobat klik logo obeng kecil yang berada di bagian kanan, lalu klik Nameservers yang berada di sebelah kiri. Ada dua opstion, pilih Gunakan custom nameservers (silakan masukan berikut) Lalu masukkan RDATA yang tadi kita copy.
Logo obeng kecil

Nameserver 1: ns1.idcloudhosting.com
Nameserver 2: ns2.idcloudhosting.com

14. Klik Ubah Nameservers

15. Selesai

Catatan: Selain itu jika tidak ada kepentingan lain jangan rubah settingan yang lain.

Mungkin itu saja tentang Cara Custom Domain Blogspot di Exabytes.
Jika ada yang kurang paham bisa tanyakan di komentar.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Custom Domain Blogspot di Exabytes. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

2 komentar

Wah jadi pengen nyoba nih makasih ya infonya

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon